25.5 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Didampingi Unand, KTH Trigona Mandiri Optimis Tingkatkan Produksi dan Upaya Pemasaran Produk Lebah Tanpa Sengat
D

Didampingi UNAND, Kelompok Peternak KTH Trigona Mandiri Optimis Tingkatkan Produksi dan Upaya Pemasaran Produk Lebah dari Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu Kabupaten Padang Pariaman

Kategori -

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Serangga merupakan hewan yang paling banyak jumlah jenis dan individunya di alam karena kemampuannya untuk berkembang dan beradaptasi yang tinggi terhadap kondisi sumber daya dan lingkungan sekitar.

Disamping kehadiran serangga yang terkadang dipandang cendrung merugikan manusia, dikarenakan memang ada beberapa kelompok serangga yang tergolong hama, peranan serangga yang menguntungkan manusia juga tak kalah banyak. Salah satu peranan serangga yang menguntungkan adalah serangga yang berperan sebagai pollinator atau penyerbuk, karena sangat membantu untuk terjadinya proses penyerbukan pada tumbuhan.

Diantara serangga yang berperan sebagai pollinator seperti kupu-kupu, kumbang, lalat dan tawon, lebah merupakan pollinator atau penyerbuk utama di berbagai belahan dunia. Di negara maju, peranan lebah sebagai polinator telah dimanfaatkan berbahga usaha perkebunan besar dan terbukti sangat membantu proses penyerbukan secara signifikan, meningkatkan hasil pertanian sehingga mempengaruhi pendanaan hingga jutaan dolar pertahunnya.

Selain peranannya sebagai pollinator utama di alam, lebah, baik lebah bersengat maupun tak bersengat juga merupakan serangga yang dapat didomestikasi, atau dipelihara di lingkungan manusia untuk tujuan tertentu, sehingga produk berupa madu (hasil utama lebah bersengat) maupun  madu, propolis dan bee polen (yang dighasilkan oleh kelompok lebah tanpa sengat/galo-galo) dapat dimanfaat kan secara langsung maupun melalui pengolahan terlebih dahulu.  

Kabupaten Pariaman yang dikenal sebagai wilayah penghasil kelapa dan beberapa produk lsinnya juga akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus jika memiliki koloni lebah pada perkebunan maupun pemukiman warga. Selain membantu penyerbukan kelapa yang akan meningkatkan produksi kelapa, masyarakat petani dan peternak dapat pula memperoleh madu dan produk lebah lainnya.

Pengelolaan pemeliharaan lebah yang sesuai akan dapat pula membantu peningkatan perekonomian masyarakat. Apalagi pada era Pademi dengan tuntutan kehidupan New Normal yang menuntut kita memperhatikan vitalitas dan imunitas tubuh membuat  konsumsi madu menjadi lebih tinggi dari biasa, sehingga pasar untuk produk lebah sangatlah menjanjikan.

Kamis 17 Desember 2020, di Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu,  Kelompok Pengabdi Universitas Andalas yang terdiri dari beberapa dosen dari berbagai fakultas, alumni dan mahasiswa. Seperti  Dr. Henny Herwina, Dr. Jasmi, Dr. Yaherwandi, M Nazri Janra MA yang tergabung di dalam team pengabdian masyarakat untuk membantu usaha berkembang bermitra dengan Kelompok Peternak Trigona Mandiri di Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringgiang, Kabupaten Padang Pariaman.

Tim ini melakukan dialog dan saling memberi informasi, saran dan masukan serta menampung kendala dan harapan, agar dapat mendampingi usaha masyarakat secara berkelanjutan.

Pendampingan tim pengabdi UNAND ini direncanakan akan dilakukan secara berkelanjutan selama beberapa tahun ke depan (2021-2014 dibawah dukungan langsung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas (LPPM UNAND). “Sejauh ini sebagian besar anggota kelompok peternak masih banyak yang dalam tahap pemula dalam peternakan lebah (beekeeping) sehingga pembekalan teknik masih perlu diberikan secara bertahap”, ujar Yance Andrianus Sp.D.

Ketua KTH Trigona Mandiri menjelaskan. “ Ada 16 orang anggota yang tergabung pada KTH ini, beberapa orang berprofesi sebagai guru sekaligus petani dan peternak agar terus ada penghasilan”, ujar Darwis, Sekretaris KTH Trigona Mandiri. “Pemahaman ilmiah kami mengenai berbagai hal terkait peternakan lebah masih perlu ditingkatkan lagi. Misalnya untuk perbanyakan pakan. Perbanyakan koloni hingga ukuran kotak pemeliharaan yang standar’, tambah Haswiramartha, anggota KTH Trigona mandiri yang mengaku telah memiliki puluhan koloni lebah di rumahnya.

“Hasil dialog hari ini  sangat penting terutama dalam merancang program pengabdian untuk beberapa tahun kedepan, apalagi dari kajian kami ke beberapa wilayah di Sumatra Barat,  Kabupaten Pariaman memiliki jenis lebah tanpa sengat (galo-galo) yang tak ditemukan di semua wilayah peternakan lainnya di Sumbar’, ujar Dr. Henny Herwina. “Harapan dan kendala yang dihadapi mitra saat  ini, terutama untuk teknik peternakan standar perlu kita tindaklanjuti agar hasil usaha dapat maksimal”, ujar Dr. Jasmi.

Dr Jasmi merupakan pakar lebah alumni UNAND dan sekarang tengah mengabdi di STIKES Indonesia. “Pemilihan tanaman pakan yang berpotensi baik serta managemen penamaman yang tepat perlu dibantu pengarahannya, sehingga lebah selalu mendapatkan pakan yang cukup sepanjang tahun dan  produk lebah selalu optimal” tambah Dr. Yaherwandi dari Fakultas Pertanian UNAND..

“Sambil membenahi sistim peternakan lebah agar lebih optimal, melalui berbagai kegiatan LPPM,  perwakilan peternak terus kita didampingi agar lebih mampu  mengolah produk lebah seperti madu, propolis dan produk turunan lainnya, hingga layak dipasarkan dan memiliki legalitas dari dinas terkait.

Pada minggu kedua Desember, ketua kelompok KTH Trogona Mandiri telah mengikuti pelatihan pengurusan PIRT yang diadakan LPPM UNAND yang akan sangat berguna untuk prngrtshusn pengolahan dan pemasaran produk madu dan turunannya. Pada 19 Desember 2020  akan dilanjutkan dengan  Bimtek Pengurusan Izin Usaha yang juga dikelola oleh Inkubator Bisnis dan Teknologi LPPM UNAND dan dapat diikuti oleh dosen dan mahasiswa serta para mitra yang didampingi” jelas Henny yang sangat mengapresiasi dukungan universitas sebagai bagia dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Penulis: Penulis adalah team Pengabdian Masyarakat UNAND 2020
(Ketua: Dr. Henny Herwina)
mengenai  Program Berkelanjutan Membantu Mitra Kth Trigona Mandiri Untuk Tumbuh Kembang Dengan Usaha Budi Daya Lebah Madu Di Kanagarian Batu Gadang Kuranji Hulu Sungai Geringgiang Padang Pariaman dibawah dukungan langsung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas (LPPM UNAND)  dan anggota Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI) Cabang Sumatra Barat.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.
- Advertisement -

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)

DPPKB Padang Pariaman Adakan Pertemuan Pokja di Kampung KB Kencana Saiyo Nagari Tapakih.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman bersama Kecamatan, Wali Nagari dan Penyuluh KB serta para Kader Pokja melakukan pertemuan, hal itu dilakukan dalam rangka kegiatan Integrasi Pembangunan Lintas Sektor dan Kelompok Kerja di Kampung KB Kencana Saiyo, di Surau Rimbo Karambia, Nagari Tapakih, Rabu (31/3).

PR Besar Bupati Baru Padang Pariaman Jelang Pilwana

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Pemilihan Wali Nagari atau yang biasa kita sebut Pilwana merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi masyarakat di tingkat Nagari yang diselenggarakan untuk memilih calon Wali Nagari terbaik versi masyarakat dan memenuhi harapan masyarakat.

Puskesmas Ulakan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 bagi ASN dan Wali Nagari di Wilayahnya

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Puskesmas Ulakan melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19, Kamis (25/3) di Aula Kantor Camat Ulakan Tapakih. Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti surat Bupati Padang Pariaman tentang Pemberian vaksin covid-19 bagi ASN dan petugas pelayanan publik di kecamatan tersebut.

Jembatan Darurat Kelok Pinyaram Dalam Perbaikan, Polisi Minta Pengguna Jalan Lebih Hati-Hati

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Jembatan darurat Kelok Pinyaram yang menghubungkan jalan lintas Padang menuju Bukittinggi maupun sebaliknya diperbaiki sehingga diberlakukan buka tutup arus lalu...

UPZ Nagari Se Kecamatan Ulakan Tapakih Dilantik

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih dilantik oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Padang Pariaman Dr. Rahmat Tk. Sulaiman, Rabu (3/3) di Aula Kantor Ulakan Tapakih. Hadir dalam acara pelantikan, semua wakil ketua BAZNAS sebanyak 4 orang yaitu Fakhri Zaki, Masri Chan, Zulfahmi dan Zulherman. Plt. Camat Ulakan Tapakih Syafruddin, Plt. Kapolsek Nan Sabaris Iptu. Zulkarnaini, Kanit Sabhara Ipda. Junaidi Salat, SH. Danramil 07/PK diwakili oleh Serda Zainal Arifin, KUA Kecamatan, Kasi Trantib Anesa Satria dan Wali Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih.

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...

KPUD Padang Pariaman Gelar Rapat Evaluasi Pilkada 2020

Padang pariaman,BeritaSumbar.com,- Dengan telah usainya pelaksanaan pemilihan kepada daerah serentak 2020, KPUD Padang Pariaman Gelar rapat evaluasi pelaksanaan pilkada. Rapat tersebut digelar selama dua hari di salah satu hotel di Kota Bukittinggi.

H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH Kunjungi Nagari Sikucua Tengah

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH mengunjungi Pemerintahan Nagari Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman. Pada Senin,8/2/2021.

Politeknik Negeri Padang (PNP) menggali Potensi Nagari di Kecamatan Sungai Limau

Politeknik Negeri Padang (PNP) melirik potensi nagari di Kecamatan Sungai Limau, hal ini di lakukan untuk menyelenggarakan pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat (UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9), maka Politeknik Negeri Padang (PNP) sebagai Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang vokasi/ keterampilan / keahlian mewujudkan salah satu dharmanya untuk pengabdian kepada masyarakat.
- Advertisement -