23 C
Padang
Minggu, Februari 28, 2021
Beritasumbar.com

Gelar Rakor Sekolah Sehat, Camat Payakumbuh Timur Minta Sekolah Tetap Terawat Selama Pandemi
G

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Meski proses belajar mengajar (PBM) ditiadakan akibat pandemic Virus Corona, kebersihan lingkungan sekolah harus tetap diperhatikan. Pihak sekolah tetap harus memelihara kebersihan dan keasrian sekolah agar prediket sebagai sekolah sehat bisa terus diraih dan dipertahankan.

Demikian salah satu amanat Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi. SN saat membuka Rapat Koordinasi Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) se Kecamatan Payakumbuh Timur pada Senin (16/11). Rakor berlangsung di aula kantor camat setempat.

Hadir pada kesempatan itu, 35 orang para kepala sekolah atau utusan sekolah se Kecamatan Payakumbuh Timur mulai dari jenjang TK/RA, SD, SLTP dan SLTA/ sederajat. Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh diwakili Kasi Ermawati selaku narasumber kegiatan serta pimpinan Puskesmas Air Tabit.

Dalam sambutan sekaligus arahan, Camat Payakumbuh Timur menjelaskan tujuan diadakan Rakor adalah guna membangun kembali kesadaran setiap penanggunjawab sekolah untuk senantiasa memelihara kondisi sekolah agar tetap terkategori sekolah sehat.

Rakor juga ditujukan untuk mengevaluasi capaian indikator sekolah sehat sekaligus menetapkan sekolah yang akan menjadi perwakilan kecamatan dalam lomba sekolah sehat (LSS) untuk tahun 2021.

“Kemarin, kami sempat turun mendampingi tim pembina sekolah sehat ke sebuah sekolah didaerah kita. Kami terkejut dengan penurunan kondisi lingkungan disana seperti tanaman yang menguning bahkan mati serta kondisi lingkungan yang kurang terawat. Apakah ini karena dampak tidak sekolah karena korona?”, tanya Camat Irwan.

“Nah, oleh karena itu, pada kesempatan ini kami minta bapak ibu kepala sekolah agar tetap memelihara kondisi lingkungan sekolah yang sudah baik sebelumnya. Jangan gara-gara korona, kita jadi ‘set back’ atau melangkah mundur. Sayangkan, kita sudah capek membina keasrian sekolah lalu tiba-tiba pudar hanya karena kurang perawatan akibat korona,” beber Camat Irwan kepada para kepala sekolah.

Sementara narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Ermawati menyoroti adanya sekolah yang tidak menyampaikan laporan kegiatan sekolah sehat. Dikatakan, laporan tersebut berguna untuk memetakan kondiai sekolah sekaligus menetapkan kebijakan bantuan yang akan diberikan untuk menuju kondisi sekolah sehat yang paripurna.

“Ada empat jenjang kriteria sekolah sehat yaitu dasar, standar, optimal dan paripurna sebagai tingkatan tertinggi. Setiap tingkatan ada kriteriannya. Nah melalui laporan periodik, maka kita bisa mengetahui sekaligus membenahi apa saja yang perlu diperbaiki terkait sekolah sehat disetiao sekolah kita,” ujar Ermawati.

Ermawati juga mengingatkan agar Tim Pembina kecamatan secara berkala turun ke sekolah-sekolah dan melakukan pembinaan untuk meminimalisir kekosongan data tersebut.

“Untuk tahun 2020 ini kami berharap tim kecamatan segera turun ke lapangan dan membagikan kuesioner terkait data sekolah sehat. Pihak sekolah silahkan mengisi kuesioner tersebut sesuai kondisi masing-masing. Jadi tidak ada istilah kekosongan data dari sekolah kita. Semua sekolah ada datanya,” ujarnya.

Dikatakan, sekolah sehat pada prinsipnya terfokus pada usaha bagaimana membuat sekolah tersebut memiliki kondisi lingkungan belajar yang normal (tidak sakit) baik secara jasmani maupun rohani.

“Sekolah sehat ditandai dengan situasi sekolah yang bersih, indah, tertib, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dalam kerangka mencapai kesejah­teraan lahir dan batin setiap warga sekolah,” pungkasnya.

Lomba sekolah sehat (LSS) sendiri rutin diadakan secara berjenjang  setiap tahun dari tingkat kota hingga nasional. Untuk tahun 2020 ada sejumlah sekolah di Kecamatan Payakumbuh Timur yang berhasil menjadi yang terbaik dan ikut berlomba di tingkat provinsi seperti SMPN 9 Payakumbuh, SMPN 3 Payakumbuh dan SMAN 1 Payakumbuh. Karena situasi pandemic, perlombaan tersebut urung dituntaskan. (rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

BANGKITKAN KESADARAN !

“Dunia pasti berobah dan Kiamat pasti kan terjadi juaKebangkitan dan keruntuhan sebuah bangsa pasti silih bergantiBegitu juga bergulir para penguasa, atas nama jabatan dan...
- Advertisement -

BNPT Angkat Novel ‘Si Doel Anak Jakarta’ Versi Original Jadi Webseries untuk Media Pendidikan Toleransi

Novel Si Doel Anak Jakarta versi original yang ditulis oleh Aman Datuk Madjoindo yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1932 akan dijadikan webseries oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pesan webseries tersebut lebih menitikberatkan pada kesalehan, jiwa sosial, dan toleransi anak-anak Betawi.

Dilantik Jadi Wako dan Wawako Bukittinggi, Erman Safar – Marfendi Minta Doa Masyarakat

Padang, beritasumbar.com -- Hari ini, Bukittinggi telah resmi memiliki wali kota dan wakil wali kota baru. Dilantik langsung Gubernur Sumbar, Erman Safar - Marfendi...
- Advertisement -

Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah Dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen

Dalam rangka percepatan pembangunan Sumatera Barat (Sumbar), hari pertama setelah serah terima jabatan, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Audy Joinaldi langsung menggelar rapat koordinasi dengan bupati dan walikota se-Sumbar, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (26/2/2021).

Kapolres Ajak Warga, Ikut Berikan Informasi Ilegal Logging maupun Karhutla.

Komitmen tegas disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK menindak lanjuti arahan dan intruksi dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam rangka mencegah serta meminimalisir kebakaran hutan, bencana alam dan ilegal logging.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...

6 Dari 7 Fraksi Setuju, Perda LP2B Disahkan DPRD dan Wali Kota Payakumbuh Dalam Rapat Paripurna

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna yang digelar secara daring antara DPRD dan Wali Kota Payakumbuh, Senin (22/2).

Ditemui Kepala BKKBN Provinsi Sumbar, Wako Riza Falepi Ajak Warga Sukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2021

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda, Kepala DP3AP2KB Kota Payakumbuh Syahnadel Khairi menerima kunjungan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Fatmawati didampingi Sekretaris Nova Dewita di Balai Kota, Kamis (18/2).

Tim Penilai Dari Provinsi Sambangi Dasawisma Melati 25 Padang Tinggi Piliang

Tim penilai Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sambangi Dasawisma Melati 25 Kelurahan Padang Tinggi Piliang yang merupakan wakil Kota Payakumbuh untuk lomba Dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumbar yang akan bersaing memperebutkan posisi pertama dengan lima dasawisma lainnya di Sumbar.

Erwin Yunaz Pimpin Goro Pengamanan Tebing Di Tepian Batang Lamposi

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz turun ke lapangan melakukan gotong royong bersama warga membenahi aliran Batang Lamposi di Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Kamis (18/2).

Irvan Firdaus Lantik 31 Dokter Cilik

Dengan memakai baju putih-putih khas seorang dokter, 31 dokter cilik di SDN 13 Payakumbuh dilantik oleh Kepala Puskesmas Padang Karambia Irvan Firdaus, di Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang (Sapaku) Kamis (18/2).

Muskot 1 ESI Payakumbuh, Wujudkan Hobi Bermain Game Sebagai Prestasi, Prestasi Menjadi Profesi

Dengan tema "Mewujudkan Hobi menjadi prestasi dan prestasi sebagai profesi", Musyawarah Kota 1 Electronic Sport Indonesia (ESI) digelar di Kantor KONI Kota Payakumbuh, Kamis (18/2).

Palyuri, Pria Tuna Rungu Ini Simpan Uang Dalam Karung di Tumpukan Pakaian

Sosok pria bisu alias biok ini tidak asing bagi warga Kota Payakumbuh. kemana mana saban hari Biok yang bernama asli Palyuri ini selalu jalan kaki. Dan sering membantu warga yang sedang pesta membersihkan piring kotor.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...
- Advertisement -