23 C
Padang
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dinas Pertanian Gencar Sosialisasikan Bahaya Rabies
D

Kategori -
- Advertisement -

Bahaya penyakit rabies gencar disosialisasikan Bidang Peternakan Dinas Pertanian Payakumbuh, sepanjang dua bulan terakhir. Tercatat sudah 40 SD yang dikunjungi tim teknis atau dokter hewan bersama petugas Dinas Kesehatan Payakumbuh, guna menjelaskan ancaman penyakit rabies itu.

Kepala Dinas Pertanian Payakumbuh Ir. Mediar Indra, didampingi dua petugas Puskeswannya Syafrizal, S.ST dan Arifnal, di Payakumbuh, Minggu (15/9), menginformasikan, selain memberikan sosialisasi tentang bahaya rabies, Dinas Pertanian juga melakukan peracunan terhadap anjing liar pada 76 kelurahan di kota ini. Sosialisasi itu, katanya akan terus dilakukan hingga akhir tahun ini ke SD yang belum dikunjungi.

 

Menurut Mediar Indra, penyakit rabies tidak hanya terjangkit lewat gigitan anjing yang terkena rabies. Tapi, juga lewat binatang peliharaan lainnya, seperti kucing dan monyet atau kera. Karena itu, warga yang memelihara hewan peliharaan itu, seyogianya secara berkala tetap memeriksa kesehatan hewannya itu Puskeswan Payakumbuh di Kantor Peternakan di Kelurahan Ibuah, Payakumbuh Barat.

 

Untuk memberantas anjing liar di Payakumbuh, menurut Mediar Indra, pihaknya dalam beberapa bulan ke depan, juga akan menurunkan petugas peracunan anjing liar. Didahului dengan mengirim surat pemberitahuan kepada camat dan kepala kelurahan.

 

Bagi warga kelurahan yang punya anjing peliharaan atau anjing buruan, seyogianya tidak melepas anjing tersebut. “Kita khawatir, jika tak diikat atau diberangus, racun yang ditebar petugas dimakan oleh anjing dimaksud.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img