25.1 C
Padang
Rabu, September 29, 2021
Beritasumbar.com

GNM Semarakan Nagari Pakan Sinayan
G

Kategori -

Agam, BeritaSumbar.com– Keberadaan kader Gerakan Nagari Madani (GNM) di Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, sangat membantu untuk percepat capaian Nagari Madani di nagari itu.
Hal ini dijelaskan Wali Nagari Pakan Sinayan, Hendri Supatman Dt Kayo Nan Kuniang mengatakan, kader GNM sudah dibentuk Oktober 2018 dan telah diberikan pembekalan, dimana kader ini berjumlah 16 orang yang akan membumingkan gerakan Nagari Madani di tengah masyarakat.
“Sejak dibentuknya GNM, perkembangan Nagari Madani di Pakan Sinayan sudah terasa, perubahan dari waktu ke waktu semakin dirasakan,” ujar Hendri Supatman, saat dikonfirmasi via ponsel, Senin (12/11).
Lebih lanjut ia mengatakan, perkembangan yang sudah mulai terlihat, setiap magrib masjid dan musahalla sudah ramai oleh masyarakat yang melaksanakan shalat dan tadarus, bahkan shalat berjamaah lima waktu sudah meningkat.
Bidang budaya, adat dan kegiatan lainnya juga terus ditingkatkan, di mana hal ini juga termasuk diprioritaskan dalam membentuk masyarakat yang berperadaban di nagari itu.
“Dengan demikian, kita berharap melalui kader GNM dapat jadi mitra pemerintah nagari dalam mewujdkan 7 kriteria dan 45 indikator, yang tertuang dalam gerakan Nagari Madani, di Pakan Sinayan,” ujarnya.
Dan ia menjelaskan, program yang dilaksanakan GNM seperti merekrut kader disetiap jorong untuk memperluas jaringan dan mensosialisasikan ke seluruh masjid dan mushalla, yang diawali di Mushalla Al Wustha, Jorong tobo Ladang.
“Dalam 10 hari kedepan ini akan dilanjutkan ke jorong lain, respon masyarakat dengan gerakan Nagari Madani sangat tinggi, di mana anggaran untuk kegiatan ini tertuang dalam APB Nagari 2018,” ulasnya. (fadil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kreativitas Sehat di Internet Diulas di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,Beritasumbar.com, — Guntur Simbolon salah satu musisi tanah air menyebut kreativitas membuat seseorang memiliki daya cipta, inovasi, yang membuat berpikir luas, sehingga dapat berkreasi secara positif. Dengan menggunakan internet secara bijak dan sehat, masyarakat justru bisa menjadi pribadi yang semakin kreatif.
- Advertisement -

Diduga Abaikan Peringatan Pemerintah,Limbah Hasil Proyek PLTMH Berserakan

Tanah Datar, beritasumbar.com - Pengerjaan pengembangan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Kalo Kalo Lubuk Jantan diduga abaikan surat peringatan pemerintah daerah tentang limbah...

Indo Jelito Bantu Korban Kebakaran Pasar Bawah, Dua Kader Terbaik PKS Ikut Hadir

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Dua kader terbaik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menghadiri acara penyerahan bantuan uang Rp1 juta, yang diberikan Indo Jelito kepada korban kebakaran...
- Advertisement -

Kreativitas Sehat di Internet Diulas di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,Beritasumbar.com, — Guntur Simbolon salah satu musisi tanah air menyebut kreativitas membuat seseorang memiliki daya cipta, inovasi, yang membuat berpikir luas, sehingga dapat berkreasi secara positif. Dengan menggunakan internet secara bijak dan sehat, masyarakat justru bisa menjadi pribadi yang semakin kreatif.

1 Bulan Magang Di Kehumasan Diskominfo Payakumbuh, Ini Kata 4 Mahasiswa UPI YPTK Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sudah sebulan lamanya mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Putra Indonesia Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (UPI YPTK) Padang melaksanakan magang di Bidang Kehumasan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh sejak 23 Agustus silam.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Minang Diaspora Bantu Sembako Korban Kebakaran Pasar Baso

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Minang Diaspora memberikan bantuan sembako kepada korban kebakaran Pasar Baso, Kabupaten Agam, Jumat sore (24/9/2021). Bantuan sembako langsung diserahkan Wakil Bendahara Minang...

Kepala Disdikbud Agam Beberkan Manfaat Literasi Digital

Agam,BeritaSumbar.com, — Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam, Isra menyebut literasi digital sebagai sarana mewariskan budaya.

Literasi Digital di Agam, Ini Kata Kepsek SMAN 1 Palembayan

Agam,BeritaSumbar.com, — Kepala SMAN 1 Palembayan, Kabupaten Agam, Harpizon Astani menyebut kebebasan berekspresi yang termaktub dalam pasal 28 UUD 45 dan merupakan hak azasi manusia.

Cara Bijak Memaksimalkan Marketplace Online Dibahas di Agam

Agam,BeritaSumbar.com, — Pandemi membuat masyarakat membeli seluruh kebutuhannya melalui online di marketplace. Barang yang paling banyak dicari di e-commerce ialah, pakaian dan produk kecantikan, elektronik, serta travel dan akomodasi.

Warga Agam Diminta Pahami Rekam Jejak Era Digital

Agam,BeritaSumbar.com, — Psikolog dan Dosen Universitas Presiden, Grace Amin membeberkan bahwa rekam jejak digital di internet berpotensi menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan Asal Klik di Internet, Ini Penjelasan Pakar Informatika Agam

Agam,BeritaSumbar.com, — Guru Informatika SMAN 1 Lubuk Basung, Wery Milasari, meminta masyarakat untuk tidak asal-asalan dalam membuka situs internet.

Pemeriksaan Kesehatan dan Edukasi Pada Kelompok Lansia MELATI di Nagari Sungai Buluh Selatan

Tingkat kematian kelompok lansia yang terinfeksi COVID-19 memang merupakan yang tertinggi dibandingkan kelompok usia lainnya. Populasi lanjut usia, terutama yang berusia di atas 70 tahun, merupakan kelompok yang paling rentan terhadap penyakit COVID-19. Daya tahan tubuh yang melemah dan adanya penyakit kronis bisa meningkatkan risiko lansia terkena COVID-19 serta mengalami gejala yang lebih parah dan bisa berakibat fatal.

Dikukuhkan Sebagai Nagari Konstitusi, Zul Arfin: Jalan Lobi ke Pusat Terbuka Luas

Agam, beritasumbar.com -- Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, dikukuhkan sebagai nagari konsitusi, Sabtu (28/8/2021). Penetapan nagari Pasia Laweh sebagai nagari konstitusi, melalui surat...

Mahasiswa KKN Unand Lakukan Pemasangan Lampu PJU Energu Surya di Lokasi Objek Wisata Panorama Balai Balai

Agam,BeritaSumbar.com,- Sebagai Karya Pengabdian Masyarakat , Mahasiswa KKN Unand Melakukan Pemasangan Lampu PJU Energi Surya Pada Objek Wisata “Panorama Balai Balai” di Jorong Salimpariak Nagari Padang Lua

Pengabdian TIM KUKERTA UNRI Nagari Kapau Lakukan Pendampingan Belajar Dengan Media Gameboard

Agam,BeritaSumbar.com,- Tim KUKERTA UNRI melakukan kegiatan pembelajaran dengan Media Gameboard pada jumat (6/8/2021) di Jorong Padang Canting, Kabupaten Agam , Sumatera Barat. Kegiatan ini menyasar siswa Sekolah Dasar ( SD ) yang berada dilingkungan sekitar.
- Advertisement -