27.9 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Inilah ‘Pekerjaan Sambilan’ Arcandra Tahar di Amerika
I

Kategori -

Arcandra Tahar menjadi sosok yang ramai diperbincangkan dalam sepekan terakhir.

Tentunya, masih akan berlanjut dalam beberapa hari ke depan.

Presiden RI, Joko Widodo mencopot pria 45 tahun ini sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI ke-16, Senin (15/8/2016).

Arcandra pun hanya 20 hari menjabat sebagai pembantu presiden.

Joko Widodo melantiknya, Rabu (27/7/2016), untuk menggantikan Sudirman Said.

Sebelum menjabat menteri, ahli kilang lepas pantai atau offshore ini merupakan Presiden Petroneering di Houston, negara bagian Texas, Amerika Serikat, sejak tahun 2013 hingga 2016.

Petroneering adalah perusahaan pengembangan teknologi dan engineering yang fokus dalam desain dan pengembangan kilang offshore yang lebih tahan lama, efektif dan aman.

Walau menjadi eksekutif perusahaan ternama, Arcandra tak lupa pada kegiatan sosial keagamaan.

PhD dari Texas A& M University Ocean Engineering ini bahkan rela melakoni pekerjaan yang mungkin dipandang sebelah mata bagi sebagian kalangan.

Pengajar Al Quran

Dia penggiat pada Islamic Family Academy (IFA) di Houston.

IFA merupakan lembaga pendidikan keislaman bagi keluarga Muslim di Houston.

Hal itu diketahui setelah seorang pemilik akun pada Facebook yang pernah tinggal di Houston menceritakannya.

Apa saja dilakukan Arcandra di IFA?

“Last year, I met him in Ifacademy Houston spring camp. Then, I know that he is a Qur’an teacher. He taught my family how to read Qur’an correctly. That’s part of his kind contributions. May Allah gives rewards for him and family. About two months ago, my family and I had to be back to Indonesia for a new assignment. The attached pictures and short movie are the last IFA events and class we attend. This morning, I heard that he follow me to be back to Indonesia for new assignment as President Jokowi’s minister,” demikian penggalan status pemilik akun Yuyud Tomtom pada Facebook yang dibagikan kepada akun Islamic Family Academy pada media sosial sama.

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, “Tahun lalu, saya bertemu dengan dia di Islamic Family Academy Houston Spring Camp. Kemudian, saya tahu jika dia adalah seorang guru mengaji. Dia mengajari anggota keluarga saya bagaimana membaca Alquran secara benar. Itu adalah bagian dari kebaikannya. Semoga Allah memberi amalan berlimpah. Sekitar dua bulan lalu, saya beserta keluarga kembali ke Indonesia karena pekerjaan baru. Foto dan video pendek di bawah ini adalah kegiatan terakhir IFA beserta kegiatan belajar kami hadiri. Pagi ini, saya mendengar dia mengikuti jejak saya kembali ke Indonesia, tapi untuk menjadi menteri pada kabinet Jokowi.”

Inilah video Arcandra saat mengajarkan Al Quran

Status ini ditulis pada hari pelantikan Arcandra.

Terhitung mulai, Selasa (16/8/2016), Arcandra resmi menanggalkan jabatannya sebagai pembantu presiden.

Lantas, apakah dia akan kembali ke Houston sambil mengajar mengaji?

Ayah dua putri ini belum menjelaskan apa aktivitas selanjutnya.

Acandra menanggalkan jabatannya lantaran tudingan tersangkut masalah dwikewarganegaraan. (tribunnews)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Padang Panjang Barat Terlaksana

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_ Setelah Sukses Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang dua hari yang lalu di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang, kembali dilaksanakan Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Padang Panjang Barat antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kankemenag Kota Padang Panjang dengan Pemenang Tender dan Pengawas yang disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat,
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.
- Advertisement -

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)
- Advertisement -