26.1 C
Padang
Jumat, Oktober 22, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Filosofi Lidi
F

Kategori -
- Advertisement -

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Kenapa yang dikupas bagian lidi bukan akar atau buah atau bagian lainnya ? adalah karena lidi siklus perjalan hidup lidi yang pernah menempati posisi paling tinggi pada pohon kelapa, yaitu ketika masih menjadi bagian dari pucuk daun kelapa. Dengan segala manfaat dan fungsinya sebagai bagian dari pohon kelapa waktu berada paling tinggi lalu turun agak kebawah dan posisi tertingginya digantikan oleh pucuk yang baru tumbuh. Kemudian akhirnya sang lidi turun ke bawah yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai sapu lidi, sebagai tusuk gigi, penyemat bungkusan daun, tusuk sate dan lain sebagainya.

Coba bandingkan dengan beberapa orang di negeri ini yang begitu turun dari posisi atau jabatan langsung sakit hati dan berubah menjadi provokator serta menyerang orang yang pernah mengangkatnya. Atau orang-orang yang iri dengki dengan jalan hidup atau siklus hidup orang lain, padahal rezeki setiap makhluk yang bergerak diatas bumi ini sudah dijamin Allah.

Sekedar memberi inspirasi terhadap siklus hidup yang seharusnya diterima dengan tulus ikhlas oleh semua orang, penulis coba menguraikan filosofi dari lidi kelapa ini.

Filosofi dari lidi :

  1. Sejak awal tumbuh sudah menempati posisi tertinggi lalu turun ke tengah lalu ke bawah selanjutnya jatuh ke tanah dan setelah jatuh ke tanah memberi manfaat.
  2. Membersihkan tanpa menjadi kotor karena sapu lidi akan selalu dibersihkan dan ditempatkan ditempat yang bersih.
  3. Kecil yang bersatu jadi lebih bermanfaat dan lebih kuat karena jika hanya satu lidi tak bisa dipakai untuk menyapu.
  4. Lidi ini juga berfungsi mempersatukan benda lain seperti pada tusuk sate  atau jadi semat pada bungkus daun dan sebagainya.
  5. Lidi juga bisa berfungsi atau memberi manfaat sebagai perantara atau pegangan kue atau makanan atau buah.
  6. Lidi yang dijadikan tusuk gigi berfungsi mengeluarkan kotoran dari dalam sela gigi. Artinya membantu membuang keburukan atau kuman penyakit.
  7. Lidi juga sering digunakan untuk menusuk sesuatu yang tersumbat sehingga menjadi lancar dan bersih. Artinya ikut membantu menyelesaikan persoalan bukannya malah menambah persoalan seperti sebagian orang di negeri ini yang hanya bisa mencela dan menghina.
  8. Lidi ini sangat lentur atau jika diambil filosofinya sangat dinamis tidak kaku yang jika dikorelasikan dengan sifat manusia sangat baik dalam membangun toleransi.
  9. Lidi dikenal karena kecilnya tetapi sangat bermanfaat, saking karena kecilnya sering dijadikan anekdot, cuma sebesar lidi. Artinya jika yang kecil saja memberi manfaat maka seharusnya yang lebih besar lebih memberi manfaat.

Demikian, semoga menginspirasi dan bermanfaat

Jakarta, 7-7-2021
Dedi Mahardi
Inspirator-Author

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img