30 C
Padang
Kamis, Februari 2, 2023
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Diluncurkan Wako, Masjid Tabliqiyah Jadi Percontohan Ramah Anak Di Bukittinggi
D

Kategori -
- Advertisement -


Bukittinggi, beritasumbar.com – Kota Bukittinggi menjadikan Masjid Tabliqiyah sebagai masjid percontohan yang ramah anak. Hal itu ditekankan oleh pemerintah setempat bersama seluruh masyarakat Garegeh, sekaligus penandatanganan pernyataan komitmen itu.

Walikota Bukittinggi Erman Safar saat peluncuran Masjid Tabligiyah sebagai rumah ibadah yang ramah anak, Minggu, (4/12) mengatakan seluruh komponen masyarakat berkomitmen dan siap mendukung semua fasilitas di lingkungan Garegeh berstandar ramah anak.

“Pemerintah daerah butuh dukungan niniak mamak, bundo kanduang, guru dan pengurus masjid untuk membentuk karakter anak yang hidup di era perkembangan teknologi ini. Harus ada program khusus untuk mereka, agar tidak terjerumus ke hal hal negatif,” kata wako.

Menurutnya, tidak banyak di Bukittinggi yang masjidnya ramah anak. Untuk itu, ke depannya ini yang harus diubah dan rangkul anak anak untuk cinta kepada masjid.

“Ini menjadi PR bersama untuk menghilangkannya. Kalau dari kecil anak-anak tidak dibawa ke masjid, dikhawatirkan iman mereka dirusak dengan lingkungan dan efek negatif perkembangan zaman. Mari kita buatkan program untuk anak-anak kita ini,” ajaknya.

Wako juga berharap, pengurus Masjid Tabligiyah Garegeh dapat membuat program program kemasyarakatan, sehingga melalui Masjid bisa membantu warga di bidang ekonomi, pendidikan dan bidang lainnya.

Kepala DP3APPKB, Tati Yasmarni menjelaskan hal itu merupakan upaya pemerintah kota menjadikan Bukittinggi sebagai kota layak anak dari berbagai sisi.

“Ada 5 klaster kota layak anak, klaster hak sipil dan kebebasan, klaster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, klaster kesehatan dan kesejahteraan, klaster pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta klaster perlindungan khusus anak,” katanya

Ia menambahkan, untuk kluster pemanfaatan waktu luang, masjid belum menjadi lokasi yang banyak dimanfaatkan anak anak. Untuk itu, ini kita upayakan melalui program masjid ramah anak ini, program kota layak anak semakin kita realisasikan.

“Ini juga sinergi dengan pesan dewan masjid, Bapak Jusuf Kalla yang mengharapkan agar anak anak harus diarahkan suka pergi ke masjid dengan pola-pola kekinian. Ini kita upayakan bersama dan hari ini program sudah didukung oleh beberapa SKPD,” pungkasnya. (Adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img