25 C
Padang
Jumat, Juni 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

DPKP Bukittinggi Bersihkan Jalan dari Pasir dan Abu Vulkanik Gunung Marapi
D

Kategori -
- Advertisement -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bukittinggi bersihkan sejumlah ruas jalan dalam kota dari material pasir, pascaerupsi Gunung Marapi pada Minggu (3/12/2023), sekitar pukul 14.54 WIB.

“Ini sesuai instruksi wali kota, kita kerahkan seluruh personil, untuk melakukan pembersihan ke jalan,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bukittinggi, Efriyadi kepada media, Senin (4/12/2023).

Disampaikan, pascaerupsi Gunung Marapi yang mana telah menghujani wilayah kota Bukittinggi dengan abu vulkanik serta pasir, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan langsung melakukan penyiraman di ruas jalan terdampak.

Dikatakan, proses pembersihan dilakukan sampai Senin (4/12/2023) ini, mengerahkan 6 armada dan menejunkan 20 personil.

“Abu vulkanik yang bertebaran di jalan raya, membuat jalan licin dan membahayakan. Sesuai instruksi wali kota, kita kerahkan seluruh personil, untuk melakukan pembersihan,” paparnya.

Diketahui, Gunung Marapi setinggi 2.891 meter di atas permukaan laut ini, pada Minggu (3/12/2023), mengalami erupsi sekitar pukul 14:54 WIB.

Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara, lebih kurang 4 menit 41 detik.

Saat ini Gunung Marapi berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi.

Masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki pada radius 3 km dari kawah atau puncak. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img