25 C
Padang
Jumat, Januari 21, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Duta “Zero Waste” Payakumbuh Sosialisasikan Sanitasi
D

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh – Duta zero waste Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi sanitasi berbasis masyarakat, terutama mengangani atau pengelolaan sampah rumah tangga di, Kantor Kelurahan Padang Sikabu. Kecamatan Lamposi Tigo Nagari (Latina), Sabtu (9/11).

ibu-ibu TP-PKK Kelurahan Padang Sikabu yang hadir saat itu terlihat antusias mengikuti sosialisasi yang disampaikan Duta Zero Waste Kota Payakumbuh, terdiri dari Fetroyance, Linda, Alnoveri Dt. Rajo Mangkuto Nan Putiah dan Novanto Yudistira.

Dalam Penyampaiannya, mereka menjelaskan kalau mengelola sampah rumah tangga sangatlah penting, karena setiap rumah tangga akan menghasilkan sampah dan kalau tidak dikelola, maka akan menjadi masalah bagi lingkungan. Untuk pengelolaannya perlu dilakukan 3 R (reuse, reduce, dan recycle).

Pelaksanaan 3R, katanya, berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

Sementara itu, Lurah Padang Sikabu Hepi, S. IP dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengelolaan sampah harus dilakukan agar sesuatu yang tidak bermanfaat atau sampah justru menjadi nilai ekonomis. Dengan demikian dari sampah ekonomi masyarakat akan terbantu bukan sebaliknya sampah hanya menjadi barang yang dibuang. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img