26 C
Padang
Jumat, April 12, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dinas Koperasi Dan UKM Kota Payakumbuh Gelar Pelatihan Pembukuan Bagi Pelaku UMKM
D

- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, kembali memberikan Pelatihan Pembukuan Dan Teknik Pembuatan Proposal bagi pelaku UMKM di Kota Payakumbuh, bertajuk meningkatkan Sumber Daya Manusia bagi pelaku UKM, berlangsung selama tiga hari (4-6/03) bertempat di Bakinco Resto Padang Tangah Payakumbuh Barat.

Dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Kepala Bidang Koperasi dan UKM M.Faisal, S.Pt dengan nara sumber Ir.Syafinal M.M dari Widyaiswara UPTD Balai Latihan Koperasi dinas Koperasi dan UMKM Propinsi sumatera Barat, turut hadir dalam kesempatan tersebut Kasi Pemberdayaan UMKM, Sri Essa Ramadhani.

Diikuti oleh 40 lebih peserta dengan sangat antusis dan bersemangat, pelatihan sederhana ini menggunakan pendekatan lerning by doing, artinya pelatihan diberikan dalam bentuk mengaplikasikan pada unit usaha yang dimiliki, walaupun masih dalam skala yang masih sederhana saja. Nampaknya cukup efektif untuk menyadarkan mereka tentang pentingnya pembuatan laporan keuangan sebuah usaha, kendati usahanya masih skala kecil.

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah  adalah usaha masyarakat  yang diatur oleh Undang-undang seperti  bantuan kredit usaha dengan bunga rendah dari kreditur, kemudahan persyaratan izin usaha oleh Pemda setempat, bantuan pengembangan usaha dari lembaga pemerintah, serta beberapa kemudahan lainnya.

Oleh karena itu, sangatlah penting dan perlu untuk memberikan perhatian yang besar bagi perkembangan dan pertumbuhan unit usaha kecil ini. Juga dalam rangka untuk membantu mereka mengatasi berbagai permasalahan yang ada. Misalnya aspek pengelolaan atau aspek manajemen hingga aspek permodalan yang dibutuhkan.

Memberikan perlatihan-perlatihan praktis akan banyak sekali manfaat bagi mereka. Mengatur dan merencakan keuangan, cashflow maupun pembukuan menjadi aspek dari untuk membesarkan unit usaha kecil dan menengah ini.

Keadaan UMKM yang sangat potensial disatu pihak tetapi banyak masalah dipihak lain, disebabkan banyak yang belum mampu membuat laporan keuangan yang baik dan benar, bahkan walaupun hanya sederhana saja.  Padahal potensi yang mereka miliki mempunyai masa depan bagi pengembangan perekonomian keluarga khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Pelatihan keuangan sangat diperlukan bagi para UMKM yang sudah maju dan yang masih mulai usaha.  UMKM ini diharuskan membuat Laporan Keuangan seperti Laporan Rugi Laba, Laporan Perubahan Equty, Laporan Posisi Keuangan, Laporan Arus Kas dan Catatan Laporan Keuangan.

“Lewat kegiatan pelatihan ini M. Faisal mengharapkan para pelaku UMKM lebih rapi dalam pembukuan dan pengelolaan manajemen usahanya,” pungkasnya. (John Aleksi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img