30.5 C
Padang
Wednesday, October 21, 2020

Dilepas Riza Falepi, Zainal Aziz Bertolak Ke Jakarta

Zainal Aziz, siswa  kelas XI   SMAN 1 Payakumbuh, dilepas Walikota Payakumbuh Riza Falepi, di Balairung rumah dinas kediaman walikota, untuk mengikuti pemusatan latihan Paskibraka Nasional 2015, di Cibubur Jakarta, yang akan dimulai Selasa  (27/7). Zainal,  pemilik tingi 173 cm ini, terpilih sebagai anggota Paskibraka Nasional, setelah menjalani seleksi di Cibubur Jakarta, 6-12 Juni lalu.

Saat dilepas walikota, Zainal didampingi  Kadisdik Payakumbuh H. Hasan Basri Sy, S.Pd, Kepala SMAN 1 Resnulius, Kabid PLS Desmon Korina, S.IP,    dan pelatih Paskibraka Payakumbuh Serma Inf. Aidal.  Selain meloloskan Zainal, Aidal pelatih Paskibraka bertangan dingin ini, juga meloloskan tiga  pelajar, masing-masing Assyura Fatwa dan Hadri Yanti Azizah, (SMAN 1)  bersama Rahmat Hidayat (SMAN 2), ke Paskibraka Provinsi Sumatera Barat.

Izen, panggilan akrab Zainal, sebelum bertolak ke Jakarta,  Jum’at (24/7) ini,   berangkat ke Padang untuk mengikuti pelatihan terlebih dahulu bersama Suci Disara Fajri, siswa SMA Islam Cendekia Kabupaten  Agam yang menjadi pasangannya mewakili Sumbar menjadi anggota Paskibraka Nasional.

Walikota  Riza merasa bangga dengan prestasi yang  diraih Izen ini. Prestasi ini diharapkan dapat memotivasi siswa-siswi lainnya untuk bisa mengikuti jejak Izen. “Pelatihan Paskibraka ini berguna bagi anak didik dalam melatih mental dan disiplin mereka. Apabila mereka mempunyai disiplin yang tinggi, proses belajar akan lebih berkualitas. Untuk itu, prestasi ini harusnya menjadi tolak ukur bagi siswa yang lain.

Wako berpesan, ditingkat nasional nanti, Izen harus bisa membawa nama Payakumbuh dan tampil percaya diri. Apabila memiliki kemampuan yang bagus, bukan tidak mungkin terpilih sebagai pasukan inti yang akan mengibarkan bendera Pusaka didepan Presiden Joko Widodo di Istana Negara. “Syaratnya harus mempunyai mental yang kuat dan percaya diri. Apabila terpilih menjadi pasukan inti, suatu kebanggaan besar bagi keluarga dan Payakumbuh tentunya” kata walikota.

Disampaikan oleh Kadisdik Hasan,  setiap tahunnya Kota Payakumbuh berhasil menembus tingkat Nasional untuk seleksi Pasukan Pengibar Bendera. Tahun lalu, Payakumbuh mengirim dua siswa yakni Siti Dea Ramadhani dan Pride Owner, keduanya juga berasal dari SMAN 1 Payakumbuh.

Menurut Hasan,  sebelum sampai di tingkat nasional, Zainal harus menyisihkan 370 siswa lain dalam seleksi tingkat Kota Payakumbuh. Selanjutnya, ditingkat Propinsi Sumbar, Izen juga harus bersaing dengan 113 siswa yang berasal dari 19 Kab/kota yang berada dalam wilayah Sumbar.

Dari tingkat Propinsi, Izen berhasil masuk 4 besar yang menjadi wakil sumbar di tingkat Nasional. Namun, ditingkat Nasional, panitia seleksi hanya mengambil 2 orang dari setiap propinsi. “Alhamdulillah, Zainal Azis berhasil lulus dalam seleksi tingkat Nasional bersama Suci, siswi dari Kabupaten  Agam.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Melalui Genpro, Bumbu Randang Payakumbuh Dikirim Ke 7 Negara Henny Riza : City of Randang Bukan Gertakan Saja

Payakumbuh --- Impian Kota Payakumbuh agar Randang Go Internasional sudah di depan mata, pasalnya setelah dibantu fasilitasi oleh Global Enterpreneur Profesional (Genpro)...

Rival Pribadi Yakin, Darma Tani Kandidat Terkuat

Tanah Datar,- Rival Pribadi yang didapuk menjadi ketua tim pemenagan darma tani meyakini jika pertahana saat ini masih terkuat dari paslon lain...

Anggota Satgas Pasang Pondasi Tugu TMMD Ke 109 Kodim 0311/Pessel

Pesisir Selatan,- Tampak Personel Satgas TMMD ke-109 menyiapkan pondasi untuk tugu TMMD di nagari pancung taba Kecamatan IV Nagari Bayang Utara.

Pacu Itiak, Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, Simak Sejarahnya

Payakumbuh --- Pacu Itiak atau yang biasa dikenal sebagai Pacu Terbang Itiak merupakan salah satu permainan anak nagari di Kota Payakumbuh telah...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -