28 C
Padang
Kamis, Mei 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Gempa Politik Guncang PDIP Di jawa Timur
G

Kategori -
- Advertisement -

Surabaya,BeritaSumbar – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jawa Timur (Jatim) mengalami prahara dan goncangan politik dengan beredarnya foto syur paha mulus dengan seorang wanita cantik di dalam foto tersebut terdapat nama calon Wakil Gubernur Azwar Anas.
Menyikapi hal ini, pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie menilai hal itu lumrah dan kerap terjadi dalam ajang pilkada.
“Memang serangan gempa politik vulkanik, terjadi di kubu PDI-P dan jelas ini merugikan mereka. Ini kan terjadi di injury time. Seandainya Azwar Anas mundur maka PDIP harus mencari solusi,” kata dia.
Dikatakannya selain proxy war juga tiga serangan dalam politik yaitu; tahta, harta dan wanita. “Dari ketiga ini yang paling berbahaya yakni, serangan lewat wanita. Kan ada tertulis, sehebat-hebatnya Simson, harus jatuh di tangan Delilah,” tuturnya.
Jika PDI-P masih ngotot mempertahankan Azwar tutur Jerry, maka imaging politik atau citra politik partai ini bakal merosot. Dan ini merupakan keuntungan bagi Khofiffah Indar Parawangsa.
Dalam dunia politik ekonomi ada istilah analisis SWOT (Strengthen, Weakness, Oppurtunity and Threat)
Setiap calon memiliki kekuatan dalam pertarungan politik yaitu mengenal lawan mereka, kelemahan baik itu strategi maupun lemah dalam isu politik, kesempatan untuk menang bahkan seperti apa ancaman apa yang harus dihadapi.
“Memang di beberapa daerah PDI-P bisa dibilang kalah start dengan Partai Golkar dan partai lain. Contoh, di Jawa Barat sampai kini mereka belum menentukan keputusan secara resmi siapa yang akan diusung. Padahal pendaftaran calon di KPUD tinggal menghitung hari. Dalam dunia politik dibutuhkan kecepatan dan ketepatan,” terang Jerry.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img