27 C
Padang
Sabtu, Agustus 13, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Belum Gelar RAT, Kadis Koperindag Warning 50 Koperasi
B

Kategori -
- Advertisement -

Kepala Dinas Koperasi UMKM Industri Perdagangan (Koperindag) Kota Payakumbuh, Dahler, SH, mewarning 50 koperasi di kota ini yang masih belum menggelar rapat anggota tahunan (RAT) Tahun Buku 2013. Dari 121 koperasi aktif di Payakumbuh, hingga akhir Juli 2014, baru 71 koperasi yang menjalankan RAT, sesuai dengan ketentuan UU No. 25 Tahun 1992, tentang perkoperasian.

Kepala Dinas Koperindag Payakumbuh Dahler didampingi Kabid Koperasi Isman, S. Sos, di Balaikota Payakumbuh, Senin (25/8), menginformasikan, perkembangan perkoperasian di Kota Payakumbuh sangat pesat. Sampai saat ini Modal sendiri telah mencapai Rp. 87.304.344.133 dengan total aset senilai 157 M.

Menurut Dahler, dalam perjalanan sebuah koperasi, RAT sangatlah penting. Karena, di samping melalui RAT anggota koperasi dapat mengetahui perkembangan koperasi, RAT juga dapat meningkatkan silaturahim antar anggota dan pengurus. RAT tidak hanya sekedar agenda formalitas tahunan, namun merupakan pertemuan komunikatif, untuk kemajuan koperasi ke depan.

Menyinggung soal sisa hasil usaha (SHU) yang diperoleh koperasi, per 31 Desember 2013, keuntungan ke-121 koperasi itu telah menembus angka Rp9,056 M, dengan jumlah anggota 16.286 orang atau + 8 % penduduk kota Payakumbuh. “Sungguh perkembangan yang sangat baik, dan tingkat kesadaran masyarakat untuk berkoperasi semakin meningkat,” tandas Dahler.

Dalam meningkatkan SDM pengurus dan anggota koperasi, Dinas Koperindag telah menggelar berbagai kegiatan. Seperti, pelatihan kewirausahaan, pelatihan manajemen usaha bagi pengurus koperasi, pelatihan akuntansi, pelatihan pengembangan usaha dan studi banding atau temu usaha dengan mitra koperasi.

Sementara itu, dalam penguatan modal usaha, Dinas Koperindag memfasilitasi koperasi untuk mendapatkan modal atau hibah ke Kementerian Koperasi RI. Dalam lima tahun terakhir, koperasi di kota ini telah mendapatkan bantuan modal berupa dana bergulir Rp3,5 Miliyar.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img