28 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Kabupaten Limapuluh Kota dan Pasaman Jalin Kerjasama,Buka Jalan Penghubung
K

Kategori -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka gerak ekonomi secara bersama, Pemerintah Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Limapuluh Kota menjalin kerjasama dengan membuka akses jalan penghubung dua wilayah yakni Jorong Tanjuang Bungo, Kenagarian Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjo dengan Jorong Puah Data, Kenagarian Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh.

Dikatakan Bupati Pasaman Benny Utama, akses jalan penghubung dua wilayah itu perlu dilanjutkan kembali agar memberikan manfaat lebih kepada masyarakat dua daerah. Untuk mengoptimalkan potensi daerah kerjasama antar daerah dapat menjadi salah satu alternatif inovasi atau konsep yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas, sinergis dan saling menguntungkan terutama dalam bidang-bidang yang menyangkut kepentingan lintas wilayah.

“Ini tujuan sebenarnya kerjasama dua wilayah yang dilakukan. Dibukanya akses jalan ini menjadi ruas jalan yang layak untuk dilalui oleh masyarakat memberikan dampak baik secara ekonomi. Tentu dengan kajian-kajian para ahli sehingga betul-betul bermanfaat.” Kata Benny Jelang penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Pasaman dengan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota tentang kerjasama antar daerah, di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Selasa (13/07/2021).

Ditambahkannya, Kabupaten Pasaman merupakan wilayah penghasil ikan air tawar terbesar di Sumatera Barat. Hingga 2019 lalu, luas areal perikanan di daerah itu mencapai 4.332 Ha, dengan jumlah produksi sebanyak 53.540,26 ton pertahun. Pemkab Pasaman juga menetapkan beberapa kecamatan di daerahnya sebagai percontohan sentra budidaya ikan air tawar (minapolitan). Adapun daerah percontohan tersebut meliputi kecamatan Rao dan Rao Selatan. Sementara kawasan penyangga yakni Padang Gelugur, Panti dan Bonjol.

“Kabupaten Pasaman merupakan wilayah penghasil ikan air tawar di sumatera barat. Tentu bentuk kerjasama lain akan kita lakukan. Selain itu sejarah juga mencatat Bonjo dan Kototinggi memiliki sejarah perjuangan pahlawan bangsa,” pungkas Benny.

Senada dengan Benny, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo mengatakan, UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah lebih tegas memberikan legalitas yang besar untuk dilaksanakannya kerjasama pembangunan daerah yang bertetangga. Tidak dapat dipungkiri bahwa maju mundurnya satu daerah juga bergantung pada daerah-daerah lain, khususnya daerah yang berdekatan.

“Kerjasama ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi daerah dan mendorong terjadinya pengembangan ekonomi. Dan juga sebagai langkah-langkah pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat untuk menjadi lebih efisien dan efektif.” Kata Safaruddin.

Disebutkan Safaruddin, Jalan penghubung Bonjo dengan Puah Data dirintis oleh kepala daerah Limapuluh Kota terdahulu yakni Aziz Zaili dengan (Purn.) H. Taufik Martha Bupati Pasaman 2 periode 1990-1995 dan 1995-2000. Dalamkesempatan itu, di depan anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Komisi IV, ia juga menyampaikan kondisi ruas jalan provinsi dalam kondisi yang tidak layak.

“Bisa dilihat dan dirasakan langsung, beberapa ruas jalan berstatus provinsi yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota dalam kondisi yang cukup memprihatinkan. Kebetulan di depan Komisi IV DPRD provinsi sumbar, aspirasi Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota ini saya sampaikan langsung.” Sebut Safaruddin.

Safaruddin berharap kerjasama dua daerah pemerintahan ini menjadi satu jembatan yang dapat menjadi sebuah potensi pembangunan yang saling menguntungkan. Selain itu terjadi peningkatan kapasitas daerah dalam penggunaan sumberdaya secara lebih optimal dan pengembangan ekonomi lokal untuk menekan angka kemiskinan.

“Harapan yang sama dengan visi terwujudnya masyarakat kabupaten Pasaman yang lebih baik dan bermartabat dan Kabupaten Limapuluh Kota dengan visinya mejudkan Limapuluh Kota yang madani, beradat dan berbudaya dalam kerangka adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah,” harap Safaruddin jelang penandatanganan naskah kesepakatan kerjasama tersebut.

Hadir dalam penandatanganan naskah kesepakatan bersama itu, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Forkopimda Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Limapuluh Kota, Pimpinan DPRD Kabupaten Limapuluh Kota dan tim koordinasi kerjasama Kabupaten Limapuluh Kota. (rn)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...
- Advertisement -

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.
- Advertisement -

Tiga ASN Kankemenag Padang Panjang Mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam Melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tiga ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing, Selasa (27/07/2021).

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Anggota Satgas TMMD Ucapkan Kata Pamit Kepada Masyarakat Nagari Talang Maur

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Rangkaian kegiatan TMMD/N ke 111 telah sampai pada hari akhir penugasan. Anggota Satgas yang bertugas telah banyak melakukan kunjungan perpisahan dengan warga sekitar untuk mengucapkan terima kasih atas solidaritas yang ditunjukkan oleh masyarakat Nagari Talang Maur selama melakukan kegiatan TMMD/N ke 111.

Wali Nagari Talang Maur Beri Jamuan Khusus Pada Anggota Satgas TMMD Pada Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Wali Nagari Talang Maur Bapak Efendi gelar jamuan khusus sebagai tanda terima kasih untuk Anggota Satgas TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Jamuan ini juga sebagai ucapan perpisahan dari Wali Nagari Talang Maur kepada anggota Satgas yang telah melakukan bakti di Nagari Talang Maur.

Sinergi Anggota Satgas TMMD Bersama Mahasiswa KKN Bekerjasama Membangun Nagari

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Program terpadu TMMD/N ke 111 tahun 2021 bertepatan dengan diadakan nya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Maek yang berasal dari kampus yang berbeda. Walaupun kegiatan KKN baru dimulai pada masa akhir TMMD, kerjasama pun tetap dilakukan.

Komsos Terakhir Dengan Pengrajin Makanan Tradisional Lemang di Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Pemberdayaan potensi Nagari dalam rangka menunjang perkembangan Nagari menjadi fokus utama dalam kegiatan TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Mulai dari potensi alam, wisata, ekonomi, dan berbagai peluang lain menjadi perhatian bagi anggota Satgas untuk bisa mengangkat Nagari dengan potensi yang bisa dikembangkan. Selain potensi alam yang menunjang pertanian, masih banyak potensi lainnya yang menunjang perekonomian Nagari Talanag Maur.

Ucapkan Terimakasih Pada TNI, TMMD ke 111 Kodim 0306/50 Kota Resmi Ditutup

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo sangat bersyukur dan tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas terbukanya jalan yang menghubungkan Nagari Talang Maur Kecamatan Mungka dan Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan.

Selama TMMD di Teritorial 0306/50 Kota, Satgas dan Pemkab Tak Henti Cegah Penyebaran Covid-19 dan Ajak Warga Tetap Terapkan Prokes

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Usai sudah pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan oleh Kodim 0306/50 Kota. Berbagai suka duka, dialami tim yang tergabung bersama Satuan Tugas TMMD yang berlangsung dari 15 Juni hingga 14 Juli itu.

Anggota Satgas TMMD Lakukan Kunjungan Terakhir Ke SDN 01 Talang Maur

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com, - Di hari terakhir penugasan, anggota Satgas TMMD menyempatkan diri untuk mengunjungi SDN 01 Talang Maur untuk menjalin tali silaturahmi dengan para guru disana, Rabu (14/7/2021).
- Advertisement -