25 C
Padang
Rabu, Januari 27, 2021
Beritasumbar.com

Dishubkominfo Padang Berlakukan “Motor Stop BOX” 2016
D

Kategori -

Padang – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Padang, Sumatera Barat, memprogramkan adanya “motor stop box” di titik-titik persimpangan yang terdapat lampu pengatur lalu lintas pada 2016.

“Kami akan sediakan tempat pemberhentian khusus di persimpangan lampu pengatur lalu lintas bagi motor dalam bentuk marka motor ‘stop box’ sebagai salah satu program keselamatan lalu lintas bagi pengendara roda dua,” kata Kepala Dishubkominfo Rudy Rinaldi di Padang, Selasa.

Ia mengatakan dengan adanya marka tersebut maka posisi motor akan maju semua di bagian paling depan pada pemberhentian lampu pengatur lalu lintas dan mobil mengikuti di belakangnya sehingga terjadi keteraturan dan tidak lagi membahayakan pengendara motor.

“Untuk 2016 akan dipilih beberapa persimpangan utama yang dideteksi memiliki volume lalu lintas yang besar sehingga dapat menjadi kekuatan tersendiri dalam menjaga lalu lintas 2016,” katanya.

Program ini sebenarnya seiring dengan program pemerintah Provinsi Sumbar yang menambah marka jalan baru yakni “yellow box junction” di beberapa titik persimpangan dengan bentuk kotak dan tanda silang besar berwarna kuning di dalamnya.

“Marka ‘yellow box junction’ sebenarnya telah ada di beberapa kota lain di Indonesia seperti Jakarta, Medan, dan Surabaya yang bertujuan mencegah padatnya arus lalu lintas di persimpangan,” ujarnya.

Ia menyampaikan seharusnya pengendara yang memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) telah mengetahui makna dari marka tersebut, sama halnya dengan rambu-rambu lalu lintas lainnya sehingga tidak perlu disosialisasikan lagi.

Marka “yellow box junction” itu digunakan agar tidak ada antrean kendaraan di dalam marka tersebut, jika lampu pengatur lalu lintas telah berubah hijau maka pengendara tidak langsung melaju, melainkan memastikan terlebih dahulu bahwa tidak ada lagi kendaraan yang berada di dalam marka itu sehingga dapat mencegah kemacetan dan kecelakaan.

“Untuk saat ini terdapat sekitar empat atau lima marka ‘yellow box junction’ dan kemungkinan akan bertambah pada 2016 di persimpangan-persimpangan di jalur Bypass,” ujarnya.

Salah seorang pengendara motor Mulyadi (42) mengatakan seharusnya Dishubkominfo memberikan sosialisasi pada masyarakat terkait marka “yellow box junction” itu karena marka tersebut jarang ditemukan.

“Memang setiap pengendara yang telah memiliki SIM perlu mengetahui makna setiap rambu lalu lintas, namun lain halnya dengan marka ‘yellow box junction’ karena tergolong baru di Sumbar dan selama ini hanya ada di kota-kota besar di Indonesia,” katanya. (Ant/Oleh Altas Maulana)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Sijunjung Akan Operasikan Mobil SIM Keliling

Setelah siapkan mobil samsat keliling, Sijunjung juga akan operasikan mobil SIM Keliling. Hal ini untuk mempermudah warga untuk memperpanjang masa berlakunya izin mengemudi mereka.
- Advertisement -

Tentang Nama Nama Tokoh Yang Bakal Diusung PKS, Ini Kata Riza Falepi

Genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh sepertinya mulai dipanaskan. Hal ini terungkap dari wawancara bersama Riza Falepi, saat ditemui media di rumah dinas wali kota, Senin (25/1), Riza yang merupakan pengurus DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akhirnya buka suara menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan Partai yang memiliki 5 kursi di DPRD Payakumbuh itu.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).
- Advertisement -

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -