26 C
Padang
Senin, Januari 25, 2021
Beritasumbar.com

Joni Amir: Penanganan Bencana tak Memandang Batas Wilayah
J

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Gerah karena terus menerus disudutkan lewat media massa yang menuding Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Limapuluh Kota lemah dalam penanganan penyebaran virus corona atau covid-19, mendapat tanggapan dari Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Joni Amir.
Menurut Joni Amir, bicara soal bencana tidak bisa memandang batas wilayah. Kalau orang Payakumbuh di Swab di Limapuluh Kota atau sebaliknya, apa salahnya?
Secara cultur, budaya dan historis, ulas Joni Amir, sangat berat untuk memisahkan Payakumbuh dengan Limapuluh Kota. Artinya, sejak dulu, jauh sebelum Payakumbuh menjadi daerah administratif Kota Payakumbuh, orang yang berdomisili di Kota Payakumbuh banyak yang beraktifitas di Kabupaten Limapuluh Kota.
Demikian pula sebaliknya, betapa banyaknya orang-orang Kabupaten Limapuluh Kota yang beraktifitas di Kota Payakumbuh. Bahkan, secara ekonomi, boleh jadi, mayoritas pelaku usaha asal Kabupaten Limapuluh Kota berdagang di daerah Kota Payakumbuh. Begitu pula sebaliknya, betapa banyaknya pelaku usaha yang menjalankan usahanya di Kabupaten Limapuluh Kota.
Ditekankan oleh Joni Amir, terkait tudingan lemahnya trakingan yang dilaksanakan di Kabupaten Lima Puluh Kota, saya rasa ini sesuatu yang naif rasanya.Karena, kita tentu berjalan sesuai protapnya, siapa yang di tracking, mulai dari level satu, level dua dan level tiga semua itu kita jalankan, artinya siapa yg mau tracking itu sesuai aturannya.
“Intinya, berpikir logis sajalah kita. Tak usahlah kita berpolemik ketika Luak Limopuluh ini tengah dilanda musibah bencana wabah corona.Mari kita kerjakan tugas kita sesuai dengan aturan dan mekanismenya sebut Joni Amir.
Joni Amir juga mengungkapkan, sejauh ini yang di Swab di Limapuluh Kota, sesuai laporan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, sudah hampir 400 orang.
“ Kami tidak teriak-teriak ke sana ke sini. Yang penting bagi tim Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Limapuluh Kota adalah melaksanakan tugas dengan baik,” ujar Joni Amir.
Sedangkan, juru bicara gugus tugas Covid 19 Limapuluh Kota, Ferry Copa menyebutkan sejauh ini, terkait dengan pengambilan sampel swab yang telah dilakukan dan dikirimkan untuk pemeriksaan baik ke Laboratorium FK Unand maupun ke Labor Balai Veteriner, Baso oleh Pemkab Lima Puluh Kota tercatat sebanyak 363 sampel, 330 dinyatakan Negatif, 10 Positif dan 23 masih dalam proses pemeriksaan.
Adapun rinciannya, 26 PDP, Positif 0 orang, Negatif 19 orang, Dalam proses pemeriksaan 7 orang. Selanjutnya, 19 ODP, Positif 0 orang, Negatif 12 orang, Dalam proses pemeriksaan 7 orang. Kemudian, 318 OTG, Positif 10 orang, Negatif 299, Dalam Proses pemeriksaan 9 orang
Sedangkan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dan dimakamkan dengan protocol Covid19 berjumlah 10 (Sepuluh) orang dan semuanya sudah di swab dan dinyatakan Negatif. Pemakaman jenazah dengan Protokol Covid19 ini sesuai dengan Pedoman yang telah ditetapkan baik oleh Kementerian Kesehatan, Kemendagri maupun BNPB yang pertimbangan utamanya adalah kepentingan kesehatan dan keselamatan publik serta tenaga medis sendiri.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.
- Advertisement -

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).
- Advertisement -

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok. Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...
- Advertisement -