Payakumbuh,Beritasumbar.com-Tahapan pemilukada Kota Payakumbuh sudah memasuki tahap verifikasi bagi bakal calon dari jalur perseorangan. Dari tanggal 6 sampai 10 Agustus 2016 waktu yang di tetapkan KPU untuk menyerahkan berkas persyaratan bakal calon perorangan,Dua pasang bakal calon yang mengantarkan persyaratan ke KPU Payakumbuh.

Pasangan Hj.Welya Safitri dan H.Rio Manelda Cai yang pertama mengantarkan fotocopy KTP bukti dukungan. Setelah KPU lakukan verifikasi awal,didapat sebanyak 10.011 fotocopy dukungan ktp pasangan ini.Dan dinyatakan lolos untuk seleksi berikutnya.

Wendra Yunadi dan Ennaidi Dt Ongguang Nan Pandak yang mendaftar kedua dengan 12.011 cotocopy dukungan dengan penyebaran 100%(di 5 kecamatan). Dan KPU juga menyatakan lolos untuk seleksi berikutnya.

Saat ini KPU akan melakukan seleksi internal. Seleksi ini untuk memastikan keabsahan KTP dengan mencocokan NIK serta memastikan tidak ada yang ganda. Baik itu ganda internal maupun eksternal. Jika ganda internal di temukan KPU akan mencoret satu/menyisakan satu dukungan saja. Ganda eksternal akan di jadikan bahan seleksi faktual nanti. PPS akan menseleksi lansung kepada pemilik ktp bersangkutan. Hal ini di sampaikan Hetta Mambayu Kamis 11/8 siang saat menggelar jumpa pers dengan awak media di Payakumbuh.

Seleksi faktual akan di lakukan selama 14 hari. Dari tanggal 24 Agustus sampai 6 September 2016. Sistem seleksi faktual sama dengan sensus. Setiap nama yang ada di berkas dukungan akan di datangi oleh PPS dan PPK.Tim pasangan dari jalur perorangan di ikut sertakan dalam verifikasi faktual nanti,ujar Hetta Mambayu di dampingi komisioner KPU yang lainnya.

Untuk pencalonan melalui partai politik di pilkada kota Payakumbuh 2017 nanti dibutuhkan 20% suara di legislatif atau 5 kursi. Untuk kota Payakumbuh tidak satupun partai politik yang memiliki 5 anggota di DPRD.

Untuk itu di perlukan koalisi atau gabungan partai agar memenuhi syarat bisa mengusung satu pasang calon kepala daerah. Sampai saat ini belum ada satupun partai yang mendeklarasikan koalisi pencalonan calon Wako/wawako Payakumbuh. Tapi masing masing partai sudah melakukan seleksi bakal calon yang mendaftar ke partai.

loading...