30 C
Padang
Senin, April 19, 2021
Beritasumbar.com

Gandeng Satres Narkoba, Kepala Rutan Sawahlunto Razia Narkoba di Sel Tahanan
G

Kategori -

Sawahlunto,BeritaSumbar.com, – Sebanyak 86 warga binaan yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B kota Sawahlunto, 3 diantaranya perempuan, diperiksa satu persatu. Bahkan, usai diperika seluruh ruang tahanan pun digeledah oleh petugas Rutan di bawah komando Subhan Malik, Selasa 6/4).

Menurut Kepala Rumah Tahanan Sawahlunto, Subhan Malik, Penggeledahan tersebut merupakan intruksi dari Dirjen untuk mengantisipasi peredaran Narkoba di lingkungan Rutan, dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan tahun 2021 ini.

Dalam pemeriksaan dan penggeledahan tersebut, pihaknya  menggandeng aparat hukum, dalam hal ini Satres Narkoba Polres Sawahlunto yang langsung dipimpin Kasat Narkoba, AKP. Syamsurijal.

“Razia ini bertujuan untuk mengantisipasi peredaran Narkoba di lingkungan Rutan, sebagaimana kita ketahui bahwa di sejumlah Rutan kerap terjadi peredaran Narkoba. Sesuai dengan intruksi dari Pak Dirjen, hari ini dilaksanakan serentak di seluruh Rutan dan Lapas yang ada di Sumatera Barat,” ungkapnya.

Razia ini, imbuh Subhan Malik, termasuk  rangkaian kegiatan jelang peringatan hari Bhakti Kemasyarakatan yang jatuh pada tanggal 27 April ini, dan nantinya akan ada bakti social.

” Dalam razia ini kita melakukan pemeriksaan dibagian dalam sel dan membongkar barang-barang milik Napi yang dimungkinkan dapat untuk menyimpan barang haram,” jelasnya.

Selain melakukan razia, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan tes urine oleh Satres Narkoba yang dipilih secara acak pada 5 orang, dari 15 tahanan khusus Narkoba yang ada di rutan ini.

“Alhamdulillah, dari  hasil penggeledahan yang dilakukan tidak ditemukan adanya Narkoba. Dan dari 5 orang yang di tes urine, hasilnya juga negative,” ungkap Subhan.

Menanggapi pertanyaan awak media terkait kemungkiunan adanya oknum pegawai Rutan yang turut “bermain” Narkoba, Subhan Malik menegaskan bahwa siapapun anggota dalam jajarannya yang coba-coba bermain Narkoba, baik dalam rutan maupun di luar tugas, maka sanksinya adalah pecat.

“Kita tidak main-main, siapapun yang terlibat pada peredaran narkoba, maka tidak ada ampun dan akan langsung di pecat,” tandasnya.

Sementara Kasat Narkoba Polres sawahlunto, AKP. Syamsurijal mengatakan, sesuai perintah Kapolres AKBP. Junaidi Nur,  pihaknya menerjunkan 30 personel yang terbagi menjadi 3 bagian.

“Bagian pertama, melakukan pengamanan di luar rutan. Seterusnya, pengamanan di dalam rutan dan langsung terjun ke dalam sel rutan untuk melakukan razia Narkoba,” terangnya.

Khusus untuk sel perempuan, imbuh Syamsurijal, dilaksanakan oleh Polwan. Dan dari pemeriksaan tidak ditemukan Narkoba.

“Kita tidak menemukan barang-barang jenis Narkotika, tetapi hanya menemukan beberapa barang-barang milik warga binaan seperti mancis yang kita amankan, dan alat pencukur.,” paparnya.

Kepada pihak Rutan, ia juga menyarankan agar tidak membiarkan para Napi menyimpan mancis, karena nanti bisa memicu pembakaran di dalam sel bila terjadi kegaduhan. (ap)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.
- Advertisement -

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).
- Advertisement -

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....

Menuju Zona Integritas, Rutan Sawahlunto Terus Genjot Pelayanan

Sawahlunto,BeritaSumbar.com,- Rutan Kelas IIB kota Sawahlunto terus membuktikan komitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada warga binaan mereka. Hal tersebut dibuktikan dengan dilaksanakannya renovasi di Lapas tersebut di tahun 2021 ini, dengan menggunakan anggaran perawatan sumber anggaran DIPA Tahun 2021.

Kukuhkan Pengurus Lokal Orari, Wako Sawahlunto: Solusi Sulitnya Jaringan Telekomunikasi

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta mengukuhkan pengurus lokal Organisasi Radio Amatir (Orari) Sawahlunto Sijunjung, Camping Ground Kandi, Minggu (14/3). Walikota berjanji akan membantu...

Rezka Oktoberia Lantik Ketua Unit Kerja Srikandi PP Se Kota Sawahlunto

Ketua Unit Kerja Srikandi Pemuda Pancasila Sawahlunto dilantik pada Minggu 24/01 kemaren. Menariknya, yang melantik lansung ketua DPW Srikandi PP Sumbar. Hal ini merupakan pertama di SumbarPelantikan Unit Kerja Kecamatan Srikandi PP Dilantik lansung ketua DPW.

Promosikan Wisata Di Kota Tambang, Rezka Oktoberia Gelar Sepeda Sehat Explore Sawahlunto

Ikut promosikan wisata sehat di kota Sawahlunto, Rezka Oktoberia Ketua Srikandi Pemuda Pancasila Sumbar bekerja sama dengan Rebana Foundation menggelar event Sepeda Sehat Explore Wisata Sawahlunto pada Minggu (24/01/2021) pagi.

Puncak Cemara Sawahlunto Pukau Decak Kagum Bundo Kanduang Sumbar Rezka Oktoberia

Anggota DPR-RI dari fraksi Demokrat dari daerah pemilihan Sumatera Barat Rezka Oktoberia didampingi Putri Yoan Clara Teken, kembali melanjutkan silaturrahmi ke kota tambang penuh sejarah Sawahlunto, Sumatera Barat, Sabtu (23/1).

6 Siswa MTsN 2 Terima Penghargaan Internasional Di HAB Ke 75 Sawahlunto

Upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama tingkat Kota Sawahlunto digelar terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan, Selasa (5/1).

Sawahlunto Terima Penghargaan Kota Sangat inovatif

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menilai Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto berhasil melakukan inovasi dalam mengelola pemerintahan. Untuk itu, Kemendagri memberikan 'kado' yakni predikat Kota Sangat Inovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 sebagai apresiasi pada inovasi - inovasi di Pemko Sawahlunto.

Sawahlunto Tuan Rumah Kejurda Panjat Tebing Tingkat Sumbar 2020

Kejuaraan Daerah (Kejurda) Panjat Tebing Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2020, berlangsung di Kota Sawahlunto pada Sabtu dan Minggu (12 -13 Desember 2020). Kejurda ini untuk kelompok umur pemula (anak – anak dan remaja) ini diikuti oleh lebih dari 100 orang atlit.

Indra Yosef Dikukuhkan Sebagai Ketua PWI Sawahlunto

Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sawahlunto periode 2020 – 2023 dikukuhkan pada Sabtu, 12 Desember 2020 kemaren di GPK Sawahlunto. Ketua PWI Sawahlunto yang baru ini Indra Yosef bersama jajaran pengurusnya dikukuhkan langsung oleh Ketua PWI Provinsi Sumbar Heranof Firdaus, juga disaksikan oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, Wakil Walikota Zohirin Sayuti serta Ketua DPRD Ny. Eka Wahyu Ismed.
- Advertisement -