25.5 C
Padang
Senin, Oktober 18, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Hindari Makanan Berbahaya, TP-PKK Gandeng BPOM Sumbar
H

Kategori -
- Advertisement -

Apakah makanan anda sudah aman untuk dikonsumsi? Ibu-ibu rumah tangga harus mengetahuinya, agar keluarga terhindar dari pencemaran secara fisik, kimia, dan microbiologi dari pola makan yang salah. Untuk itu, TP-PKK Payakumbuh gandeng Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Propinsi Sumatera Barat, untuk mensosialisasikannya kepada seluruh pengurus dan kader TP-PKK Payakumbuh.

Gelar acara tersebut dikemas dalam bentuk Seminar Pangan Sehat dan Aman sehari, melibatkan 150 peserta, hingga kader PKK kecamatan dan kelurahan, Selasa (4/3). Kepala BPOM Drs. H. Indra Ginting Apt. MM, tampil sebagai pembicara tunggal, didampingi Ketua TP-KKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny. Hj. Merry Yuliesday Benni dan Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan KB, Prima Satria, SH.

Ketua TP PKK Kota Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi, saat membuka seminar, mengajak seluruh pengurus dan kader PKK, untuk mampu mengetahui dari setiap kandungan makanan yang akan dikosumsi buat keluarga. Banyak bahan kimia atau pengawet yang dicampur pedagang dalam makanan yang belum diolah, tapi tak diketahui oleh ibu rumah tangga.

Karena itu, Henny mengajak, pasca seminar pengurus TP-PKK harus tampil di depan, untuk mensosialisasikan bahan-bahan berbahaya yang tak boleh dikosumsi. Anggota PKK, memperdalam pengetahuannnya tentang bahan makanan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi,” jelas Ny. Henny Riza Falepi.

Sementara itu pembicara Kepala BPOM Sumbar Indra Ginting, dihadapan peserta seminar, menyatakan berbagai jenis makanan yang beredar di pasaran, bukan berarti semuanya layak konsumsi, bisa saja telah terkontaminasi microbiologi dan juga terkontaminasi secara kimia.

Karena itu, dalam membeli ataupun mengolah makanan yang akan disajikan kepada anggota keluarga mestinya pandai-pandai dalam memilih dan memproteksi diri dan keluarga dari makanan yang tidak layak konsumsi tersebut. Indra juga menghimbau untuk jenis makanan kemasan yang akan dibeli hendaknya juga memperhatikan label BPOM RI.

Terkait engan makanan yang sehat dan aman konsumsi Indra menegaskan sehat dan aman disini adalah terhindar dari tiga jenis pencemaran diantaranya pertama pencemaran fisik yaitu seperti ditemukannya potongan rambut, logam ataupun pasir pada bahan makanan. Kedua adalah pencemaran secara kimia, dimana ditemukannya bahan pewarna dan bahan pengawet yang sangat membahayakan kesehatan. Sementara pencemaran terakhir adalah pencemaran makanan secara micrbiologi yakni pada makanan tersebut telah berkembang biak bakteri dan kuman berbahaya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img