25 C
Padang
Selasa, Januari 19, 2021
Beritasumbar.com

Dugaan Pengaruh Oknum Parpol, Kinerja Panwaslih Dinilai Tidak Profesional
D

 

Payakumbuh – Pasca pengumuman hasil rekomendasi Panwaslih untuk KPU Payakumbuh, terkait polemik penetapan pasangan calon, menuai kritikan. Dalam pengumuman oleh Panwaslih itu, berkaitan dengan temuan nomor 02/TM/PILWAKO/X/2016 oleh Suci Wildanis, S.Sos tertanggal 29 Oktober 2016 terhadap Calon Walikota H. Wendra Yunaldi, dinilai pengamat terlalu dipaksakan Panwaslih setempat. Bahkan Panwaslih dinilai bekerja tidak proporsional dan profesional dalam menjalankan tugasnya.

Pemerhati Luak Limopuah Yudilfan Habib, kepada sejumlah wartawan di Payakumbuh, Rabu (9/11), mengatakan, terkait rekomendasi itu ada beberapa kejanggalan dan keanehan. Diantaranya adalah pada saat penetapan pasangan calon oleh KPU Payakumbuh tertanggal 24 Oktober 2016 di halaman KPU setempat. Dan pada kesempatan itu, Ketua Panwaslih Media Febrina menyampaikan keberatannya dengan penetapan tersebut.

“Pada saat itu disampaikan, berdasarkan surat yang diterima Panwaslih per pukul 08.00 WIB dari Dirjen Pajak, maka saudara Wendra Yunaldi, masih mempunyai tunggakan pajak. Sementara disisi lain, Wendra Yunaldi sedang mencari keadilan dengan melakukan upaya hukum yang masih di proses di pengadilan hukum. Pertanyaannya adalah, apakah pernyataan itu sudah melalui pleno Panwaslih atau itu hanya pendapat pribadi saja? Karena harusnya, jika ada temuan kan harus dirapatkan dulu di internal Panwaslih,” ujarnya.

Kembali ditekankan Habib, Panwaslih sudah berjalan telalu jauh terhadap polemik ini. Tugas dan wewenang Panwaslih yang mengawasi jalannya Pilkada, terkesan sudah ditunggangi pihak lain yang tidak ingin pencalonan Wendra Yunaldi lolos.

“Kita sangat menyayangkan sikap yang diambil Panwaslih ini. Kesannya mereka sengaja membuat skenario untuk menjegal pencalonan pasangan H. Wendra Yunaldi dan H. Ennaidi dalam Pilkada serentak jilid II ini. Apakah ini pesanan salah satu pasangan calon atau bagaimana,” tambahnya.

Ketidak netralan Panwaslih dalam mengambil keputusan, ditambahkan Habib, juga dipengaruhi oleh salah seorang pengurus parpol yang mengusung salah seorang pasangan calon. “Kita sudah dapat bocoran, bahwa setiap menjalankan tugas ketua Panwaslih selalu didampingi oleh saudara “R” yang merupakan suaminya. Bahkan saudara “R” terkadang hadir dalam beberapa kegiatan Panwaslih. Termasuk berdasarkan informasi berada di sekretariat Panwaslih dan itu dibiarkan oleh Panwaslih yang lain,” ucapnya lagi.

Dikatakan, pada saat Panwaslih sebelum melakukan pengumuman hasil temuan, juga diduga saudara “R” berada di sektretariat Panwaslih. “Sehingga diduga telah terjadi intervensi atau setidak-tidaknya mempengaruhi hasil temuan Panwaslih,” pungkas Habib.

Terkait dugaan tersebut, Ketua Panwaslih saat dihubungi wartawan melalui nomor telepon selulernya di x812 xxxxx673 tidak ada respon.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Donas Merilis Album The Best Song Volume 1 di Prima Founder Records

Kesuksesan seorang penyanyi tak lepas dari kemampuan seorang penulis lagu dalam mengkomposisi nada untuk lirik, agar dapat diterima oleh orang banyak. Seperti halnya dengan Rimawan Ardono AS yang biasa dipanggil Donas, Musisi Nasional asal Kota Yogyakarta, karya-karya lagunya telah mengantar kesuksesan bagi banyak penyanyi di Tanah Air.
- Advertisement -

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.
- Advertisement -

Tingkatkan Pelayanan, Di Payakumbuh Buku KIR Ditiadakan, Diganti Smart Card

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan layanan kepengurusan pengujian kendaraan bermotor KIR atau uji kelayakan kendaraan pada kendaraan umum, baik itu angkutan umum maupun kendaraan barang. Sehingga, sekarang telah diterapkan sistem Smart Card (Kartu Pintar) KIR.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -