27 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Dari Alek Demokrasi LKAAM dan Bundo Kanduang Payakumbuh, DT. PADUKO BOSA MARAJO DAN HJ. MISNAH RAIH SUARA TERBANYAK
D

Kategori -

Alek demokrasi ninik mamak dan bundo kanduang Payakumbuh berlangsung sangat demokratis di gedung DPRD Jalan Sukarno-Hatta Payakumbuh, Sabtu (7/11). Musda ke VI LKAAM dan Bundo Kanduang Payakumbuh itu melalui pemungutan suara yang cukup alot,  berhasil menunjuk W. Dt. Paduko Bosa Marajo, sebagai ketua LKAAM dan Hj. Misnah, BA sebagai Ketua Bundo Kanduang,  periode 2015-2020.

Musda LKAAM dan Bundo Kanduang itu dibuka Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi selaku pucuak undang. Dihadiri Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam,   Wakil Ketua DPRD H. Suparman, Ketua LKAAM Sumbar diwakili Ismet Fauzi Dt. Paduko  Bosa, Ketua Bundo Kanduang Sumbar diwakili dra. Hj. Rosneli Boer, Kapolresta AKBP Yuliani, SH, Pembina Bundo Kanduang Payakumbuh Ny. Hj. Henny Riza Falepi, sejumlah pimpinan SKPD dan undangan lainnya.

Selain menetapkan ketua LKAAM dan Bundo Kanduang, peserta Musda yang berdatangan dari 10 nagari dan LKAAM lima kecamatan di kota itu,  juga menerima pertanggungjawaban pengurus LKAAM sebelumnya dipimpin IZ. Dt. Rajo Simarajo dan Bundo Kanduang  sebelumnya, dipimpin Hj. Misnah. Ucapan terimakasih mengalir kepada Dt. Rajo Simarajo dan Misnah yang sukses memimpin LKAAM dan Bundio Kanduang selama ini.

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi Dt. Rajo Kaampek Suku, dalam sambutannya, mengajak seluruh ninik mamak dan bundo kanduang, untuk selalu meningkatkan kemampuan SDM, sesuai dengan kemajuan zaman.  Selain itu, walikota juga mengingatkan, agar budaya Minang  yang selalu  baiyo batido,  berdialog lewat  musyawarah mufakat harus dibudayakan, dalam memajukan kampung dan nagari.

Walikota Riza Falepi, meminta, agar seluruh ninik mamak untuk ikut memberikan masukan dalam memajukan Payakumbuh. Walikota  membuka ruang selebar-lebarnya buat ninik mamak untuk berkomunikasi dengan pemerintah kota dalam segala aspek kegiatan pembangunan.

Nada yang sama juga disampaikan Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, saat didaulat memberi sambutan. Dt. Alam berjanji, bersama pemko akan memperhatikan  keberadaan LKAAM dan Bundo Kanduang, agar eksistensinya dalam membangun kelembagaan adat di kota ini, akan dirasakan anak nagari.

Ketua DPRD juga mengajak pemko bersama LKAAM untuk merumuskan kembali bentuk lambang daerah, dengan tambahan jumlah nagari yang sudah menjadi 10 nagari. “Kita di dewan siap merobah Perda tentang lambang daerah ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua LKAAM Sumbar diwakili Ismet Fauzi Dt. Paduko  Bosa dan  Ketua Bundo Kanduang Sumbar diwakili dra. Hj. Rosneli Boer, dalam sambutannya sama-sama berharap, agar peran LKAAM dan Bundo Kanduang ke depan lebih ditingkatkan, dalam melahirkan pemuda dan perempuan Sumatera Barat  yang berkepribadian luhur, sesuai budaya Minangkabau.

Dalam hal menyelesaikan setiap persoalan di nagari, Ketua LKAAM mengingatkan, agar fungsi lembaga kerapatan adat di setiap nagari lebih difungsikan. Jangan setiap silang sangketa yang terjadi, penyelesaiannya sampai ke aparat penegak hukum. Sesuai budaya Minang, penyelesaiannya dilakukan sesuai limbago adat, bajanjang naik dan batanggo turun, sebutnya.

“Jika kusuik bulu ayam, paruah manyalasaikan. Jika kusuik rambuik sikek manyalasaikan.  Dan kusuik sarang tampuo sekalipun, masih bisa disalasaikan, bukan harus dibakar. Melainkan, randam dalam aia, tarik satu-satu akar kusutnya,” tegasnya.

17 Suara

Dari lima calon ketua yang diusulkan 10 nagari, ketua terpilih W. Dt. Paduko Bosa Marajo, dari Nagari Payobasuang, Payakumbuh Timur, berhasil merebut 17 dari 44 suara yang diperebutkan.  Pesaingnya, FM. Dt. Bandaro nan Balidah, dari Aia Tabik Payakumbuh Timur, harus puas dengan 10 suara. Kemudian, A. Dt. Parpatiah dari  Sungai Durian, Latina mengantongi 10 suara, A. Dt. Pdk Marajo, meraih 5 suara dan W. Dt.  Ogah nol  suara.

Sementara itu, Hj. Misnah dari Koto nan Ampek, yang terpilih kembali sebagai Ketua Bundo Kanduang, saat pemilihan berhasil merebut 24 suara, disusul Nuraini dari Lampasi meraih 18 suara dan Riwayati juga dari Koto nan Ampek merebut 16 suara.

Duet Ketua OC FM Dt. Bandaro nan Balidah dan Ketua SC, H. Maharnis Zul, mengaku puas telah mengantarkan acara baralek Musda VI LKAAM dan Bundo Kanduang itu. “Kami puas, kegiatan berjalan   tertib aman dan lancar. Meski minim anggaran, tapi dukungan dari pemko dan DPRD  yang memfasilitasi acara, beban berat itu menjadi ringan. Inilah budaya gotong royong yang masih terpelihara dikalangan anak nagari Payakumbuh,” kata Maharnis  didampingi dua penghantar acara Musda Zamnina dan  F. Dt. Sinaro Dirajo.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).
- Advertisement -

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Mimpi bertemu sang Ayah, “Sang Datuk” nya anak-anak; Ceracau soal Wanita hingga Virus Corona

Lama tak berjempa dengan beliau, seingat kami sejak kasus Aksi Panas 4 Maret 2004 bersama Forum Aksi Demokrasi Arus Bawah Univ. Negeri Padang yang berujung di tahannya 20 aktivis UNP oleh sang Rektor waktu itu, beliau mangkat pas seminggu sebelum usai kami dibebas tahankan tepatnya 4 Mei 2004; baru sekali beliau datang dalam mimpi panjang. Entah apa hikmahnya gerangan, hanya Allah SWT yang lebih tahu.
- Advertisement -

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -