24 C
Padang
Kamis, Mei 13, 2021
Beritasumbar.com

Menanam Bunga Krokot, Hobi Membawa Berkah Ditengah Pandemi Covid-19
M

Kategori -

Padang,BeritaSumbar.com,- Di masa pandemi Covid-19, banyak orang yang boring akan keadaan yang tak lazimnya seperti saat ini, hanya berdiam dan hampir semua aktivitas dilakukan di rumah. Mulai dari kegiatan kantor, sekolah daring, kuliah daring, bahkan hampirnya itu abis layar laptop atau hp setiap harinya. Keadaan ini dirasakan juga oleh salah satu ibu rumah tangga yang merangkap sebagai mahasiswa program Doktor dan dosen di salah satu perguruan tinggi ternama Sumatera Barat.

Panggil saja namanya bu Silvi. Wonder woman satu ini tidak mau larut dalam keadaan pandemi covid-19 ini. Berawal dari hobi menanam bunga dan memiliki background pertanian, tiba-tiba hobi itu berubah menjadi bisnis di masa pandemic covid-19 ini.

Kali ini saya, jatuh cinta dengan Bunga Krokot yang dikenal dengan sebutan bunga “Pukul Sembilan atau Rose Moss (Portulaca grandiflora)”. Bunga krokot atau bunga pukul Sembilan mempunyai bentuk dan warna yang sangat cantik. Beraneka ragam warna dari bunga krokot ini, seperti merah, putih, pink, kuning, salam, orange, dan lain-lain. Selain itu, karena ukurannya yang kecil dan tidak membutuhkan perawatan ekstra, sehingga sangat cocok dijadikan pilihan bagi anda yang ingin mempercantik pekarangan rumah.

Berikut adalah klasifikasi bunga krokot :

Kingdom (Dunia/Kerajaan)     : Plantae (Tumbuhan)

Divisi (Pembagian)                  : Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga)

Class (Kelas)                            : Magnoliopsida (Berkeping dua/dikotil)

Ordo (Bangsa)                        : Caryophyllales

Famili (Suku)                           : Portulacaceae

Genus (Marga)                        : Portulaca

Spesies (Jenis)                         :Portulaca oleracea L.           

Tumbuhan semusim ini dapat tumbuh antara 15 cm – 30 cm dengan batang basah dan sering bercabang mulai dari pangkal, batangnya tumbuh tegak atau sebagian terletak di permukaan tanah.Tanaman ini dipelihara sebagai tanaman pinggir di taman-taman, dan terdapat dari dataran rendah sampai 1.400 m di atas permukaan laut. Daunnya tunggal, tebal berdaging, berbentuk bulat silindris dengan panjang 1 – 3,5 meter berujung tumpul, sedangkan bunganya berkelompok 2 – 8 di ujung batang, mekar pada pagi hari dan layu menjelang sore, warna bunganya merah, putih, oranye atau kuning. Perbanyakan umumnya secara vegetative, karena karena bunganya jarang tumbuh menjadi buah serta menghasilkan biji. Beberapa kultivar menghasilkan biji dan berbagai kultivar baru dihasilkan dari persilangan-persilangan yang dilakukan terhadapnya.

Di Indonesia, khususnya Sumatera Barat jenis bunga ini belum begitu popular, banyak masyarakat awam yang bahkan belum pernah mendengar nama bunga krokot/bunga pukul Sembilan. Padahal dalam keseharian, mereka pernah melihat bunga ini sebelumnya. Di kampung-kampung atau desa, bunga krokot/rose moss ini bisa ditemukan tumbuh liar, bahkan sering dianggap gulma atau tanaman liar.

Namun di tangan ibu ini, bunga krokot ini menjadi berkah tersendiri di masa pandemic covid-19 ini. Kegiatan yang biasanya hanya bermain bersama anak-anaknya di pantai purus padang setap hari minggu, sekarang bisa sekalian dimanfaatkan untuk berjualan (bisnis) bunga krokot yang cantik-cantik ini. Harga yang ditawarkan pun murah meriah, hanya dibandrol mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 30.000,-. Bagi saya pribadi, bukan untung yang besar saya cari, tetapi berjualan bunga itu merupakan salah satu kegiatan refreshing keluarga di masa pandemi ini. Biasanya hasil jual bunga krokot itu saya berikan ke anak-anak untuk menambah isi celengan anak-anak. Tidak ada rasa malu terlintas di kepala, karena kegiatan yang saya lakukan itu halal. Ibarat pepatah: “sekali dayung, dua pulau terlampau”, ujar ibu Silvi.

Selain itu, moment ini bagi bu Silvi juga merupakan ajang pembuktian teori yang diajarkan ke mahasiswanya. Mulai dari menyediakan media, hingga praktek kewirausahaannya. Jadi, tidak hanya sekedar mengajarkan teori perkuliahan via daring di masa pandemi covid-19 ini. Sehingga mahasiswanya bisa lebih semangat untuk praktek bertanam di rumah masing-masing.

Tidak hanya, bunga krokot yang dijual, tetapi juga ada beberapa bunga cantik lainnya seperti bunga mawar, bunga melati, bunga lidah mertua, hingga jahe merah.

Protret salah satu dosen pertanian di Pantai Purus Padang dalam mempraktekkan teori yang diajarkan ke mahasiswanya, mulai dari cara budidaya hingga bisnis kewirausahaan

Selain karena warnanya yang cantik-cantik, alasan lain saya menyukai bunga krokot ini karena manfaatnya bagi kesehatan. Hal tersebut dikarenakan tanaman ini mengandung beberapa zat seperti: omega-3, magnesium, mangan, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, betacyanin, betanin sehingga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti: sakit tenggorokan, memar, radang kulit, disentri, ambeien, diare, penurunan berat badan, penyakit lambung dan usus, mencegah stroke dan serangan jantung, menjaga kesehatan mata, dan menghambat pertumbuhan tumor dan anti kanker.

Oke sahabat, itulah serba-serbi mengenai beberapa bunga krokot/pukul sembilan. Semoga bisa menambah wawasan dan menginspirasimu untuk menghias rumah dengan si cantik krokot ini.

Oleh: Silvia Permata Sari, SP., MP.
Dosen Fakultas Pertanian Universitas Andalas

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wawako Bukittinggi Marfendi Kunjungi Komplek PeWI di Ngarai

Bukittinggi, beritasumbar.com - Usai shalat tarawih dan berceramah di masjid, Wakil Wali Kota (Wawako) Bukittinggi, Marfendi, ditengah kesibukannya, masih sempatkan diri bersilaturrahmi mengunjungi masyarakat....
- Advertisement -

Masih Zona Orange, Pemkab Sijunjung Tidak Fasilitasi Shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Pemerintah Kabupaten Sijunjung tidak akan memfasilitasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri karena daerah tersebut masuk zona orange dalam kasus Covid-19. Bupati Sijunjung Beny Dwifa...

Tim KRYD Polres Dan Tim 7 Pemko Payakumbuh Lebih Intensif Dalam Razia Yustisi Prokes Dan Pelanggaran Perda Lainnya

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pada minggu terakhir bulan ramadhan 1442 H tahun ini, Tim Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) merupakan Tim khusus yang dibentuk polres yang personilnya gabungan dari beberapa satuan kerja di Polres Payakumbuh. Dalam pelaksanaan operasi yustisi penegakan hukum protokol kesehatan, tim ini bekerja sama dengan Satpol PP payakumbuh.
- Advertisement -

Tim Satgas Covid Kota Payakumbuh Lakukan Monitoring Ke Posko Tingkat Kelurahan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dalam rangka penanganan dan pengendalian Covid-19 di Payakumbuh, Tim Satgas Covid-19 yang tergabung kedalam tujuh kelompok melakukan monitoring ke Posko PPKM mikro di tingkat kelurahan, Selasa (11/05).

Program Rumah Sakit Peduli Dari RSUD Sijunjung Direspon Positif Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Program Rumah Sakit Peduli yang diluncurkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung mendapat respon positif dari masyarakat sekitarnya, yang mana kepedulian para...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Azwar Siri Ketum LPPKI Mengecam Tindakan Oknum Debt Colektor yang Melakukan Upaya Paksa

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) melalui Ketua Umumnya Azwar Siri.SH mengecam tindakan oknum puluhan Debt Colektor yang mengepung anggota TNI AD Serda Nurhadi anggota Babinsa Semper Timur Kodim 0502 Jakut yang sedang membantu warga nyetir mobil di Tol Koja Barat Jakut pada hari kamis 6 Mei 2021 sebagaimana video yang viral dan beredar luas dikalangan medsos. Hal tersebut disampaikannya saat berbincang-bincang dengan awak media di Kantor Advokatnya di Padang Sumatera Barat pada Minggu 9/5/2021.

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Terkait Akad Kontrak Kerja Di Universitas Muhammadiyah Sumbar, Komunitas Amar Ma’ruf Nahi Mungkar Layangkan Petisi

Sesuai dengan khittahnya, Muhammadiyah sebagai Persyarikatan memilih dan menempatkan diri sebagai Gerakan Islam amar-ma'ruf nahi mungkar dalam masyarakat, dengan maksud yang terutama ialah membentuk keluarga dan masyarakat sejahtera sesuai dengan Dakwah Jamaah.

Pertemuan Pengurus KMDM dan Pengurus Koperasi Kopertis X tentang Minimarket Digital

Padang,BeritaSumbar.com,-Selasa, 4 Mei 2021, Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM) yang berkantor di Jl. Sungai Balang, Cupak Tangah, Pauh, Padang, mendapat kunjungan dari Pengurus Koperasi Kopertis X yang berkantor di Jl. Khatib Sulaiman Gunung Pangilun, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, 25173.

Kunjungi Tiga Kementerian, Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi Ingin Percepatan Pembangunan di Sumbar

Jakarta,BeritaSumbar.com,- Kunjungan kerja Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi yang didampingi oleh tujuh orang kepala OPD Provinsi Sumatera Barat ke Jakarta, Selasa (4/5) diisi pertemuan dengan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju

Gustami Hidayat, terpilih secara aklamasi dalam Musprov PTMSI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gustami Hidayat terpilih memimpin PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) Sumatera Barat Periode 2021-2025 pada hari rabu, 4 Mei 2021 di Aula Gubernur Sumbar. Dalam Musyawarah Provinsi ini turut hadir perwakilan PB PTMSI dn Koni Sumbar serta pengcab kabupaten/kota.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Musda BKPRMI Kota Padang,Galuh Febryan Putra Terpilih sebagai ketua DPD BKPRMI Kota Padang

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) kota Padang menggelar Musda . Musda dilaksanakan di Aula Masjid Agung Nurul Iman (02/5/2021) dengan agenda pemilihan ketua DPD BKPRMI Periode 2021-2025 Terpilihnya Galuh Febryan Putra menjadi ketua dan Hendri Gunawan sebagai Sekretaris DPD BKPRMI Kota Padang.

Gercep PK IMM Kasman singodimedjo Berbagi Sembako

Padang BeritaSumbar.com,- Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IKM) Kasan Singodimedjo berbagi sembako kepada masyarakat kurang mampu di Kota Padang pada Minggu 2/5. Kegiatan ini diadakan sehari usai melakukan santunan yatim di panti asuhan Aisiyah Lubuk Begalung.

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...
- Advertisement -