24 C
Padang
Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Fasilitasi Wartawan Ke Medan, Pj. Wako Rida Sejalan dan Searah Dengan Presiden RI
F

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Semangat dan perhatian yang disongsong oleh Penjabat Wali Kota Rida Ananda untuk memfasilitasi wartawan Luak Limopuluah (Payakumbuh-Limapuluh Kota) untuk menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang diselenggarakan di Medan ternyata sejalan dan searah dengan apa yang disampaikan saat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka acara tersebut pada Kamis (9/2).

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya menyebut media mainstream (arus utama) justru sangat dibutuhkan untuk menjadi rumah penjernih informasi. Media arus utama menyajikan informasi yang terverifikasi dan menjalankan peran sebagai communication of hope yang memberi harapan pada masyarakat.

“Peran utama media kini makin penting untuk mengaplikasikan kebenaran dan menyingkap fakta terutama di tengah keganasan post truth, pasca fakta dan pasca kebenaran. Media arus utama diharapkan mampu menjaga dan mempertahankan misinya untuk mencari kebenaran, searching the truth dan membangun optimistisme. Oleh karena itu, saya minta semua pihak baik kepada lembaga pemerintah pusat dan daerah, BUMN, perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat, untuk mendukung keberadaan media arus utama,” kata Jokowi.

Sementara itu, saat bertemu dengan perwakilan organisasi wartawan di ruang kerjanya, Selasa (31/1) lalu, Wali Kota Rida Ananda menjelaskan peran media sangat besar bagi pemerintah daerah, media selain untuk menyiarkan informasi terkait program pemerintah kepada masyarakat, juga diharapkan dapat menjadi mitra dalam mempromosikan pariwisata, apalagi Kota Payakumbuh telah memiliki city branding, tentu butuh didorong melalui publikasi.

“Tak dapat kita pungkiri, media juga diharapkan dapat ikut memberikan kontribusi terkait dengan pengendalian inflasi, serta pengentasan kemiskinan ekstrem dan kasus stunting. Tentunya dengan pemberitaan berbobot, berimbang, dan edukatif untuk masyarakat,” tukuknya.

Dari sisi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Payakumbuh-Limapuluh Kota Aspon Dedi menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota Rida Ananda atas support dan perhatiannya kepada wartawan. Apalagi, Rida pernah menjabat sebagai Kabag Humas di Pemko Payakumbuh, tentu saja sudah mengetahui bagaimana dunia pers.

“Bapak Rida itu mengerti bagaimana peran media, sesuai dengan apa yang dikatakan Presiden RI saat membuka HPN di Medan. Insan pers membuka harapan orang biasa jadi Presiden,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Serikat Media Siber (SMSI) Syafri Ario menyebut Pj. Wako Rida Ananda pada beberapa kesempatan bertemu dan berdiskusi dengan rekan-rekan media turut menyampaikan wartawan juga perlu untuk peningkatan kapasitas. Pihaknya mengharapkan kedepan ada kegiatan bimtek yang digelar oleh pemko untuk wartawan.

“Pers memang sudah bebas, pemberitaan bisa dilakukan siapa saja. Pers sudah mencakup seluruh media informasi yang bisa tampil dalam bentuk digital, semua orang bebas membuat berita dan sebebas-bebasnya, sekarang ini masalah yang utama memang benar kata Presiden, adalah bagaimana membuat pemberitaan yang bertanggung jawab, karena masyarakat kebanjiran berita dari media sosial dan media digital lainnya,” pungkasnya. (HPN)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img