25.5 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Diskoperindag Padang Panjang : Kelangkaan BBM Bisa Picu Laju Inflasi
D

Kategori -

Padang Panjang – Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdangan Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) Reflis menyebutkan, kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terjadi di daerah itu bisa sebagai pemicu laju inflasi.

“BBM merupakan salah satu urat nadi dalam perdagangan, maka jika BBM tersebut langkah akan bisa menimbulkan kenaikan harga barang, baik itu bahan pokok maupun yang lainnya,” kata Reflis di Padang Panjang, Rabu.

Kelangkaan BBM yang beberapa hari terakhir, menimbulkan banyak dampak perekonomian di Kota Padang Panjang dan sekitarnya, sehingga butuh perhatian khusus dari pemerintah terhadap kebijakan BBM tersebut.

Jasa angkutan dalam pergadangan akan bisa menurun intensitasnya mengingat kelangkaan BBM yang terjadi di Sumbar saat ini.

“Para pemilik saja angkutan juga akan menaikan tarif angkutan sepihak terhadap pengguna jasanya, maka akan bisa berimbas terhadap yang lainnya,” katanya.

Menurunnya pasokan dari sejumlah pedagang distributor akan berdampak khusus terhadap stok barang yang ada di Kota Padang Panjang.

“Jika stok barang sudah menipis, maka harga akan bisa naik dengan sendirinya yang dilakukan oleh para pedagang, sehingga laju inflasi akan terjadi di Kota Padang Panjang ini,” katanya.

Laju inflasi yang bisa berpotensi di daerah itu tidak diinginkan oleh pemerintah daerah, namun kondisi itu sepertinya tidak bisa dibendung kalau BBM tidak bisa normal seperti biasanya dalam waktu dekat ini.

Sejumlah Pedagang di Kota Padang Panjang sangat mengeluhkan kelangkaan BBM yang terjadi di daerah itu selama ini, karena akan menambah biaya operasionalnya.

“Modal dagangan sedikit bertambah, karena jasa angkutan juga menaikan tarifnya, mau tidak mau harga barang yang dijual juga dinaikan,” kata Rosni pedagang makanan di pasar Padang Panjang.

Tidak saja pedagang makanan, pengusaha tempe di Kota Padang Panjang Herman juga mengeluhkan tingginya biaya operasional dan bahan baku.

“Bahan baku sudah mulai naik, termasuk biaya operasional, sehingga penjualan juga terpaksa dinaikan,” katanya.

Untuk mengatasi indikasi laju inflasi tersebut, masyarakat Kota Padan Panjang berharap kebijakan pemerintah dalam pengaturan distribusi BBM tersebut bisa seperti biasanya.

“Kita berharap pemerintah bisa menyelesaikan permasalahan BBM ini, sehingga masyarakat bisa beraktivitas seperti biasanya dan tidak mengalami kendala dalam memperoleh BBM,” kata salah seorang tokoh masyarakat Padang Panjang Jasril Sutan Batuah. (antara)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.
- Advertisement -

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.
- Advertisement -

Danlantamal II Teluk Bayur Siap Kerjasama Kembangkan Kampung Bahari Di Kawasan Mandeh

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Komandan Pangkalan Utama TNI AL/II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E.,M.M.,M.Si memastikan siap jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, dalam hal pengembangan potensi budidaya ikan kerapu di kawasan objek wisata bahari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊

Pemuda Asal Lintau Ini Sukses Rintis Usaha Martabak Di Jambi

Pemuda yang memiliki nama lengkap Brian Fakhrul Razi ini, selain memiliki wajah yang rupawan dan sendu, ternyata adalah salah satu sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di Jambi yang memiliki garis keturunan dari ibu asli dari Balai Tangah lintau.

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Ketua DPRD Sumbar Sebut Pasar Ekraf Geliatkan Ekonomi

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Ketua DPRD Sumbar Supardi menilai kehadiran pasar ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah...

Nasrul Abit Apresiasi Pasar Ekraf di Payakumbuh

Payakumbuh BeritaSumbar.com - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid menilai Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar di Kota Payakumbuh merupakan salah satu langkah untuk kembali...
- Advertisement -