24 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

FPL Pasaman Barat Gelar Workshop Peningkatan Pemahaman Literasi
F

Pasaman Barat, beritasumbar.com– Untuk mencegah deviasi pemahaman masyarakat pada literasi, Forum Pegiat Literasi (FPL) Pasaman Barat menggelar Workshop Peningkatan Kapasitas Pegiat Literasi Pasaman Barat, pada Sabtu 13 Maret 2021 di salah satu cafe & resto di Kabupaten Pasaman Barat.

Workshop tersebut baru pertama kalinya diadakan oleh FPL Pasaman Barat, beberapa tokoh tampil menjadi narasumbernya, yaitu: Denni Meilizon (FPL Pasaman Barat), Joel Pasbar (Novelis), Surya (Ketua Pandah ArtGreen Maligi), Dasril B. (Plt. Wali Nagari Sinuruik), Ida Yanti (Pengelola Pustaka Nagari Desa Baru Ranah Batahan), Roby Zr (Penggerak Geopark Talamau), Eko Darmawan (Pegiat Wisata Pasbar), dan Decky H. Sahputra (Ketua KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat / KKPB). Acara yang dimoderatori oleh Sulas Sky dan Idris Hamzah tersebut diikuti oleh 25 peserta dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi.

Muhammad Q. Abdan Sholihan, selaku Ketua Panitia kegiatan tersebut saat kami wawancarai pada saat acara berlangsung mengatakan, penyelenggaraan kegiatan workshop peningkatan kapasitas tersebut bagi para anggota FPL Pasaman Barat terasa sudah perlu dilakukan, karena perkembangan gerakan dan kuatnya keinginan FPL Pasaman Barat untuk ikut masuk dan berkegiatan dalam pemajuan literasi di Pasaman Barat.

“Beberapa bulan ini kita memang melakukan sosialisasi dan rekrutmen calon pegiat baru. Lokus gerakan FPL Pasaman Barat kian luas dan kian diperhitungkan. Sebab itu, sesuai pembicaraan internal, diusulkanlah penyelenggaraan kegiatan ini,” kata Muhammad Q. Abdan Sholihan, Aktivis Mahasiswa Pasaman Barat yang sering berkolaborasi dengan elemen milenial di Pasaman Barat. 

Ketua FPL Pasaman Barat, Denni Meilizon saat tampil jadi narasumber di Workshop Peningkatan Kapasitas Pegiat Literasi Pasaman Barat, Sabtu 13 Maret 2021. (Dok. Istimewa)

Denni Meilizon, Ketua FPL Pasaman Barat saat memaparkan materinya sebagai Narasumber mengatakan, workshop tersebut diadakan untuk berbagi pengalaman dalam berbagai bidang literasi, karena masih banyak masyarakat yang belum memahami konsep literasi, sehingga timbul persepsi bahwa literasi itu identik dengan kegiatan membaca saja, padahal literasi memiliki makna yang luas. 

“Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan  individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa,” kata Denni Meilizon.

Decky H. Sahputra, Ketua KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat / KKPB saat tampil pada workshop tersebut mengajak para pegiat literasi untuk memanfaatkan bahan narasi yang melimpah yang tersedia di Pasaman Barat.

“Kekayaan budaya, kepingan sejarah, dan adat tradisi beragam masyarakat yang heterogen di Pasaman Barat menanti untuk kita tulis dan menjadi kebanggaan kepada dunia,” kata Decky H. Sahputra.

Sementara itu, Sastrawan Pasaman Barat, Joel Pasbar saat tampil pada sesi ‘Menulis itu Mudah’ memaparkan bagaimana langkah-langkah untuk menjadi seorang penulis.

“Tidak terlalu sulit sebenarnya untuk menulis. Sangat tergantung pada kemauan pribadi, mau atau tidak,” kata Joel Pasbar, yang baru saja merilis novel ‘Terpijak Tanah Rantau’.

Dasril B., S.Pd, Plt. Wali Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau, yang getol menggaungkan ajakan bertagar #TerusBergerak (yang kemudian dipakai sebagai slogan FPL Pasaman Barat) pada workshop tersebut didapuk menyampaikan paparan konsep ‘Membangun Nagari dengan Cinta’. Dasril B. dengan semangat menularkan proses kerja baik, mengembangkan Nagari Sinuruik, dari daerah tidak terpetakan menjadi nagari yang indah, lestari dan diperhitungkan hingga tingkat nasional.

Dasril B. adalah anggota relawan literasi gelombang pertama Kantor Pustaka dan Arsip Pasaman Barat (sekarang Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pasaman Barat) yang dibentuk beberapa tahun silam, ia mengatakan bahwa semua itu merupakan impact dari pemahaman manfaat literasi yang kemudian diterapkan dengan terencana dan terukur. 

“Sekarang di rumah kediaman kami, bersama istri yang guru Sastra dan Bahasa Indonesia, kami membangun pondok pustaka dan literasi yang kini sudah dimanfaatkan oleh anak-anak di sekitarnya untuk berlatih menulis puisi. Kenapa puisi? Sebab saya percaya dengan mendalami puisi, anak-anak dapat terbentuk kepekaan jiwanya, memahami kehidupan sampai ke kedalaman filosofisnya,” kata Dasril B. 

Surya yang berasal dari Maligi, sebuah daerah pantai di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, memaparkan gerakan literasi berkonsep penjagaan alam.

“Alam, yakni hutan dengan flora dan faunanya, gunung dan perbukitan, laut dan biota di dalamnya adalah ‘kakak kandung tua’ manusia. Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak melestarikannya dengan menjaga dan memahami tabiat dan kebutuhannya,” kata Surya, Pemuda Pelopor Sumatra Barat tahun 2019.

Pada kesempatan yang sama, melengkapi materi yang disampaikan oleh Surya, Robby selaku Ketua Harian Percepatan Geopark Talamau menyosialisasikan tentang Geopark Talamau dan pentingnya dukungan pegiat literasi sebagai bagian penguatan pilar culture diversity. 

Ida Yanti Pengelola Pustaka Nagari Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan tampil pada sesi terakhir, ia berbagi suka duka pengelolaan pustaka nagari.

Acara Workshop Peningkatan Kapasitas Pegiat Literasi Pasaman Barat dimeriahkan oleh Alya Aqeela Al-Humaira, Siswi kelas VII SMP IT Alkahfi – Pasaman Barat, ia tampil membacakan puisi berjudul ‘Odong-Odong Fort de Kock’ karya Deddy Arsya, Penyair asal Sumatera Barat. Sebagai konsumsi, hadirin disajikan Kacang Randang Talu dan Kipang Maligi, dua kuliner tradisi Pasaman Barat. 

“Mari terus bergerak menyebarkan virus baik literasi, terutama di Pasaman Barat, Negeri Mekar Tuah Basamo ini,” kata Denni Meilizon. (Laporan Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Padang Panjang PPKM Level 3, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Forkopimda

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Kota Padang Panjang sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2021 tanggal 25 Juli 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kota Padang Panjang, Selasa (27/07/2021)

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...
- Advertisement -