31 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dua Orang Siswa Payakumbuh Terkendala Biaya ke Amerika
D

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh – Dua orang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Payakumbuh, akan bertolak ke Amerika pada minggu ke dua bulan oktober mendatang. Mereka adalah Bob Marta dan Uswatun Hasanah Yude.

Mereka akan mengikuti program “Future Leader of Indonesia” hasil kerjasama lembaga swadaya masyarakat (LSM) Indonesia Motiv dengan Northtern Illinois University. Namun, kendala biaya yang harus ditanggung oleh kedua siswa ini, membuat mereka merasa pesimis untuk bisa berangkat.

Perihalnya, LSM Indonesia Motiv hanya bisa menanggung biaya sebanyak 30% saja. Sedangkan, kekurangan biaya yang harus mereka penuhi berkisar Rp. 45 juta per orang.

Untuk itu, kedua siswa berprestasi yang berasal dari SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Payakumbuh, mendatangi Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, di Balaikota Payakumbuh, Rabu (13/5). Mereka didampingi Kadisdik Hasan Basri dan Kepsek masing-masing, yaitu Resnulius dan Irma Takarina.

Dihadapan Wako Riza, Bob Marta yang duduk di kelas XI MIA (Matematika dan Ilmu Alam) SMA Negeri 1 ini menerangkan, bahwa mereka berdua berhasil terpilih sebagai siswa yang berkesempatan berangkat ke Amerika Serikat, tepatnya Kota Chicago, untuk mengikuti program leadership atau pelatihan kepemimpinan yang digagas oleh LSM Indonesia Motiv bekerjasama dengan Northtern Illinois University.

Selain itu, tambah Uswatun Hasanah, siswa kelas X SMA Negeri 2 ini, mereka akan digembleng selama 1 (satu) bulan yang dimulai pada pertengahan bulan Oktober hingga Nopember mendatang.

“Pihak penyelenggara program, yakni Indonesia Motiv hanya bisa membantu biaya per peserta sebanyak 30 %, selebihnya diupayakan oleh masing-masing peserta. Untuk itu, kami memohon kebijaksanaan Bapak Walikota untuk bisa membantu kami” ujar Bob yang diamini oleh Hana.

Disamping itu, kata Bob, mereka termasuk dalam 10 orang peserta yang berasal dari Propinsi Sumatera Barat. Sedangkan, jumlah peserta se-Indonesia yang akan mengikuti program ini yaitu 25 orang.

Mereka berdua sebelumnya telah melalui tahap seleksi yang cukup ketat yang berlangsung 2 tahap. Dimulai dari bulan Maret 2015 yang lalu, mereka juga harus menyingkirkan 15 orang siswa asal Kota Payakumbuh lainnya yang juga mengikuti seleksi ini.

Menanggapi hal tersebut, Wako Riza Falepi menyambut positif atas keberhasilan dua siswa ini. Wako berharap agar keberhasilan ini jangan sampai terlewatkan. Apalagi kesempatan ini tidak dapat diraih dengan mudah. “Kita merasa bangga dengan keberhasilan para siswa ini, dengan mendapat kesempatan untuk belajar ke negeri orang.

Kesempatan untuk belajar ke luar negeri ini harus dipergunakan semaksimal mungkin. Wawasan dan pengalaman mereka akan bertambah. Apalagi, belajar untuk menjadi pemimpin Indonesia di masa depan. Tentunya akan menghasilkan SDM-SDM yang berkualitas” ujar Wako Riza.

Wako Riza melalui Dinas Pendidikan akan berkoordinasi dengan dinas instansi lainnya maupun dengan BUMN ataupun BUMD yang ada di Kota Payakumbuh. “Untuk kekurangan biaya ini, Pemko akan berkoordinasi dengan instansi terkait. Mudah-mudahan kekurangan ini bisa kita tutupi bersama” ujar Wako Riza lagi. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img