28 C
Padang
Minggu, Maret 7, 2021
Beritasumbar.com

Kecanduan Hisap Lem, Seorang Anak Dihantarkan Satpol PP Kota Payakumbuh Ke IPWL Gempa
K

Payakumbuh,beritaSumbar.com,– Di Balai Panjang, ada anak umur belasan tahun sering mengamuk ke pihak keluarga dalam waktu tertentu. Akhirnya pihak keluarga melaporkan hal ini ke kelurahan.

Polling Kandidat Calon Gubernur Sumatera Barat Untuk Pilkada 2020

Diketahui anak tersebut ternyata mengamuk akibat pengaruh dari menghirup lem selama jangka waktu yang panjang dan ironisnya anak tersebut kadang-kadang mengamuk dengan memakai senjata tajam, bahkan sempat memecahkan kaca jendela rumahnya sendiri.

Berdasarkan laporan kelurahan dan RT setempat, setelah ditindak lanjuti, orang tua dari anak ini sudah angkat tangan membina anak tersebut. Akhirnya unsur Kelurahan menyerahkan ke pihak berwenang, dan melaporkan ke Satpol PP Kota Payakumbuh.

Satpol PP menindak lanjuti laporan lurah dan datang ke Kelurahan Balai Panjang pada Selasa (11/6).

Pihak kelurahan meminta agar Satpol PP mencarikan jalan keluar dari masalah yang menimpa warganya ini. Karena anak tersebut menolak untuk ditenangkan oleh keluarga dan unsur kelurahan.

“Akhirnya kami dari Satpol PP diminta untuk membawa anak tersebut untuk dilakukan pembinaan, Satpol PP meneruskan ke Institut Penerima Wajib Lapor (IPWL) GEMPA yang berada di Labuah Basilang, dan alhamdulillah sampai saat ini anak tersebut sedang dalam proses rehabilitasi berdasarkan persetujuan pihak keluarga,” ujar Kasatpol PP Devitra melalui Kabid Penegakan Perda, Syafrizal, diruang kerjanya, Rabu (12/6).

“Kita membujuk anak tersebut, lalu kita bawalah ke IPWL, kita juga berkoordinasi dengan BNN Kota Payakumbuh, BBN menyarankan agar anak tersebut harus dibawa ke IPWL untuk dilakukan rehabilitasi,” terangnya.

Dikatakan Syafrizal, “Kita tidak hanya menertibkan, tapi juga mencarikan solusi bagi orang tua atau unsur kelurahan yang ingin agar anaknya bisa dibawa untuk di bina dan di rehabilitasi kepada tempat yang memang mengurus masalah yang dihadapinya,” ujarnya.

Syafrizal mengajak masyarakat khususnya orang tua harus mengetahui kondisi anak, dan tidak malu dan menutup-nutupi apabila pihak keluarganya ada yang kedapatan kecanduan menghirup lem.

“Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Satpol PP mencarikan solusi terhadap permasalahan yang dialami oleh generasi remaja, apalagi kalau kenakalan remaja sudah membahayakan nyawa orang lain. Kita tidak ingin generasi yang akan datang hancur kalau tidak disikapi cepat,” tambahnya.

“Kalau ada anak-anak yang ingin di rehab, Satpol PP siap untuk menjembatani prosesnya ke IPWL untuk di rehabilitasi. Kedepannya kita akan berkoordinasi dengan seluruh jajaran kelurahan di Kota Payakumbuh untuk menghidupkan palanta Kamtibmas, seperti Linmas dan menggelar ronda agar hal tersebut tidak terulang di kelurahan lain, ini tanggung jawab bersama, kita sudah melihat akibat dari kurangnya kepedulian masyarakat,” pungkasnya. (rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Mr.Ho bersama Indonesia Records Garap Lagu ‘Laki Laki Laku’ Sebagai Bentuk Kritik Sosial

Jakarta (BeritaSumbar.com) - Eksistensi Mr.Ho tengah jadi perhatian penikmat musik di Tanah Air. Lagu-lagu rock ballads karya penyanyi asal Purworejo, Jawa Tengah tersebut kerap...
- Advertisement -

Warga Transmigrasi Padang Tarok SP 1 Dapat Pelatihan Keterampilan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Untuk peningkatan nilai ekonomis produksi lahan perkebunan warga transmigrasi Padang Tarok SP 1 Kecamatan Kamang Baru kabupaten Sijunjung, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sumbar melakukan pelatihan keterampilan bagi warga transmigrasi. Adapun pelatihan yang diselelenggarakan Dinas Trans Sumbar ini kegiatan pelatihan pengolahan hasil pertanian.

Akhir Pekan Ala Erwin Yunaz, Seaspal Bareng Komunitas RX King Kebersamaan Kota Biru

Siapa sangka kalau akhir pekannya diisi oleh seorang Erwin Yunaz dengan melakukan touring perdananya menikmati keindahan alam Provinsi Sumatera Barat bersama Komunitas RX King Kebersamaan Kota Biru, yaitu klub otomotif sepeda motor yang sudah terdaftar di Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Kapolda Sumbar Gelar Safari Kambtibmas Ke Polres Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol.Drs.Toni Harmanto, M.H melakukan kunjungan safari Kamtibmas ke Polres Pesisir Selatan, Kamis (4/3) pukul 08.00 Wib. Yang berlangsung di Aula Bhayangkara Endra Dharmalaksana Polres Pesisir Selatan diikuti pejabat tinggi Polda Sumbar.

Bukittinggi Tuan Rumah BBGRM ke-XVIII, Wako Erman Safar: Ucapkan Terima Kasih

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ditunjuknya kota Bukittinggi sebagai tuan rumah dalam kegiatan pencanangan Bulan Bakti Dasa Wisma dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM)...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Percepatan Penuntasan Pembangunan Monumen PDRI, Pemkab Limapuluh Kota Rakor Dengan Kemenkopolhukam

Jakarta, beritasumbar.com - Untuk menuntaskan pembangunan Monumen Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Koto Tinggi, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator...

Lantik Ny.Lira Rizki Kurniawan Nakasri Sebagai Ketua Dekranasda Limapuluh Kota, Ini Pesan Dekranasda Sumbar

Padang, beritasumbar.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harnely Mahyeldi melantik 11 orang Ketua Dekranasda kabupaten dan kota daerah itu...

Kejuaraan Voly Ball Se-Kabupaten Sijunjung, Tim Three Boy Lahir Sebagai Pemenang

Sijunjung, beritasumbar.com - Tim Volly Three Boy Pos X Jorong Bukit Gombak Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto Vll menjuarai kejuaraan antar Tim Voly Ball Se-Kabupaten...

Target Vaksinasi Melebihi Penduduk, Dinkes Padang Panjang Pertanyakan Data Pemprov Sumbar

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pelaksanaan vaksinasi tahap II yang menyasar petugas publik, Pemrov Sumbar  memberikan target kepada Pemko Padang Panjang  dengan sasaran sebanyak 59.516...

90 vial Vaksin Tahap II Tiba di Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dengan pengawalan ketatat anggota Satuan Brimobda Sumbar Yon B Pelopor Padang Panjang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh kembali menerima 90 vial vaksin Covid-19 untuk tahap II dan langsung disimpan di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Kelurahan Ibuh, Selasa (02/03) siang.

Ujian Akhir Sekolah SD dan SMP Di Payakumbuh Bakal Dilaksanakan 29 Maret Sampai 1 April 2021

Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, di Payakumbuh hanya melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) saja.

HUT Damkar Di Kota Payakumbuh, Diwarnai Aksi Bagi-bagi Masker

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh menggelar aksi berbagi masker dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar dan Penyelamatan Indonesia Ke-102 yang jatuh pada Senin (01/03) dan digelar di Tugu Adipura dengan mengusung tema Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri dan Melayani dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru.

Rayakan Hari Jadi Ke-102, Damkar Kota Payakumbuh Hadirkan Pakaian Aluminized

Dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh hari ini memperingati hari jadi mereka yang ke-102. Bertempat di posko Pemadam Kebakaran kota Payakumbuh Jalan Luhak 50 Nomor 1 kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat, dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh meriahkan hari jadi yang ke-102 di tahun 2021 dengan membagikan masker kepada warga yang melintas di seputaran tugu Adipura pusat kota Payakumbuh, Senin (1/3/2021).

Ultah Perdana DPC PPWI Tanah Datar Diperingati Sederhana

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peringatan ulang tahun ke-1 Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Kabupaten Tanah Datar,diperingati dengan semangat kesederhanaan di Dzee Caffe...

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...
- Advertisement -