27 C
Padang
Sabtu, Agustus 13, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

DIikutii 2.525 Pelajar, Hari I UN di Payakumbuh Berjalan Lancara
D

Kategori -
- Advertisement -

Hari pertama pelaksanaan ujian nasional (UN) SMP di Payakumbuh, Senin (5/5, berjalan tertib, aman dan lancar. Tercatat 2.525 pelajar SMP/MTs dan SMP-LB negeri/swasta dari 17 sekolah ikut UN di kota ini. Walikota Payakumbuh, Riza Falepi bersama Kadisdik H. Hasan Basri Sy, Kakan Kemenag H. Salman K Memed dan sejumlah pejabat lainnya dijajaran Disdik, ikut memantau pelaksanaan UN di seluruh sekolah pelaksana UN, sepanjang Senin itu.

Walikota Payakumbuh, dan rombongan memonitor UN di SMP 1 Jalan Sudirman Payakumbuh. Disekolah ini kepseknya Delfizal, S.Pd, melaporkan jumlah peserta UN sebanyak 208 orang, 16 pelajar berasal dari SMP Muhammdyah. “Alhamdulillah, anak-anak ikut UN semuanya, tidak ada yang sakit atau halangan lainnya” ucap kepsek melaporkan. Target kepala sekolah, seluruh anak-anak lulus 100% dengan nilai yang baik, sama halnya dengan UN tahun-tahun sebelumnya.

Usai memonitor di SMP 1, rombongan walikota menuju MTsN Koto nan Gadang di Kelurahan Talawi, Kecamatan Payakumbuh Utara. Tidak berbeda dengan SMP 1, kepsek MTsN Yenni Fitri, M.Mpd, juga melaporkan, seluruh pelajarnya 147 orang ikut UN. Dari 147 peserta, 10 di antaranya pelajar MTI Kotopanjang, Kecamatan Latina. Ia juga melaporkan anak-anaknya dalam kondisi sehat, dan beberapa hari menjelang UN, para pelajar melakukan do’a bersama di sekolah. Target kepala sekolah ini, anak didiknya juga lulus 100%.

Monitoring UN ini, dilakukan Walikota dan rombongan dari ruang kepala sekolah sambil menerima laporan dari masing-masing kepala sekolah. Suasana di lingkungan sekolah tampak aman dan tenang. Sejumlah guru-guru yang tidak bertugas sebagai pengawas ujian, ikut memonitor di areal lingkungan sekolah. Pengamanan sekolah, juga melibatkan anggota kepolisian berpakaian preman.

Selain memonitor UN, Walikota Riza Falepi, juga menampung aspirasi masing-masing kepsek dan majelis guru, terutama terhadap peningkatan infrastruktur sekolah. Kedua kepsek berharap, tahun depan sekolahnya dapat bantuan tambahan ruang belajar dan fasilitas lainnya. Malahan Kepsek MTsN Koto nan Gadag, minta dibangun asrama guru dan siswa.

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, meminta seluruh jajaran Dinas Pendidikan dan jajaran Kantor Kementerian Agama, terlibat pro aktif menyukseskan UN ini. Walikota berharap, mutu kelulusan SMP ini, dapat dipertanggung jawabkan sebagaimana mestinya. Untuk itu, guru jangan terlibat membantu peserta UN, dalam menjawab soal-soal UN ini. “Mari kita wujudkan pendidikan yang bermutu dan berkarakter di Payakumbuh” ucap Wako.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img