28.4 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

DPRD Dukung Pemprov Pertahankan Pulau Mego
D

Kategori -

Padang – DPRD Sumatera Barat mendukung pemerintah provinsi setempat untuk mempertahankan dan mengambil kembali Pulau Mego yang dicaplok Provinsi Bengkulu untuk dimasukan dalam aset daerah mereka.

“Provinsi Bengkulu sudah mengakui bahwa Pulau Mego masuk aset daerah mereka, dan khabarnya mereka mulai melakukan berbagai pembenahan di sana,” kata Ketua Komisi II Bidang Ekonomi DPRD Sumbar Sabar A.S. ketika melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kamis.

Ia menyayangkan lemahnya upaya Pemerintah Provinsi Sumbar dalam mempertahankan batas wilayahnya, sehingga Pulau Mego yang secara teritorial masih wilayah Sumbar sekarang dicaplok Provinsi Bengkulu sebagai aset mereka.

Kecolongan itu sebagai akibat Pemprov Sumbar kurang tanggap dengan masalah pulau itu. Padahal batas wilayah Provinsi Sumbar dengan Bengkulu terletak di Pulau Mego.

Namun secara batas teritorial, wilayah Pulau Mego adalah milik Sumbar yang menjadi satu kesatuan dengan wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Pulau Mego terletak di 148 km ke arah barat Kota Bengkulu, dan dilihat dari Sumbar, pulau itu terletak di sebelah utara Sikakap, Pagai Utara.

Sejak dulu, pulau itu merupakan aset Sumbar, namun tanpa disadari pulau tersebut sekarang diakui menjadi aset Provinsi Bengkulu dan menjadi sengketa antara dua provinsi itu.

Sengketa muncul karena Pulau Mego diketahui mempunyai kekayaan alam, berupa minyak bumi dan uranium yang bernilai triliunan rupiah yang dapat diolah.

Ia mengatakan secara prinsip dan kelembagaan, DPRD akan terus mendorong dan mendukung Pemprov Sumbar untuk mengambil kembali aset daerah tersebut.

Gubernur Sumbar diminta segera melakukan tindakan tegas, sehingga aset tersebut dapat kembali menjadi milik Sumbar.

“Ini harus disegerakan. Sudah jelas dulunya itu kepunyaan kita. Kenapa ada pembiaran, jangan menghitung kekayaan alamnya, namun kita harus lihat dari satu kesatuan kepulauan dan batas teritorialnya,” katanya.

Anggota Komisi III DPRD Sumbar Sudarmi Saogo yang juga putra asli Mentawai, mengatakan Pemkab Mentawai dan Pemprov Sumbar perlu segera membulatkan tekad, dan satu visi untuk mencari solusi terhadap persoalan itu.

Pemprov Sumbar perlu mencari dukungan politik dari pusat, sehingga Pulau Mego yang sudah jelas adalah aset Sumbar kembali menjadi aset daerah.

“Saya berharap DPRD khususnya Komisi I membidangi pemerintahan agar mengagendakan persoalan ini untuk masuk dalam pembahasan paripurna dewan. Sehingga persoalan ini dapat ditindaklanjuti,” ujarnya.

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Rijel Samailosa mengatakan secara umum Sumbar khususnya Mentawai sudah kecolongan.

Provinsi Bengkulu mengakui pulau itu adalah kepunyaan mereka. Namun secara batas wilayah, pulau itu adalah kepunyaan Sumbar sehingga perlu dilakukaan pengambilan kembali.

“Pulau Mego adalah aset Sumbar. Pulau ini masuk dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pulau ini harus diambil kembali. Apalagi aset dan kekayaan alam yang akan dihasilkan dari pulau tersebut bernilai triliunan rupiah,” katanya.

 

Sumber: Antara/Oleh M.R. Denya Utama
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.
- Advertisement -

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.
- Advertisement -

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -