25 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Hasil Rekapitulasi KPUD, Irwan-Nasrul Menang di Pilkada Sumbar
H

Kategori -

Padang – Pasangan calon gubernur nomor urut 2, Irwan Prayitno danNasrul Abit menang di 17 dari 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Ini terlihat dari hasil rekapitulasi perolehan suara di tingkat provinsi oleh KPU Sumatera Barat (Sumbar) sejak Sabtu 19 Desember 2015 pagi malam.

Jika tak ada halangan, Irwan Prayitno akan kembali ditetapkan menjadi memimpin Sumbar pada Rabu 23 Desember 2015. Hal ini lantaran saksi dari pihak lawan enggan menandatangani hasil rekapitulasi dan berniat melapor kepada Mahkamah Konstitusi (MK) karena merasa dirugikan dengan hasil rekapitulasi.

“Kita sudah merekap semuanya, namun tadi saksi paslon nomor urut 1 keberatan dan tidak mau menandatangani hasil rekapnya. Kita sudah arahkan saksi dan pihak MK-FB untuk memasukkan laporannya sebelum 3 hari ke depan. Jika tak melapor, kami terpaksa menandatangani hasil rekapnya,” ujar Ketua KPU Sumbar Amnasmen, Padang, Minggu (20/12/2015) dini hari.

Secara estafet, rekapitulasi di Pangeran Beach Hotel itu dimulai dari Kabupaten Mentawai dan diakhiri di Kota Padang. Usai 19 kabupaten dan kota direkap, tercatat pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur nomor urut 2 keluar sebagai juara.

Irwan Prayitno–Nasrul Abit (IP-NA) unggul dengan perolehan 1.175.858 suara atau 58,62 persen dari jumlah suara yang masuk. Sedangkan paslon nomor urut 1, Muslim Kasim–Fauzi Bahar (MK-FB) hanya unggul di 2 kabupaten. Keduanya merajai Kabupaten Padang Pariaman dan Kepulauan Mentawai.

Jika ditotal dari 19 kabupaten dan kota yang ada, MK-FB hanya memperoleh 830.131 suara atau 41,38 persen dari total suara yang masuk.

Dari data yang dicek ulang sebelum dan sesudah pencoblosan oleh 11.121 KPPS (Komisi Panitia Pemungutan Suara), tercatat suara sah sebanyak 2.005.989 dan tidak sah sebanyak 73.074 suara.

Dalam Pilkada 2015, dari 3.496.836 pemilih yang masuk dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) di Sumbar. Namun hanya 2.079.063 orang yang mendatangi TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Selebihnya sebanyak 1.417.773 orang yang memiliki hak menentukan pemimpin Sumbar 5 tahun kedepan, tercatat tidak mendatangi TPS dengan beragam halangan.

Proses rekapitulasi ini dihadiri semua anggota komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar, KPU, serta saksi dari ke dua paslon.

Dalam perekapan selama 12 jam lebih itu, sempat beberapa kali adu mulut, bantah membantah, memberikan keterangan, menjelaskan kejadian dan sedikit keributan. Namun hal itu tidak sampai menimbulkan bentrok fisik sebab KPU Sumbar telah mengingatkan agar segala keberatan dan bukti atau temuan baru terkait adanya dugaan kecurangan dapat melaporkannya ke MK.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pembelajaran Tatap Muka di SDN 09 Lubuk Tareh pada Masa Pandemi

SDN 09 Lubuk tareh terletak di jorong Lubuk Tareh kenagarian Garabak Data kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok. Lokasi Sekolah ini sangat jauh dari pusat kota solok bahkan untuk sampai ke sekolah ini harus melewati Kabupaten Dharmasraya terlebih dahulu.
- Advertisement -

Puncak Cemara Sawahlunto Pukau Decak Kagum Bundo Kanduang Sumbar Rezka Oktoberia

Anggota DPR-RI dari fraksi Demokrat dari daerah pemilihan Sumatera Barat Rezka Oktoberia didampingi Putri Yoan Clara Teken, kembali melanjutkan silaturrahmi ke kota tambang penuh sejarah Sawahlunto, Sumatera Barat, Sabtu (23/1).

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.
- Advertisement -

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.

Ketum DPP PAN H.Zulkifli Hasan, buka Musda V PAN serentak secara virtual

Partai Amanat Nasional menggelar MUSDA DPD PAN ke V yang dilaksanakan serentak secara virtual Sekabupaten/kota Sumatera Barat. Salah satunya DPD PAN, Kabupaten Pesisir Selatan ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -