27 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

BKKBN: Ingin Anak Jadi Profesor, Perhatikan 1.000 Hari Pertama Kehidupan
B

Kategori -

Sumber daya manusia (SDM) yang canggih bisa diupayakan sejak janin tertanam di rahim ibu hingga lima tahun pertama kehidupannya, namun yang paling rawan dan perlu diperhatikan adalah masa 1.000 hari pertama kehidupan bayi. Karena gangguan psikis maupun penyakit dapat mengakibatkan kematian bayi atau jika bayi hidup bisa terkena dampak ganggunan sehingga bayi tidak tumbuh dengan optimal.

“Dampak negatif dari gangguan itu dalam jangka panjang dapat mengganggu perkembangan otak, mengganggu pertumbuhan massa tubuh dan komposisi badan yang tidak sempurna, serta gangguan metabolisme glukosa, lemak (lipids), protein, serta hormon,” kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prof dr Fasli Jalal, PhD, SpGK dalam orasi ilmiah “Bonus Demografi: Tantangan Peneliti untuk Pengabdian yang Konkret dalam Pembangunan Negara dan Bangsa” pada Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture XIV di LIPI, Jakarta, Senin (25/8).

Gangguan perkembangan otak akan memberikan dampak negatif pada perkembangan kognitif dan prestasi belajar pada jangka panjang, sedangkan gangguan pertumbuhan massa tubuh dan komposisi badan akan menurunkan kekebalan tubuh dan kapasitas kerja dalam waktu jangka panjang.

Sedangkan gangguan metabolisme glukosa, lemak (lipids), protein, dan hormon berdampak negatif pada penyakit degeneratif seperti diabetes, obesitas, penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker, stroke, dan disabilitas lansia. “Perkembangan otak ini dimulai sejak masih janin sampai dengan lahir,” ujarnya.

Perkembangan otak janin juga dipengaruhi oleh kesehatan ibu hamil yang didampingi oleh tenaga kesehatan dan kecukupan asupan gizi ibu. “Perkembangan otak juga perlu stimulasi yang diberikan orangtuanya melalui suara, sentuhan, rasa, interaksi sosial, serta gerakan otot halus dan otot kasar yang diberikan sesuai tahap pertumbuhan bayi,” papar Fasli.
BKKBN melalui Bina Keluarga Balita (BKB) memberi pendampingan agar para ibu hamil dapat menjaga 1.000 hari pertama kehidupannya dengan memberikan stimulasi, asupan bergizi bagi ibu hamil, agar ibu dan bayinya berkembang dan tumbuh secara optimal. (kkb2/bkkbn online)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Senin (25/1), Kasus Positif Nol, 17 Guru Sembuh Dari Covid-19

Baru saja kemarin payakumbuh mendapatkan kabar 2 guru telah bebas dari Covid-19, pada hari Senin (25/1), kabar baik datang dari 17 orang tenaga pendidik yang dikabarkan telah bebas dari isolasi, karena mereka sudah negatif Covid-19.
- Advertisement -

Mimpi bertemu sang Ayah, “Sang Datuk” nya anak-anak; Ceracau soal Wanita hingga Virus Corona

Lama tak berjempa dengan beliau, seingat kami sejak kasus Aksi Panas 4 Maret 2004 bersama Forum Aksi Demokrasi Arus Bawah Univ. Negeri Padang yang berujung di tahannya 20 aktivis UNP oleh sang Rektor waktu itu, beliau mangkat pas seminggu sebelum usai kami dibebas tahankan tepatnya 4 Mei 2004; baru sekali beliau datang dalam mimpi panjang. Entah apa hikmahnya gerangan, hanya Allah SWT yang lebih tahu.

Ingatkan Bekal Anak Ke Sekolah, Sekda Rida : Kita Harus Nyinyir Untuk Sekolah Tangguh

Sekretaris Daerah Rida Ananda tak segan menegur sekolah saat mengetahui banyak siswanya yang tidak sarapan pagi ataupun membawa bekal ke sekolah. Padahal, sudah ada kesepakatan bersama agar siswa dianjurkan sarapan di rumah atau membawa bekal saat sekolah tatap muka.
- Advertisement -

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Dinkes Payakumbuh Kirim Data Petugas Kesehatan Yang Akan Divaksin

Payakumbuh, beritasumbar.com -Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat telah mengirimkan nama-nama petugas kesehatan ke pemerintah pusat untuk nantinya dilakukan vaksin COVID-19. "Seluruh petugas...

Pasien Positif COVID-19 di Payakumbuh Hari ini Bertambah Delapan Orang

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh mencatatkan ada penambahan delapan kasus positif COVID-19 baru di daerah itu pada Rabu (2/12). Penambahan kasus tersebut...

Nauclea Orientalis, Bunga Yang Mirip Virus Corona.

Oleh: Lidia Gusvita Nasra ~ Mahasiswa Biologi, Universitas Andalas, Padang Tak hanya perkembangan kasus virus corona yang dibicarakan saat ini, namun dihebohkan juga dengan hadirnya...

Persentase Kesembuhan Pasien COVID-19 di Payakumbuh Capai 75 Persen

Payakumbuh, BeritaSumbar - Meski angka kasus positif COVID-19 di Kota Payakumbuh terus meningkat, Dinas Kesehatan Kota (DKK) di daerah itu mencatat angka kesembuhan dari...

Tingkat Pelayanan Kesehatan Di Payakumbuh Empat kali Jumlah Penduduk

Payakumbuh, beritasumbar.com -Tingkat pelayanan kesehatan di Kota Payakumbuh melebihi jumlah penduduk, bahkan angkanya mencapai empat kali lipat dari jumlah penduduk 138.000 jiwa, kata pejabat...
- Advertisement -