Agam, BeritaSumbar.com– Keberadaan kader Gerakan Nagari Madani (GNM) di Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, sangat membantu untuk percepat capaian Nagari Madani di nagari itu.

Hal ini dijelaskan Wali Nagari Pakan Sinayan, Hendri Supatman Dt Kayo Nan Kuniang mengatakan, kader GNM sudah dibentuk Oktober 2018 dan telah diberikan pembekalan, dimana kader ini berjumlah 16 orang yang akan membumingkan gerakan Nagari Madani di tengah masyarakat.

“Sejak dibentuknya GNM, perkembangan Nagari Madani di Pakan Sinayan sudah terasa, perubahan dari waktu ke waktu semakin dirasakan,” ujar Hendri Supatman, saat dikonfirmasi via ponsel, Senin (12/11).

Lebih lanjut ia mengatakan, perkembangan yang sudah mulai terlihat, setiap magrib masjid dan musahalla sudah ramai oleh masyarakat yang melaksanakan shalat dan tadarus, bahkan shalat berjamaah lima waktu sudah meningkat.

Bidang budaya, adat dan kegiatan lainnya juga terus ditingkatkan, di mana hal ini juga termasuk diprioritaskan dalam membentuk masyarakat yang berperadaban di nagari itu.

“Dengan demikian, kita berharap melalui kader GNM dapat jadi mitra pemerintah nagari dalam mewujdkan 7 kriteria dan 45 indikator, yang tertuang dalam gerakan Nagari Madani, di Pakan Sinayan,” ujarnya.

Dan ia menjelaskan, program yang dilaksanakan GNM seperti merekrut kader disetiap jorong untuk memperluas jaringan dan mensosialisasikan ke seluruh masjid dan mushalla, yang diawali di Mushalla Al Wustha, Jorong tobo Ladang.

“Dalam 10 hari kedepan ini akan dilanjutkan ke jorong lain, respon masyarakat dengan gerakan Nagari Madani sangat tinggi, di mana anggaran untuk kegiatan ini tertuang dalam APB Nagari 2018,” ulasnya. (fadil)

loading...