23 C
Padang
Minggu, September 19, 2021
Beritasumbar.com

Belum Gelar RAT, Kadis Koperindag Warning 50 Koperasi
B

Kategori -

Kepala Dinas Koperasi UMKM Industri Perdagangan (Koperindag) Kota Payakumbuh, Dahler, SH, mewarning 50 koperasi di kota ini yang masih belum menggelar rapat anggota tahunan (RAT) Tahun Buku 2013. Dari 121 koperasi aktif di Payakumbuh, hingga akhir Juli 2014, baru 71 koperasi yang menjalankan RAT, sesuai dengan ketentuan UU No. 25 Tahun 1992, tentang perkoperasian.

Kepala Dinas Koperindag Payakumbuh Dahler didampingi Kabid Koperasi Isman, S. Sos, di Balaikota Payakumbuh, Senin (25/8), menginformasikan, perkembangan perkoperasian di Kota Payakumbuh sangat pesat. Sampai saat ini Modal sendiri telah mencapai Rp. 87.304.344.133 dengan total aset senilai 157 M.

Menurut Dahler, dalam perjalanan sebuah koperasi, RAT sangatlah penting. Karena, di samping melalui RAT anggota koperasi dapat mengetahui perkembangan koperasi, RAT juga dapat meningkatkan silaturahim antar anggota dan pengurus. RAT tidak hanya sekedar agenda formalitas tahunan, namun merupakan pertemuan komunikatif, untuk kemajuan koperasi ke depan.

Menyinggung soal sisa hasil usaha (SHU) yang diperoleh koperasi, per 31 Desember 2013, keuntungan ke-121 koperasi itu telah menembus angka Rp9,056 M, dengan jumlah anggota 16.286 orang atau + 8 % penduduk kota Payakumbuh. “Sungguh perkembangan yang sangat baik, dan tingkat kesadaran masyarakat untuk berkoperasi semakin meningkat,” tandas Dahler.

Dalam meningkatkan SDM pengurus dan anggota koperasi, Dinas Koperindag telah menggelar berbagai kegiatan. Seperti, pelatihan kewirausahaan, pelatihan manajemen usaha bagi pengurus koperasi, pelatihan akuntansi, pelatihan pengembangan usaha dan studi banding atau temu usaha dengan mitra koperasi.

Sementara itu, dalam penguatan modal usaha, Dinas Koperindag memfasilitasi koperasi untuk mendapatkan modal atau hibah ke Kementerian Koperasi RI. Dalam lima tahun terakhir, koperasi di kota ini telah mendapatkan bantuan modal berupa dana bergulir Rp3,5 Miliyar.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kunjungi Kelok 9, Gubernur : Rest Area Ulu Aia Segera Direalisasi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, melakukan kunjungan ke areal yang akan dijadikan rest area di Ulu Aia, Kecamatan Harau, Limapuluh Kota, Senin (13/9/21).
- Advertisement -

Kemenkominfo RI Sentuh Warga Solsel melalui Literasi Digital dan Literasi Dakwah

Solok Selatan,BeritaSumbar.com, — Direktri Radio Citra Solok, Erna Yuliarti menjabarkan sifat yang harus diperhatikan dalam berinternet. Katanya, informasi yang akan diunggah akan sulit bisa dihapus.

Wujudkan Keluarga Samawa, 30 Pasang Catin Ikuti Bimwin

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga memberikan materi Pembinaan dalam kegiatan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin (Bimwin Catin) untuk mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Hotel Muhammadiyah A. Muin Saidi Kota Padang Panjang, Senin (13/09/2021)
- Advertisement -

Waspadai Jejak Digital, Ini Kata Sekretaris Diskominfo Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki, menjelaskan jejak digital sebagai data yang ditinggalkan setelah menggunakan layanan digital.

Pelatihan Bahasa Isyarat di MKS, Marfendi: Mungkin Pertama di Indonesia

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pelatihan bahasa isyarat dilaksanakan di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi diikuti berbagai kalangan, seperti dari pemerintahan kota, kepolisian dan perbankan. Wakil...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Semakin Dekat Dengan Konsumen, Oli Mobil Evalube Perluas Layanan Ganti Oli Bersama Capella Daihatsu dan Isuzu

Padang, September 2021 – Oli mobil Evalube menghadirkan program kerja sama layanan ganti oli dengan Capella Daihatsu dan Isuzu. Hingga saat ini, layanan kerja sama ini sudah memberikan kemudahan bagi pelanggan yang tersebar di wilayah Sumatera (Medan, Padang, Aceh, Pekanbaru, dan Batam)

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...
- Advertisement -