25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Dengar Keluhan Warga, Anggota Fraksi PKB Ini Ajak PUPR Tinjau Lokasi Pembangunan Bendungan
D

Kategori -

Sijunjung, Berita Sumbar.com,–Mendengar keluhan dan penderitaan masyarakat dalam pengelolaan persawahan tadah hujan selama ini, akhirnya anggota fraksi Partai Kebangkitan Bangsa ( FPKB) Amlasta Boy, mengajak Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung dan Forkopinca Kecamatan Koto Vll, meninjau lokasi pembuatan bendung irigasi skala besar.

Adapun lokasi sasaran pembuatan irigasi skala besar ini terletak di Nagari Pamuatan Kecamatan Kupitan kabupaten Sijunjung.

Seandainya terujud Irigasi Batang Lunto ini, sedikitnya 1500 hetar sawah tadah hujan di kecamatan Koto Vll, akan bisa dialirinya, kata Amlasta Boy, Tanjung Ampalu Senen (28/6). Selama ini kita prihatin melihat kondisi yang dialami para petani sawah Kecamatan Koto Vll, masyarakat Nagari Limo Koto, Nagari Tanjung, Nagari Guguk, Nagari Padang Laweh, Nagari Palaluar dan Nagari Bukit Bual, hanya bisa setahun sekali mengolah sawah mereka, karena berharap dari langit.

Yang lebih menyedihkan, sawah sudah ditanami padi, sebulan kemudian hari panas, sehingga membuat sawah kering kerontang sampai gagal panen. Berapa kerugian yang mereka alami, ratusan ribu mereka keluarkan untuk mengolah sawah tersebut, jelas Amlasta Boy Fraksi PKB ini.

Berangkat dari rasa keprihatinan dari masyarakat inilah kita coba membuat terobosan untuk membuat bendungan irigari Batang Lunto. Supaya mimpi ini menjadi kenyataan, kita ajak Dinas terkait untuk meninjau lokasi yang akan kita manfaatkan ini, tambah Boy. Sekretaris Dinas PUPR Sarwo Edi bersama dua orang tenaga ahli pengairan Dinas PUPR kabupaten Sijunjung yang turun langsung kelokasi Batang Lunto mengatakan, kalau secara geografis, elevasi beda tinggi dan debit air diatas 500 liter perdetik yang tersedia, sangat memungkinkan irigasi ini bisa diwujudkan.

Namun demikian akan kita kaji secara teknis dengan perencanaan yang matang. Kita hitung berapa biaya yang dibutuhkan secara rinci , disamping itu, kita minta pemerintahan kecamatan, pemerintahan Nagari untuk bisa merembukan rencana ini ditingkat pemerintahaan terbawa bersama masyarakat.

Sebab, dalam pembangunan ini, akan banyak dampak positif dan negatifnya. Positifnya, areal persawahan akan bisa teraliri secara maksimal dan jika perlu ada cetak sawah baru.kalau secara negatinya ada lahan masyarakat yang akan terpakai untuk pembangunannya. Sejak bendungan sampai kepada pembangunan salurannya nanti, jelas Sarwo Edi.

Untuk mengujudkan ide berlian anggota fraksi PKB ini perlu kita musyawarakatkan di tingkat masyarakat dan kita koordinasikan dengan OPD terkait. Kalau masalah dana pembangunan, banyak opsi yang bisa kita sampaikan, mulai dari APBD Kabupaten, APBD provinsi dan bisa dengan APBN, yang penting kita samakan maksud dan tujuan kita untuk membangun Irigari Batang Lunto ini.kita berharap pada hari Kamis ini, sudah ada pertemuan ditingkat kecamatan bersama pemerintahan nagari di kecamatan Koto Vll, baru kita tindak lanjuti di tingkat kabupaten, janji Sarwo Edi.(Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...

Bupati Sijunjung Buka Kegiatan Gebyar PKH Cinta Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka secara resmi kegiatan Gebyar PKH Cinta vaksin Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Senin (19/7).

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...
- Advertisement -