30 C
Padang
Minggu, September 25, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

BK: Laporan Erisman Tidak Rusak Citra DPRD Padang
B

Kategori -
- Advertisement -

Padang, BeritaSumbar.com – Badan Kehormatan DPRD Kota Padang, Sumatera Barat, menilai tindakan pelaporan Ketua DPRD setempat Erisman terhadap anggotanya Emnu Azamri ke kepolisian tidak akan merusak citra lembaga tersebut.

“Tidak ada persoalan jika seseorang melaporkan orang lain ke kepolisian termasuk pengaduan Erisman ke kepolisian dan hal tersebut tidak akan mencederai lembaga DPRD. Namun tindakan itu justru dapat merusak citra fraksi dan partai mereka karena keduanya berasal dari fraksi yang sama yakni Gerindra,” kata Wakil BK DPRD Padang Masrul Rajo Intan di Padang, Selasa.

Ia mengatakan jika persoalan antara kedua pihak itu membawa dampak buruk terhadap lembaga DPRD, maka akan disikapi sesuai dengan mekanisme yang ada.

“Jika ada surat pengaduan pencemaran nama lembaga DPRD masuk ke BK, tentu kami akan memproses sesegera mungkin dengan melaksanakan rapat internal BK,” katanya.

Ketua BK DPRD Padang Yendril menyampaikan hingga Selasa tidak ada laporan kepada BK terkait persoalan antara kedua pihak itu, namun jika nantinya ada yang melapor, maka akan segera diklarifikasi dan dilakukan pembahasan.

Menurutnya, BK selalu menerima dan menindaklanjuti setiap surat yang masuk termasuk dari perorangan ataupun organisasi kemasyarakatan dan apabila terbukti terdapat pelanggaran kode etik atau hukum, akan diselesaikan sesuai ketentuan yang berlaku.

Sementara salah satu organisasi kemasyarakatan Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat-IB) Wilayah Sumbar mengatakan telah mengirimkan surat kepada BK pada Senin (4/1) sebagai bentuk desakan untuk mengusut Emnu Azamri yang diduga melakukan pelanggaran hukum.

Sekretaris DPW Pekat-IB Sumbar Reza Trianova menyampaikan terdapat enam poin penting tuntutan Pekat-IB ke BK untuk mengusut tuntas permasalahan terkait perilaku oknum BK DPRD Padang Emnu Azamri yang dinilai merupakan aktor di balik sejumlah aksi demonstransi ke DPRD setempat.

Ia mengatakan Pekat-IB merasa perlu untuk mendorong terwujudnya suasana kondusif dalam sistem pemerintahan, sementara suasana tidak kondusif telah terjadi di DPRD Padang selama sekitar setahun terakhir.

“Jika hal ini terus dibiarkan, maka ditakutkan akan berdampak pada kinerja anggota dewan sehingga Pekat-IB menyerahkan tuntutan-tuntutan tersebut ke BK agar segera disikapi,” ujarnya. (Ant/Oleh Altas Maulana)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img