29.4 C
Padang
Minggu, Juni 20, 2021
Beritasumbar.com

Gadis Danau Kembar Rilis Buku Fiksi ‘Senja di Ujung Hati Mahya’
G

Kategori -

BeritaSumbar.com – PADANG – Vivi Afri Oviani yang bernama pena Afriani Vie, asal Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, merilis buku fiksi yang berjudul ‘Senja di Ujung Hati Mahya’ pada hari Kamis, 20 Oktober 2016. Buku ini dieditori oleh Denni Meilizon, penerima Anugerah Literasi Minangkabau 2016.

Afriani Vie yang lahir di Simpang Tanjung Nan IV, Danau Kembar, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat pada 12 April 1992 ini, bukunya diproduksi oleh penerbit Pena House, Blora, Jawa Tengah, berisi kumpulan cerpen yang sebagian kisah ditulisnya sejak tahun 2006, namun sebagian besarnya ditulis setelah tahun 2010.

“Buku perdana Vi ini bertema roman, pengorbanan, dan kesedihan. Banyak tema lain yang disajikan dalam buku Vi ini, untuk membuktikan bahwa kita bisa menulis tentang apa saja. Kritikan dibuka pada buku Vi ini dan Vi akan mempertanggungjawabkannya. Buku ini adalah impian yang menjadi nyata, yang sudah sangat lama Vi harapkan terwujudnya,” kata Afriani Vie, anak dari pasangan Gafuni (alm) dan Zainab, ketika kami wawancarai, 20/10/2016.

Sekarang, Afriani Vie beraktivitas sebagai Staf Tata Usaha di MTS Diniyyah Puteri Padang Panjang, setelah menamatkan kuliah strata satunya pada Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Padang (UNP). Dan pada saat ini Afriani Vie juga menjabat sebagai Wakil Koordinator Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Unit UNP.

“Kak Vivi orangnya introvert, pemalu. Tapi tulisan-tulisannya selalu melebihi pandangan orang lain terhadap dirinya, yang menjangkau dari kepribadiannya itu. Tulisan-tulisannya enak di baca, dan bisa bikin kita baper sendiri. He he,” kata Arif Afsyah, Koordinator FAM Indonesia Unit UNP, yang juga adalah artis penyanyi yang lagunya dipasarkan oleh IslamicTunes, Malaysia.

Menggeluti dunia kepenulisan, Afriani Vie pernah meraih juara II Lomba Menulis Puisi antar FAM Unit UNP dan juga pernah Juara III dalam Lomba Menulis Cerpen Tingkat Nasional yang diadakan oleh Forum Studi Dinamika Islam (FSDI) UNP. Sebagai gadis asal Danau Kembar, Afriani Vie juga ikut memikirkan tentang eksplorasi wisata serta kekayaan Sumber Daya Alam lainnya yang dimilki kampung halamannya, Danau Kembar.

“Pelannya perkembangan parawisata di Danau Kembar bisa saja karena kerasnya prinsip orang-orang di kampung Vi, yang belum mau berpikiran maju, dan ketakutan kalau tempat wisatanya akan dikuasai non pribumi. Mereka takut berdampak pada pendapatan mereka. Namun pada sisi lain, mereka juga ingin mempertahankan kelestarian alam mereka,” kata Afriani Vie, yang juga punya bakat membuat cinderamata dan penganan ringan.

Afriani Vie berpendapat, jika masyarakat Danau Kembar, khususnya di daerah Danau di Atas dan Danau di Bawah mau bekerjasama dengan Pemerintah, mungkin pariwisata di sana akan jadi lebih baik lagi, demi menarik pengunjung baik wisatawan domestik maupun dari Mancanegara. Tentu ini akan berimbas pada kenaikan pendapatan mereka nantinya. Kemajuan di suatu daerah tentu hasil sinergi yang baik antara masyarakat dengan Pemerintahnya.

“Selain objek wisata danau, di sepanjang jalan dari Padang menuju Danau Kembar di kaki Gunung Talang ada hamparan luas kebun teh yang berbukit-bukit. Dan potensi lain yang dimiliki oleh kecamatan Danau Kembar ini juga ada agrowisata yang dibuat oleh masyarakat di Kanagarian tersebut. Pada agrowisata ini, kita akan menjumpai berbagai jenis tanaman dan sayuran,” kata Afriani Vie yang juga adalah guru pendamping bagi para siswa Kelas Menulis ‘Tanda Baca’ (binaan Forum Aktif Menulis Indonesia) di kaki Gunung Singgalang, Kota Padang Panjang, yang digelar setiap hari Minggu sore.

Lebih rinci Afriani Vie menjelaskan, jenis tanaman yang ada dibudidayakan di sana adalah kol (lobak), strawberry, aneka sayuran khas daerah dataran tinggi, beberapa pohon terung, pohon jeruk (limau). Meski tidak banyak, tapi cukup beragam. Namun sayangnya, karena pengelolaan yang kurang serius, akhir-akhir ini agrowisata tersebut seperti mati suri. Kebun-kebun itu ditumbuhi rumput, karena tidak terawat lagi.

“Di sekitar Danau di Atas dan Danau di Bawah tersebut, masih banyak tempat yang bisa kita eksplorasi untuk menjadi tempat tujuan wisata yang kini masih terjaga keasriannya. Ini sangat membutuhkan kerjasama antara masyarakat dengan Pemerintah,” kata Afriani Vie berharapan.

Lewat rilis buku perdananya ‘Senja di Ujung Hati Mahya’, Afriani Vie juga mengingatkan, agar masyarakat tidak selalu mengutamakan pendapatan daripada kesehatan mereka sendiri. Jangan sampai petani sayur tidak mengonsumsi sayuran. Dan ke depannya semoga masyarakat di Danau Kembar lebih perhatian terhadap pendidikan.

Bagi para pembeli buku ‘Senja di Ujung Hati Mahya’ karya Afriani Vie ini, telah disediakannya bonus cinderamata berupa gantungan kunci buatan Afriani Vie. (Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dampaknya terasa di berbagai sektor perekonomian. Seperti industri pariwisata, angka kunjungan wisata yang merosot tajam sangat mempengaruhi penghidupan para pelakunya, terutama bagi masyarakat kecil yang ikut membangun usaha dari sektor tersebut. Kondisi ini jadi bahasan utama bagi Sales Pejuang Revenue Indonesia (SPRI) saat menggelar Halal Bihalal pada Jumat, 11 Juni 2021 di Ballroom Hotel Aryaduta - Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.
- Advertisement -

Komisi II DPRD Sijunjung Kunjungi Nagari Batu Manjulur

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Komisi ll DPRD Kabupaten Sijunjung melakukan kunjungan kerja ke Nagari Batu Manjulur kecamatan Kupitan dipimpin Yusnidarti Fraksi Golkar, Efrinedi Nangkodo fraksi Nasdem, Amlasta Boy Fraksi PKB dan Redi Susilo Fraksi Demokrat, dan didampingi Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung Sarwo Edi pada Kamis (17/6)

Kakanwil Hadiri Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021 oleh Kakankemenag Padang Panjang

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kementerian Agama Kota Padang Panjang Sosialisasi KMA Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriyyah dipimpin langsung Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama Kasi PHU Endang Sriyani dan jajarannya di Masjid Taqwa Kauman Muhammadiyah Kota Padang Panjang, Kamis (14/06/2021)
- Advertisement -

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

13 Pelaku Usaha Di Kota Payakumbuh Terima Sertifikat Halal

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Penyerahan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI yang diserahkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh Ramza Husmen kepada 13 pelaku usaha pangan di Kota Payakumbuh disaksikan oleh Kadis Nakerin Kota Payakumbuh diwakili Sekretaris Dinas Andiko Jumarel dan Ketua MUI Kota Payakumbuh Mismardi di Mushala Baiturahman Kelurahan Sawah Padang Aua Kuniang, Jumat (18/6).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Pimpin Apel Sinergi Dua Lembaga, TNI-Polri Siap Ciptakan Kamtibmas di Wilayah Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan memimpin Apel Sinergitas TNI-POLRI, Kodim 0310 SSD dan Polres Sijunjung, di Mapolres Sijunjung, Kamis (27/5). Ia mengatakan dalam...

Kemendikbud Ristek Puji Inovasi Sekolah Padang Panjang pada Masa Pandemi

Padang Panjang, beritasumbar.com - Masa pandemi Covid-19 justru mendorong lahirnya berbagai inovasi dan kreativitas di sejumlah sekolah di Kota Padang Panjang.  Proses belajar mengajar berbasis digital...

Kampung Adat Terpopuler Versi API Itu Berasal Dari Kabupaten Limapuluh Kota

Labuan Bajo, beritasumbar.com - Kementerian Pariwisata RI anugerahkan Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) dengan Anugerah  Pesona Indonesia (API) tahun 2020 yakni juara dua kategori Kampung...

KPU Apresiasi Kerja Nova Indra Sebagai Penyelenggara Pemilu

Padang Panjang, beritasumbar.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengapresiasi kerja Komisioner KPU Sumbar Almarhum Nova Indra sebagai penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu). Anggota KPU...
- Advertisement -