28.1 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

Inthesa Nurseptiana Juara 1 Lomba Baca Puisi FAM Indonesia

Kediri – Siswi Madrasah Tsanawiyah Swasta Ma’arif Pare Kediri, Inthesa Nurseptiana, dinobatkan sebagai juara pertama Lomba Baca Puisi yang ditaja Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia.

Di urutan kedua diraih Elma Ardelia F, siswi SMP Negeri 3 Kediri, dan Juara 3 Siti Nur Ainin M, siswi MA Ma’arif NU Kepung.

“Ketiga pemenang mendapat hadiah dari FAM Indonesia berupa uang pembinaan, trophy, paket buku dan piagam penghargaan,” ujar Aliya Nurlela, Sekjen FAM Indonesia melalui siaran pers yang diterima media ini, Senin (2/5).

Dia menyebutkan, lomba yang digelar pada Sabtu (30/4) di aula STAIN Kediri itu, diikuti puluhan siswa SLTP dan SLTA se-Kabupaten Kediri. Juri mengundang Nur Habib (Penyair,, staf pengajar, pendiri Komunitas Cekakik) dan Eko Prasetyo (Jurnalis dan Penulis).

Selain menggelar Lomba Baca Puisi, ungkap Aliya Nurlela, pada kesempatan tersebut juga diluncurkan FAM Goes to Campus & School dan Divisi Perempuan FAM Indonesia. FAM Goes to Campus & School merupakan gerakan literasi FAM Indonesia bekerja sama dengan perguruan tinggi dan sekolah-sekolah di daerah.

Sementara Divisi Perempuan merupakan divisi khusus yang dibentuk FAM Indonesia sebagai wadah diskusi dan berbagi ilmu kewirausahaan untuk perempuan-perempuan Indonesia yang aktif dan kreatif.

FAM Goes to Campus & School sejalan dengan tujuan FAM Indonesia sebagai wadah menyebarkan semangat cinta menulis di kalangan generasi muda serta membina anak-anak bangsa untuk gemar menulis dan membaca buku,” tambah Aliya Nurlela.

Talkshow Kepenulisan

Selain meluncurkan FAM Goes to Campus & School dan Divisi Perempuan, di hari yang sama juga digelar Talkshow Kepenulisan dengan narasumber Aliya Nurlela (Novelis & Pegiat FAM Indonesia) dan Eko Prasetyo (Jurnalis & Penulis). Talkshow dimoderatori Yudha Prima, Koordinator FAM Cabang Surabaya.

Ketua Panitia sekaligus Koordinator Divisi Perempuan FAM Indonesia, Arifa Sulandhari, mengatakan, acara itu diikuti 100-an peserta yang terdiri dari siswa, mahasiswa, guru, dosen dan masyarakat umum lainnya.

“Pihak sekolah sangat antusias mengirimkan perwakilannya, namun karena waktu, jumlah peserta lomba kita batasi,” ujarnya.

Seusai acara FAM Indonesia menyumbang sejumlah buku kepada Perpustakaan STAIN Kediri dan diterima Kepala Perpustakaan, Komarudin. Kepada peserta FAM Indonesia memberikan doorprize.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada STAIN Kediri, UKM Jurnalistik STAIN, Elfast Course Pare, Mahesa Institute Pare, sekolah dan kampus di Kediri, dan pihak-pihak lain yang ikut berpartisipasi menyukseskan acara ini,” tambah Aliya Nurlela. (rel)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kasatlantas Polres Tanah Datar, Gelar Silaturahmi Bersama Wartawan

Tanah datar, - Puluhan wartawan yang bertugas di tanah datar, berkumpul mengadakan silaturahmi dan cofee morning bersama IPTU M Nasir Kasatlantas Polres...

Pengunjung Risih, Anjing Liar Masuki Taman Pagaruyung

Tanah Datar,- Beredar beberapa foto di media sosial menunjukkan bahwa mulai maraknya binatang "anjing" liar disekitar areal taman Pagaruyung Batusangkar.

TMMD Ke-109 Kodim 0311 Pessel usai, Kampung Dilan tak lagi Terisolir

Pesisir Selatan,- Akses jalan menjadi momok besar bagi warga di Kampung Dilan, Kenagarian Pancung Taba, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir...

Tanpa Besi Pengaman, Jembatan Penghubung Kampung Tangah – Kapuah Pagaruyung Bahayakan Pengendara

Tanah Datar, - Jembatan penghubung antara jorong kampuang tangah dengan kapuah Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar mengalami kerusakan pada...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Inhil Ungkap Narkoba, 50 KG Sabu Berhasil Diamankan

Riau, - Sat Narkoba Polres Inhil patut diapresiasi karena berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis shabu seberat 50 kilo, di Perkebunan milik PT...

Sekolah Online Ditengah Pandemi, Masyarakat Sungai Salak Tanjung Emas Terhalang Jaringan

Tanah Datar,- Wabah virus covid 19 masih terasa efeknya hingga saat ini, bahkan kepelosok desa/ nagari sekalipun. Ditengah kasus...

Pimpinan Pondok Gontor Wafat, Alumni Gontor Berduka

KH DR ( HC) Syukri Zarkasy MA Selaku Pimpinan pondok modern darussalam gontor ponorogo jawa timur wafat dikediamannya pada hari rabu 21/10/20...

Perbumma Adat Nusantara Kupas Prospek dan Solusi Peningkatan Penyediaan Pangan Nusantara

JAKARTA – Hari Pangan Sedunia yang ke XL pada tanggal 16-Oktober 2020, moment yang tepat bagi Perbumma Adat Nusantara dan KUP Suta...
- Advertisement -