24 C
Padang
Selasa, November 30, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dua Kelurahan Payakumbuh Punya Perpustakaan Seru
D

Kategori -
- Advertisement -

Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) punya komitmen kuat membangun perpustakaan di Kota Payakumbuh. Lewat program terbarunya, Perpuseru (Perpustakaan Seru), sebagai pusat belajar masyarakat berbasis tekhnologi informasi, CCFI mengundang kepala daerah, kepala arsip perpustakaan dan dua kepala kelurahan Payakumbuh untuk mengikuti Lokakarya Membangun Komitmen Pengembangan Perpustakaan, di sebuah hotel berbintang di Yokyakarta, 24-27 Agustus 2014.

Dari Payakumbuh, Lokakarya Membangun Komitmen Pengembangan Perpustakaan itu dihadiri Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, Kepala Arsip dan Perpustakaan, Drs. H. Zulrefri, Kasi Perpustakaan, Maryulinda, SE serta Kepala Kelurahan Labuah Basilang Kecamatan Payakumbuh Barat, Irwan Suwandi SN, S.IP dan Kepala kelurahan Koto Panjang Padang, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori, Surya Dharma Indra, sebagai kelurahan tempat program Perpuseru ini dilaksanakan.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Propinsi Sumatera Barat, Drs. Alwis, juga ikut serta dalam kegiatan lokakarya itu. Gelar acara yang disponsori CCFI tersebut, dikatakan Wawako H. Suwandel Muchtar, Selasa (26/8), sebuah iven yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan SDM jajaran pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya, agar ke depan termotivasi membentuk Perpuseru disetiap kelurahan.

“Setelah mengikuti lokakarya ini, kita makin termotivasi membentuk Perpuseru di setiap kelurahan,” tegas Suwandel. Menurut wawako, sekarang ini di Payakumbuh baru ada dua kelurahan percontohan Perpuseru, Labuah Basilang dan Kotopanjang Padang. Pembentukan Perpuseru di kedua kelurahan itu, atas rekomendasi CCFI yang sekaligus mensponsorinya.

Keterangan Kepala Arsip dan Perpustakaan Payakumbuh Zulrefri, secara terpisah, mengatakan, pihaknya mengusulkan enam calon kelurahan untuk membentuk Perpuseru. Tapi, setelah dilakukan penilaian dan evaluasi, hanya dua kelurahan dimaksud yang lolos untuk menjadi pelaksana Perpuseru.

Begitu juga di tingkat provinsi, tambah Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Propinsi Sumatera Barat, Drs. Alwis. Dari 19 Kabupaten/Kota di Indonesia yang dipilih Coca Cola Foundation Indonesia untuk penerima manfaat program Perpuseru ini, Kota Payakumbuh merupakan satu satunya wakil dari Sumatera Barat, yang memenuhi persyaratan. “Kita sangat bangga dengan partisipasi masyarakat dalam program perpusatkaan ini,” kata Alwis.

Ke depan, sebut Suwandel, pemerintah kota bersama DPRD, akan berusaha membangun Perpuseru di setiap kelurahan di Payakumbuh. Makanya, kehadiran kepala arsip dan perpusatakaan dalam lokakarya ini, diharapkan memacu semangat jajaran SKPD terkait dalam mencari inovasi buat kemajuan Perpuseru di setiap kelurahan.

Tujuan pembentukan Perpuseru, dalam usaha peningkatan SDM, penguatan ekonomi masyarakat. “Saya berharap program ini menyebar ke seluruh kelurahan, bukan hanya milik kedua kelurahan sebagai pilot project.”

Lokakarya Perpuseru itu dibuka Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X, didampingi Direktur Pelaksana Coca Cola Foundation Indonesia, Titie Sadarini.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img