28.4 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

Filosofi Lidi
F

Kategori -

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Kenapa yang dikupas bagian lidi bukan akar atau buah atau bagian lainnya ? adalah karena lidi siklus perjalan hidup lidi yang pernah menempati posisi paling tinggi pada pohon kelapa, yaitu ketika masih menjadi bagian dari pucuk daun kelapa. Dengan segala manfaat dan fungsinya sebagai bagian dari pohon kelapa waktu berada paling tinggi lalu turun agak kebawah dan posisi tertingginya digantikan oleh pucuk yang baru tumbuh. Kemudian akhirnya sang lidi turun ke bawah yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai sapu lidi, sebagai tusuk gigi, penyemat bungkusan daun, tusuk sate dan lain sebagainya.

Coba bandingkan dengan beberapa orang di negeri ini yang begitu turun dari posisi atau jabatan langsung sakit hati dan berubah menjadi provokator serta menyerang orang yang pernah mengangkatnya. Atau orang-orang yang iri dengki dengan jalan hidup atau siklus hidup orang lain, padahal rezeki setiap makhluk yang bergerak diatas bumi ini sudah dijamin Allah.

Sekedar memberi inspirasi terhadap siklus hidup yang seharusnya diterima dengan tulus ikhlas oleh semua orang, penulis coba menguraikan filosofi dari lidi kelapa ini.

Filosofi dari lidi :

  1. Sejak awal tumbuh sudah menempati posisi tertinggi lalu turun ke tengah lalu ke bawah selanjutnya jatuh ke tanah dan setelah jatuh ke tanah memberi manfaat.
  2. Membersihkan tanpa menjadi kotor karena sapu lidi akan selalu dibersihkan dan ditempatkan ditempat yang bersih.
  3. Kecil yang bersatu jadi lebih bermanfaat dan lebih kuat karena jika hanya satu lidi tak bisa dipakai untuk menyapu.
  4. Lidi ini juga berfungsi mempersatukan benda lain seperti pada tusuk sate  atau jadi semat pada bungkus daun dan sebagainya.
  5. Lidi juga bisa berfungsi atau memberi manfaat sebagai perantara atau pegangan kue atau makanan atau buah.
  6. Lidi yang dijadikan tusuk gigi berfungsi mengeluarkan kotoran dari dalam sela gigi. Artinya membantu membuang keburukan atau kuman penyakit.
  7. Lidi juga sering digunakan untuk menusuk sesuatu yang tersumbat sehingga menjadi lancar dan bersih. Artinya ikut membantu menyelesaikan persoalan bukannya malah menambah persoalan seperti sebagian orang di negeri ini yang hanya bisa mencela dan menghina.
  8. Lidi ini sangat lentur atau jika diambil filosofinya sangat dinamis tidak kaku yang jika dikorelasikan dengan sifat manusia sangat baik dalam membangun toleransi.
  9. Lidi dikenal karena kecilnya tetapi sangat bermanfaat, saking karena kecilnya sering dijadikan anekdot, cuma sebesar lidi. Artinya jika yang kecil saja memberi manfaat maka seharusnya yang lebih besar lebih memberi manfaat.

Demikian, semoga menginspirasi dan bermanfaat

Jakarta, 7-7-2021
Dedi Mahardi
Inspirator-Author

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.
- Advertisement -

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.
- Advertisement -

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.

Pentingnya Penggunaan Dan Pemanfaatan Teknologi Ditengah Pandemi

Pandemi covid 19 merupakan tantangan bagi kita sampai saat ini bagaimana kita menyikapinya dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan lainnya. Seluruhnya merasakan dampaknya.
- Advertisement -