24 C
Padang
Rabu, Januari 27, 2021
Beritasumbar.com

Didampingi Unand, KTH Trigona Mandiri Optimis Tingkatkan Produksi dan Upaya Pemasaran Produk Lebah Tanpa Sengat
D

Didampingi UNAND, Kelompok Peternak KTH Trigona Mandiri Optimis Tingkatkan Produksi dan Upaya Pemasaran Produk Lebah dari Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu Kabupaten Padang Pariaman

Kategori -

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Serangga merupakan hewan yang paling banyak jumlah jenis dan individunya di alam karena kemampuannya untuk berkembang dan beradaptasi yang tinggi terhadap kondisi sumber daya dan lingkungan sekitar.

Disamping kehadiran serangga yang terkadang dipandang cendrung merugikan manusia, dikarenakan memang ada beberapa kelompok serangga yang tergolong hama, peranan serangga yang menguntungkan manusia juga tak kalah banyak. Salah satu peranan serangga yang menguntungkan adalah serangga yang berperan sebagai pollinator atau penyerbuk, karena sangat membantu untuk terjadinya proses penyerbukan pada tumbuhan.

Diantara serangga yang berperan sebagai pollinator seperti kupu-kupu, kumbang, lalat dan tawon, lebah merupakan pollinator atau penyerbuk utama di berbagai belahan dunia. Di negara maju, peranan lebah sebagai polinator telah dimanfaatkan berbahga usaha perkebunan besar dan terbukti sangat membantu proses penyerbukan secara signifikan, meningkatkan hasil pertanian sehingga mempengaruhi pendanaan hingga jutaan dolar pertahunnya.

Selain peranannya sebagai pollinator utama di alam, lebah, baik lebah bersengat maupun tak bersengat juga merupakan serangga yang dapat didomestikasi, atau dipelihara di lingkungan manusia untuk tujuan tertentu, sehingga produk berupa madu (hasil utama lebah bersengat) maupun  madu, propolis dan bee polen (yang dighasilkan oleh kelompok lebah tanpa sengat/galo-galo) dapat dimanfaat kan secara langsung maupun melalui pengolahan terlebih dahulu.  

Kabupaten Pariaman yang dikenal sebagai wilayah penghasil kelapa dan beberapa produk lsinnya juga akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus jika memiliki koloni lebah pada perkebunan maupun pemukiman warga. Selain membantu penyerbukan kelapa yang akan meningkatkan produksi kelapa, masyarakat petani dan peternak dapat pula memperoleh madu dan produk lebah lainnya.

Pengelolaan pemeliharaan lebah yang sesuai akan dapat pula membantu peningkatan perekonomian masyarakat. Apalagi pada era Pademi dengan tuntutan kehidupan New Normal yang menuntut kita memperhatikan vitalitas dan imunitas tubuh membuat  konsumsi madu menjadi lebih tinggi dari biasa, sehingga pasar untuk produk lebah sangatlah menjanjikan.

Kamis 17 Desember 2020, di Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu,  Kelompok Pengabdi Universitas Andalas yang terdiri dari beberapa dosen dari berbagai fakultas, alumni dan mahasiswa. Seperti  Dr. Henny Herwina, Dr. Jasmi, Dr. Yaherwandi, M Nazri Janra MA yang tergabung di dalam team pengabdian masyarakat untuk membantu usaha berkembang bermitra dengan Kelompok Peternak Trigona Mandiri di Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringgiang, Kabupaten Padang Pariaman.

Tim ini melakukan dialog dan saling memberi informasi, saran dan masukan serta menampung kendala dan harapan, agar dapat mendampingi usaha masyarakat secara berkelanjutan.

Pendampingan tim pengabdi UNAND ini direncanakan akan dilakukan secara berkelanjutan selama beberapa tahun ke depan (2021-2014 dibawah dukungan langsung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas (LPPM UNAND). “Sejauh ini sebagian besar anggota kelompok peternak masih banyak yang dalam tahap pemula dalam peternakan lebah (beekeeping) sehingga pembekalan teknik masih perlu diberikan secara bertahap”, ujar Yance Andrianus Sp.D.

Ketua KTH Trigona Mandiri menjelaskan. “ Ada 16 orang anggota yang tergabung pada KTH ini, beberapa orang berprofesi sebagai guru sekaligus petani dan peternak agar terus ada penghasilan”, ujar Darwis, Sekretaris KTH Trigona Mandiri. “Pemahaman ilmiah kami mengenai berbagai hal terkait peternakan lebah masih perlu ditingkatkan lagi. Misalnya untuk perbanyakan pakan. Perbanyakan koloni hingga ukuran kotak pemeliharaan yang standar’, tambah Haswiramartha, anggota KTH Trigona mandiri yang mengaku telah memiliki puluhan koloni lebah di rumahnya.

“Hasil dialog hari ini  sangat penting terutama dalam merancang program pengabdian untuk beberapa tahun kedepan, apalagi dari kajian kami ke beberapa wilayah di Sumatra Barat,  Kabupaten Pariaman memiliki jenis lebah tanpa sengat (galo-galo) yang tak ditemukan di semua wilayah peternakan lainnya di Sumbar’, ujar Dr. Henny Herwina. “Harapan dan kendala yang dihadapi mitra saat  ini, terutama untuk teknik peternakan standar perlu kita tindaklanjuti agar hasil usaha dapat maksimal”, ujar Dr. Jasmi.

Dr Jasmi merupakan pakar lebah alumni UNAND dan sekarang tengah mengabdi di STIKES Indonesia. “Pemilihan tanaman pakan yang berpotensi baik serta managemen penamaman yang tepat perlu dibantu pengarahannya, sehingga lebah selalu mendapatkan pakan yang cukup sepanjang tahun dan  produk lebah selalu optimal” tambah Dr. Yaherwandi dari Fakultas Pertanian UNAND..

“Sambil membenahi sistim peternakan lebah agar lebih optimal, melalui berbagai kegiatan LPPM,  perwakilan peternak terus kita didampingi agar lebih mampu  mengolah produk lebah seperti madu, propolis dan produk turunan lainnya, hingga layak dipasarkan dan memiliki legalitas dari dinas terkait.

Pada minggu kedua Desember, ketua kelompok KTH Trogona Mandiri telah mengikuti pelatihan pengurusan PIRT yang diadakan LPPM UNAND yang akan sangat berguna untuk prngrtshusn pengolahan dan pemasaran produk madu dan turunannya. Pada 19 Desember 2020  akan dilanjutkan dengan  Bimtek Pengurusan Izin Usaha yang juga dikelola oleh Inkubator Bisnis dan Teknologi LPPM UNAND dan dapat diikuti oleh dosen dan mahasiswa serta para mitra yang didampingi” jelas Henny yang sangat mengapresiasi dukungan universitas sebagai bagia dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Penulis: Penulis adalah team Pengabdian Masyarakat UNAND 2020
(Ketua: Dr. Henny Herwina)
mengenai  Program Berkelanjutan Membantu Mitra Kth Trigona Mandiri Untuk Tumbuh Kembang Dengan Usaha Budi Daya Lebah Madu Di Kanagarian Batu Gadang Kuranji Hulu Sungai Geringgiang Padang Pariaman dibawah dukungan langsung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas (LPPM UNAND)  dan anggota Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI) Cabang Sumatra Barat.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.
- Advertisement -

Aprisal PB, Dewan Wajib Jalin Hubungan Yang Harmonis Dengan Segala Lapisan Masyarakat

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ranah Lansek perlu menjalin hubungan yang harmonis dengan semua lapisan masyarakat. Untuk itu diperlu figur-figur pejabat yang memiliki hubungan emosional yang baik dengan semua stackholder di daerah ini, kata Aprisal PB, ketua fraksi Amanat Nasional di gedung DPRD Sijunjung, Selasa (26/1).

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.
- Advertisement -

Disdukcapil Kota Payakumbuh Maksimalkan Pelayanan Keliling

Sejak awal tahun 2021 ini Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh langsung tancap gas melakukan pelayanan keliling, salah satunya adalah perekaman KTP elektronik (KTP-el) kepada seluruh masyarakat Payakumbuh yang belum rekam dan memiliki KTP-el.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Yayasan Fisabilillah Bangun Surau Di Nagari Tandikek

Acara peletakan batu pertama pembangunan mushalla Ar-Rasul, Korong Data Kampung Jambak, Nagari Tandikek, Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman, berjalan sukses dan khidmad, Kamis (31/12/2020).

Dilaporkan Kuasa Hukum Paslon 02, KPU Padang Pariaman Hormati Langkah Hukum

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ory Sativa Sakban terkait dengan laporan kuasa hukum Paslon 02 Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Try Suryadi-Taslim, mengatakan , KPU Padang Pariaman menghormati langkah hukum atau langkah konstitusional yang ditempuh oleh Pihak Paslon 02 tersebut.

Pasangan Suhatri Bur-Rahmang Kantongi 40,66% Suara Di Pilbup Padang Pariaman

Ketua Tim Pemenangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman nomor urut 1, Suhatri Bur-Rahmang, H. Tambi telah menerima hasil rekapitulasi penghitungan suara dari Ketua komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Pariaman, Edy Zulnaidi, SH, Rabu (16/12/2020) pagi menjelang subuh sekitar 02.49 Wib di Kantor KPU Parit Malintang. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Tim Pemenangan Suhatri Bur-Rahmang, H. Muslim Zein, SH melalui WhatsApp nya, Rabu (16/12/2020).

LIMAPIA Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Selasa 24/11 siang Mahasiswa yang tergabung dalam Lingkaran Mahasiswa Piaman (LIMAPIA) datangi gedung perwakilan rakyat Kabupaten Padang Pariaman. Kedatangan calon intelektual muda...

BKAN Melanjutkan Sosialisasi Program Kepada Karang Taruna Dan Kesatuan Mahasiswa Ulakan Tapakis

Padang Pariaman, BeritaSumbar.com,- Badan Kerjasama Antar Nagari (BKAN) Kecamatan Ulakan Tapakis kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat, kembali menggelar Pertemuan dan Sosialisasi di Aula...

Peminat KPPS Di Kecamatan VII Koto Padang Pariaman Melimpah

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan VII Koto Sungai Sariak menyerahkan hasil seleksi calon Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) oleh Panitia Pemungutan...

Pengurus Syattariyah Padang Pariaman dan Ulakan Tapakis Dikukuhkan

Padang Pariaman, BeritaSumbar -- Pengurus Syattariyah Kabupaten Padang Pariaman dan Kecamatan Ulakan Tapakis, Sabtu (14/11) dikukuhkan di Masjid Raya Syekh Madinah, Nagari Sungai Gimba...

PPK VII Koto Sungai Sariak Cek Kelayakan TPS

Padang Pariaman, www.beritasumbar.com- Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman  bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) melakukan pengecekan Tempat...

PPK VII Koto Sungai Sariak Gencarkan Sosialisasi Pilkada 2020

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Saat ini, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman sedang gencar gencarnya melakukan sosialisasi, hal itu...
- Advertisement -