29.8 C
Padang
Jumat, Maret 29, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kapolres Tanah Datar Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat 2022
K

Kategori -
- Advertisement -

Tanah Datar, beritasumbar.com -Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2022 dilaksanakan di Lapangan Istano Basa Pagaruyung, Jumat, (22/4). Sebagai inspektur upacara Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto. S.I.K.,M.Si dan dihadiri oleh Bupati Tanah Datar diwakili Asisten I Elizar, SE, Dandim 0307 TD Letkol Inf. Wisyudha Utama, Kajari Tanah Datar Hardijono Sidayat, SH, Ketua Pengadilan Agama Batusangkar Nurmaisal, S.Ag. MH, Ketua Pengadilan Negri Batusangkar Agus Windana, SH.

Pada kesempatan tersebut Membacakan Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Inspektur Upacara Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto. S.I.K.,M.Si menyampaikan, Apel Gelar Pasukan Operasi ″Ketupat-2022″ yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri dengan tema ″Apel Gelar Pasukan Operasi “Ketupat-2022”, Wujud Sinergi Polri dengan Instansi Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat Dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H/2022″.

Pemerintah telah menetapkan libur Nasional Hari Raya Idul Fitri 1443/tahun 2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022. Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi “Ketupat-2022” yang dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 sampai dengan 9 Mei 2022 dengan Fokus Pengamanan adalah 101.700 Obyek di seluruh Indonesia, Baik Masjid, Tempat Wisata, Pusat Perbelanjaan, Terminal, Pelabuhan, Stasiun Kereta Api, dan Bandara.

Beberapa penekanan saya untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi ″Ketupat-2022″, yaitu jaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan operasi, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, berikutnya lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif, laksanakan pengamanan secara Profesional dan Humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun, Rekan- rekan semua adalah wujud representasi negara di tengah-tengah masyarakat.

Selanjutnya lakukan gelar kekuatan Polri pada pos-pos pengamanan dan pelayanan serta di titik-titik rawan kriminalitas, titik-titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, sehingga mampu bertindak cepat dan tepat dalam melakukan tindakan Kepolisian guna menjamin masyarakat aman dan sehat, lakukan koordinasi dan kerjasama dengan Satgas Covid-19 untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya lonjakan mobilitas masyarakat saat libur Idul Fitri 1443 H/2022 dengan melakukan Test Antigen secara acak terhadap warga masyarakat di tempat keramaian seperti Rest Area, Mall, Tempat wisata dan lain-lain untuk memonitor kemungkinan terjadinya penyebaran Covid-19 di area-area tersebut.

Dorong para pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan menerapkan aplikasi peduli lindungi, berikutnya satgas pangan agar betul-betul memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan-bahan pokok dan pengendalian harga dan mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat, Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan Operasi.

Selanjutnya Kapolres Tanah Datar saat memberikan keterangan pada awak media mengatakan, operasi ini dilaksanakan untuk menciptakan situasi aman dan kondusif di tengah masyarakat saat momen lebaran nanti. Pihaknya juga akan melibatkan sebanyak 300 personil gabungan untuk melakukan pengamanan dan pelayanan terhadap pemudik dan masyarakat di wilayah hukum polres Tanah Datar.

Kami telah mempersiapkan sebanyak 1 pos pengamanan di Ombilin, dan 2 pos pelayanan depan Cindua Mato Batusangkar, dan Istano Basa Pagaruyung, ” jelas Kapolres.

Selain pengamanan dan pelayanan terhadap pemudik, seluruh personil juga akan melakukan antisipasi penyebaran covid 19.

Nanti kami akan membangun satu pos pos pengamanan diluar pos pengamanan. Disitu kita akan membangun fasilitas fasilitas kepada masyarakat yang melakukan mudik., seperti informasi bengkel terdekat bagi pemudik yang mengalami kerusakan kendaraan, dan juga disediakan lokasi vaksinasi covid 19 bagi yang membutuhkan, serta pelayanan pelayanan lain yang dibutuhkan,” tambah Kapolres.

Kepada masyarakat yang hendak melakukan mudik, Kapolres menghimbau untuk selalu waspada terhadap segala sesuatu yang merugikan dan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

” Kita menghimbau kepada pemudik, untuk memastikan kendaraannya sebelum berangkat. Rumah yang akan ditinggalkan juga dipastikan aman dari kebakaran dan pencurian. Jadi tetap berhati hati,” Pesan Kapolres.

Sebelumnya, lebaran idul fitri 1443 H kali ini dikatakan akan berbeda dengan idul fitri tahun lalu. Dimana kali ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat berkumpul bersama keluarga dan tidak akan dilakukan penyekatan di jalur lintas.

Berdasarkan hasil survei Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas perjalanan selama idul fitri 1443 H.

″Sebagaimana arahan dari Bapak Kapolri, kita mengharapakan mudik pada tahun ini adalah mudik yang sehat dan tetap menjaga serta mematuhi Protokol kesehatan oleh karena itu Polres Tanah Datar dan jajaran di setiap Pos telah menyiapkan tempat untuk Vaksinasi dengan harapan masyarakat yang melaksanakan mudik sudah mendapatkan Vaksin Booster″. Jelas Kapolres AKBP Ruly Indra Wijayanto. S.I.K.,M.Si.(Rhy)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img