27.9 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

kelompok perlindungan anak nagari(KPAN) di Limapuluh kota di Deklarasikan
k

Limapuluh kota,BeritaSumbar.com,-kelompok perlindungan anak nagari(KPAN) di Limapuluh kota di Deklarasikan pada 7 nagari dampingan Cocoa Life daerah ini. Tujuan dari KPAN ini untuk mencegah kekerasan terhadap anak, serta mendukung anak-anak rentan dalam mengakses perlindungan sosial.

Pendeklarasian ini, dilakukan bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi di Ballroom Hotel Sago Bungsu 1, Tanjung Pati, kemarin. Ikut hadir, Project Coordinatoor yayasan Sayangi Tunas Cilik, Mardianceh Hutauruk, kepala-kepala OPD, walinagari, tokoh masyarakat beserta Kelompok KPAN dan undangan lainnya.

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya berharap, dengan adanya kelompok KPAN ini nantinya mampu merangkul seluruh elemen masyarakat dalam mensosialisasikan peningkatan kepedulian terhadap anak.

“Kasus permasalahan kekerasan terhadap anak ini akan terus ada, selama pola pikir masyarakat belum berubah. Untuk itu, kita harus gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait peningkatan kepedulian terhadap anak-anak,”ujarnya.

Menurutnya, hal ini juga merupakan upaya dari pemkab Limapuluh Kota dalam mengartikan apa yang dimaksud dengan Kota Layak Anak (KLA) kepada masyarakat.

“Anak mempunyai hak untuk dilindungi. Maka, untuk pencegahan kekerasan terhadap anak sudah tentu peran keluarga lah yang terdepan. Disinilah, fungsi KPAN nantinya melakukan penyuluhan dan merangkul masyarakat kedepan. Sebab, tak jarang kekerasan pada anak malah terjadi di lingkungan keluarganya sendiri,”tambahnya.

Dengan dilakukannya penyuluhan, diharapkan masyarakat mengerti dengan berbagai hal terkait perlindungan anak termasuk dari aspek hukum.“Dibutuhkan kerja sama dan sinergi kita semua untuk bergerak bersama dalam melindungi hak anak,”pungkasnya.

Sementara itu, Project Coordinatoor yayasan Sayangi Tunas Cilik, Mardianceh Hutauruk mengatakan, pembentukan kelompok perlindungan anak nagari pada 7 nagari ini adalah salah satu kegiatan dalam pilar youth Cocoa Life untuk membangun sytem lokal dalam mencegah dan menangani isu-isu kekerasan pada anak dan pekerja anak.

“Selanjutnya, mendukung anak rentan mendapatkan akses kelayanan perlindungan anak dan perlindungan sosial yang ada di tingkat nagari dan kabupaten. Hingga Oktober 2017, telah terbentuk KPAN di 7 nagari dampingan di kabupaten Limapuluh Kota,”ujarnya.

Tujuh nagari dampingan Cocoa Life itu, terdiri dari, Kenagarian Andaleh, Ampalu, Batu Balang, Labuah Gunuang, Mungo, Sariak Laweh dan Kenagarian Sungai Kumuyang. “Masing-masing nagari beranggotakan 30 orang, yang terdiri dari berbagai kalangan. Mudah-mudahan kelompok ini nantinya dapat meminimalisir kekerasan terhadap anak di kabupaten Limapuluh Kota,”pungkasnya.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...
- Advertisement -

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Anggota Satgas TMMD Ucapkan Kata Pamit Kepada Masyarakat Nagari Talang Maur

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Rangkaian kegiatan TMMD/N ke 111 telah sampai pada hari akhir penugasan. Anggota Satgas yang bertugas telah banyak melakukan kunjungan perpisahan dengan warga sekitar untuk mengucapkan terima kasih atas solidaritas yang ditunjukkan oleh masyarakat Nagari Talang Maur selama melakukan kegiatan TMMD/N ke 111.

Wali Nagari Talang Maur Beri Jamuan Khusus Pada Anggota Satgas TMMD Pada Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Wali Nagari Talang Maur Bapak Efendi gelar jamuan khusus sebagai tanda terima kasih untuk Anggota Satgas TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Jamuan ini juga sebagai ucapan perpisahan dari Wali Nagari Talang Maur kepada anggota Satgas yang telah melakukan bakti di Nagari Talang Maur.

Sinergi Anggota Satgas TMMD Bersama Mahasiswa KKN Bekerjasama Membangun Nagari

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Program terpadu TMMD/N ke 111 tahun 2021 bertepatan dengan diadakan nya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Maek yang berasal dari kampus yang berbeda. Walaupun kegiatan KKN baru dimulai pada masa akhir TMMD, kerjasama pun tetap dilakukan.

Komsos Terakhir Dengan Pengrajin Makanan Tradisional Lemang di Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Pemberdayaan potensi Nagari dalam rangka menunjang perkembangan Nagari menjadi fokus utama dalam kegiatan TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Mulai dari potensi alam, wisata, ekonomi, dan berbagai peluang lain menjadi perhatian bagi anggota Satgas untuk bisa mengangkat Nagari dengan potensi yang bisa dikembangkan. Selain potensi alam yang menunjang pertanian, masih banyak potensi lainnya yang menunjang perekonomian Nagari Talanag Maur.

Ucapkan Terimakasih Pada TNI, TMMD ke 111 Kodim 0306/50 Kota Resmi Ditutup

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo sangat bersyukur dan tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas terbukanya jalan yang menghubungkan Nagari Talang Maur Kecamatan Mungka dan Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan.

Selama TMMD di Teritorial 0306/50 Kota, Satgas dan Pemkab Tak Henti Cegah Penyebaran Covid-19 dan Ajak Warga Tetap Terapkan Prokes

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Usai sudah pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan oleh Kodim 0306/50 Kota. Berbagai suka duka, dialami tim yang tergabung bersama Satuan Tugas TMMD yang berlangsung dari 15 Juni hingga 14 Juli itu.
- Advertisement -