27 C
Padang
Sabtu, Oktober 16, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dengar Keluhan Warga, Anggota Fraksi PKB Ini Ajak PUPR Tinjau Lokasi Pembangunan Bendungan
D

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, Berita Sumbar.com,–Mendengar keluhan dan penderitaan masyarakat dalam pengelolaan persawahan tadah hujan selama ini, akhirnya anggota fraksi Partai Kebangkitan Bangsa ( FPKB) Amlasta Boy, mengajak Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung dan Forkopinca Kecamatan Koto Vll, meninjau lokasi pembuatan bendung irigasi skala besar.

Adapun lokasi sasaran pembuatan irigasi skala besar ini terletak di Nagari Pamuatan Kecamatan Kupitan kabupaten Sijunjung.

Seandainya terujud Irigasi Batang Lunto ini, sedikitnya 1500 hetar sawah tadah hujan di kecamatan Koto Vll, akan bisa dialirinya, kata Amlasta Boy, Tanjung Ampalu Senen (28/6). Selama ini kita prihatin melihat kondisi yang dialami para petani sawah Kecamatan Koto Vll, masyarakat Nagari Limo Koto, Nagari Tanjung, Nagari Guguk, Nagari Padang Laweh, Nagari Palaluar dan Nagari Bukit Bual, hanya bisa setahun sekali mengolah sawah mereka, karena berharap dari langit.

Yang lebih menyedihkan, sawah sudah ditanami padi, sebulan kemudian hari panas, sehingga membuat sawah kering kerontang sampai gagal panen. Berapa kerugian yang mereka alami, ratusan ribu mereka keluarkan untuk mengolah sawah tersebut, jelas Amlasta Boy Fraksi PKB ini.

Berangkat dari rasa keprihatinan dari masyarakat inilah kita coba membuat terobosan untuk membuat bendungan irigari Batang Lunto. Supaya mimpi ini menjadi kenyataan, kita ajak Dinas terkait untuk meninjau lokasi yang akan kita manfaatkan ini, tambah Boy. Sekretaris Dinas PUPR Sarwo Edi bersama dua orang tenaga ahli pengairan Dinas PUPR kabupaten Sijunjung yang turun langsung kelokasi Batang Lunto mengatakan, kalau secara geografis, elevasi beda tinggi dan debit air diatas 500 liter perdetik yang tersedia, sangat memungkinkan irigasi ini bisa diwujudkan.

Namun demikian akan kita kaji secara teknis dengan perencanaan yang matang. Kita hitung berapa biaya yang dibutuhkan secara rinci , disamping itu, kita minta pemerintahan kecamatan, pemerintahan Nagari untuk bisa merembukan rencana ini ditingkat pemerintahaan terbawa bersama masyarakat.

Sebab, dalam pembangunan ini, akan banyak dampak positif dan negatifnya. Positifnya, areal persawahan akan bisa teraliri secara maksimal dan jika perlu ada cetak sawah baru.kalau secara negatinya ada lahan masyarakat yang akan terpakai untuk pembangunannya. Sejak bendungan sampai kepada pembangunan salurannya nanti, jelas Sarwo Edi.

Untuk mengujudkan ide berlian anggota fraksi PKB ini perlu kita musyawarakatkan di tingkat masyarakat dan kita koordinasikan dengan OPD terkait. Kalau masalah dana pembangunan, banyak opsi yang bisa kita sampaikan, mulai dari APBD Kabupaten, APBD provinsi dan bisa dengan APBN, yang penting kita samakan maksud dan tujuan kita untuk membangun Irigari Batang Lunto ini.kita berharap pada hari Kamis ini, sudah ada pertemuan ditingkat kecamatan bersama pemerintahan nagari di kecamatan Koto Vll, baru kita tindak lanjuti di tingkat kabupaten, janji Sarwo Edi.(Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img