28 C
Padang
Senin, Juli 15, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dilepas Wawako, 240 JCH Payakumbuh Bertolak Ke Tanah Suci
D

Kategori -
- Advertisement -

Sebanyak 240 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Payakumbuh, meninggalkan kota Payakumbuh menuju Mekkah, melewati embarkasi Padang, Selasa (1/10). Rombongan JCH ini dilepas Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar di GOR Kubu Gadang di Kelurahan Balai nan Tuo bersama Wakil Ketua DPRD H. Sudirman dan Sekdako H. Benni Warlis, Ketua MUI H. Mismardi, BA serta sejumlah pimpinan SKPD.

Dalam rombongan JCH ini, terdapat Ketua DPRD Payakumbuh Wilman Singkuan, S.Sos dan Sekretaris DPRD Drs. Atur Satria. Keduanya, diminta Wakil Walikota Suwandel Muchtar, untuk mampu membimbing dan mengayomi JCH Payakumbuh lainnya. “Ambo titipkan seluruh JCH ka apak ketua dewan dan apak sekwan. Semoga selamat dan sukses menjalani ibadah haji dengan baik dan kusyuak. Selalu berada dalam kondisi sehat wal afiat. Dalam keadaan cukup berangkat ke Tanah Suci Mekkah, dan utuh kembali ke Payakumbuh. Amin Ya Rabbal Allamiin”, ucap wawako.

Kalimat sederhana dan penuh harapan membuat suasana keberangkatan tampak haru. Sejumlah keluarga yang melepas JCH tampak menangis, berurai air mata. Wakil Walikota Suwandel Muchtar, berharap, seluruh JCH beroleh titel haji yang mabrur, untuk diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat ke depan.

Wakil Walikota berharap, ditempat-tempat yang mustajab, semua JCH Payakumbuh mendo’akan warga dan Payakumbuh menjadi kota yang diredhai Allah Ta’ala. Kota yang maju berpengetahuan dan religius, jauh dari bencana atau mara bahaya.

Dilaporkan oleh Kasi urusan haji Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh Hadi Zamli merinci dari 240 JCH tersebut terdiri dari 106 JCH laki-laki dan 134 CJH perempuan yang berasal dari lima kecamatan di Kota Payakumbuh. “Bila dibandingkan dengan jumlah jemaah haji Kota Payakumbuh tahun lalu yang hanya berjumlah 206 jemaah maka terjadi peningkatan walaupun adanya pembatasan kuota haji dari pemerintah Arab Saudi”, ujar Hadi Zamli.

Setelah bermalam semalam di Padang, JCH Payakumbuh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 13, direncanakan bertolak ke Mekkah, 2 Oktober mendatang.

Berdasarkan laporan, jemaah calon haji tertua pada musim haji tahun ini berasal dari Kelurahan Nunang Kecamatan Payakumbuh Barat atas nama Nazir Jahidin Syarifudin (80 tahun) kelahiran 4 Agustus 1933. Sedangkan untuk JCH termuda berusia 18 tahun atas nama Komaratih Dian Priharyani asal Kelurahan Padang Tiakar Hilir Kecamatan Payakumbuh Timur kelahiran 5 Januari 1995. Sementara itu dari 240 jemaah calon haji tersebut 103 jemaah berlatar belakang pekerjaan PNS.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img