29 C
Padang
Sabtu, April 20, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Harapan Payakumbuh Bergantung pada Seklur
H

Kategori -
- Advertisement -

Kota Payakumbuh belum beruntung dalam Lomba Kompetensi Camat (LKC) dan Lomba Kompetensi Lurah (LKL) Sumatera Barat 2014. Satu-satunya harapan Payakumbuh tinggal lagi di pundak Yetti Patriohilya, SP, yang ikut dalam Lomba Kompetensi Sekretaris Kelurahan (LK-Seklur). Tim penilai Sumatera Barat dipimpin mantan pamong senior Drs. H. Rusdi Lubis, bersama tiga anggotanya, melakukan penilaian ke Payakumbuh, Selasa (10/6).

Dalam LKC Tingkat Sumatera Barat tahun ini, Payakumbuh diwakili Camat Payakumbuh Utara Novriwandi, SH. Sedangkan, dalam LKL diwakili Lurah Bulakan Balai Kandi, Kecamatan Payakumbuh Barat, Yusrizal, S.Sos. Sedangkan, dalam LK-Seklur Payakumbuh diwakili Yetti Patriohilya, yang merupakan Seklur di Kelurahan Bulakan Balai Kandi.

Walikota Payakumbuh diwakili Asisten I Setdako Yoherman, SH, S.Sos, ketika menerima tim penilai provinsi di Balaikota Payakumbuh, berharap, gelar juara LK-Seklur tahun ini menjadi milik Payakumbuh. “Dalam LKC dan LKL kami boleh gagal, Pak Rusdi (ketua tim, Red), tapi dalam LK-Seklur, Payakumbuh tak ingin pulang dengan tangan hampa,” katanya dalam nada canda.

Tim penilai yang juga didampingi pejabat di Biro Pemerintah Sumbar, setibanya di Kelurahan Bulakan Balai Kandi, disambut tarian gelombang dan suguhan siriah di carano oleh karang taruna setempat. Tampak hadir saat penilaian Camat Payakumbuh Barat H. Nurdal, Muspika, Kabag Tapem Erwan, S.IP, seluruh kepala kelurahan di Payakumbuh Barat, tokoh masyarakat dan ratusan warga.

Ketua Tim Penilai LK-Seklur Rusdi Lubis, dalam sambutannya menjelaskan, peran seorang sekretaris kelurahan dalam memberikan pelayanan kepada publik dan lurah. Tugas pokoknya cukup jelas, membantu lurah mengkoordinasikan penyusunan program dan menyelenggarakan tugas program serta memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh prangkat dan aparatur kelurahan.

Peranan sekretaris kelurahan cukup strategis, selain memberikan pelayanan kepada warga, dirinya juga dituntut menjalankan tugas-tugas koordinasi pemerintahan di kelurahan. Walau berat, tapi pekerjaan seklur akan berjalan sangat menyenangkan, jika koordinasi dengan semua pihak berjalan lancar dan sistem pengarsipan terpelihara dengan rapi.

Untuk membuktikan semuanya itu, tim akan melakukan wawancara dengan sejumlah tokoh masyarakat, aparat pemerintahan dan elemen masyarakat lainnya, sebut Rusdi Lubis.

Seklur Yetti Patriohilya, ibu empat anak, isteri tercinta Alfendi ini, dipercaya sebagai Sekretaris Kelurahan Bulakan Balai Kandi, sejak Juni 2012. Usianya, baru 43 tahun, dengan pangkat terakhir III-b. Sebelum menjadi sekretaris kelurahan, ia pernah bertugas sebagai staf di Kantor Ketahanan Pangan, Bagian Perekonomian Setdako, Kasi Pemerintahan Kelurahan Padang Tangah.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img