25.5 C
Padang
Friday, October 30, 2020

Dari Alek Demokrasi LKAAM dan Bundo Kanduang Payakumbuh, DT. PADUKO BOSA MARAJO DAN HJ. MISNAH RAIH SUARA TERBANYAK

Alek demokrasi ninik mamak dan bundo kanduang Payakumbuh berlangsung sangat demokratis di gedung DPRD Jalan Sukarno-Hatta Payakumbuh, Sabtu (7/11). Musda ke VI LKAAM dan Bundo Kanduang Payakumbuh itu melalui pemungutan suara yang cukup alot,  berhasil menunjuk W. Dt. Paduko Bosa Marajo, sebagai ketua LKAAM dan Hj. Misnah, BA sebagai Ketua Bundo Kanduang,  periode 2015-2020.

Musda LKAAM dan Bundo Kanduang itu dibuka Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi selaku pucuak undang. Dihadiri Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam,   Wakil Ketua DPRD H. Suparman, Ketua LKAAM Sumbar diwakili Ismet Fauzi Dt. Paduko  Bosa, Ketua Bundo Kanduang Sumbar diwakili dra. Hj. Rosneli Boer, Kapolresta AKBP Yuliani, SH, Pembina Bundo Kanduang Payakumbuh Ny. Hj. Henny Riza Falepi, sejumlah pimpinan SKPD dan undangan lainnya.

Selain menetapkan ketua LKAAM dan Bundo Kanduang, peserta Musda yang berdatangan dari 10 nagari dan LKAAM lima kecamatan di kota itu,  juga menerima pertanggungjawaban pengurus LKAAM sebelumnya dipimpin IZ. Dt. Rajo Simarajo dan Bundo Kanduang  sebelumnya, dipimpin Hj. Misnah. Ucapan terimakasih mengalir kepada Dt. Rajo Simarajo dan Misnah yang sukses memimpin LKAAM dan Bundio Kanduang selama ini.

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi Dt. Rajo Kaampek Suku, dalam sambutannya, mengajak seluruh ninik mamak dan bundo kanduang, untuk selalu meningkatkan kemampuan SDM, sesuai dengan kemajuan zaman.  Selain itu, walikota juga mengingatkan, agar budaya Minang  yang selalu  baiyo batido,  berdialog lewat  musyawarah mufakat harus dibudayakan, dalam memajukan kampung dan nagari.

Walikota Riza Falepi, meminta, agar seluruh ninik mamak untuk ikut memberikan masukan dalam memajukan Payakumbuh. Walikota  membuka ruang selebar-lebarnya buat ninik mamak untuk berkomunikasi dengan pemerintah kota dalam segala aspek kegiatan pembangunan.

Nada yang sama juga disampaikan Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, saat didaulat memberi sambutan. Dt. Alam berjanji, bersama pemko akan memperhatikan  keberadaan LKAAM dan Bundo Kanduang, agar eksistensinya dalam membangun kelembagaan adat di kota ini, akan dirasakan anak nagari.

Ketua DPRD juga mengajak pemko bersama LKAAM untuk merumuskan kembali bentuk lambang daerah, dengan tambahan jumlah nagari yang sudah menjadi 10 nagari. “Kita di dewan siap merobah Perda tentang lambang daerah ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua LKAAM Sumbar diwakili Ismet Fauzi Dt. Paduko  Bosa dan  Ketua Bundo Kanduang Sumbar diwakili dra. Hj. Rosneli Boer, dalam sambutannya sama-sama berharap, agar peran LKAAM dan Bundo Kanduang ke depan lebih ditingkatkan, dalam melahirkan pemuda dan perempuan Sumatera Barat  yang berkepribadian luhur, sesuai budaya Minangkabau.

Dalam hal menyelesaikan setiap persoalan di nagari, Ketua LKAAM mengingatkan, agar fungsi lembaga kerapatan adat di setiap nagari lebih difungsikan. Jangan setiap silang sangketa yang terjadi, penyelesaiannya sampai ke aparat penegak hukum. Sesuai budaya Minang, penyelesaiannya dilakukan sesuai limbago adat, bajanjang naik dan batanggo turun, sebutnya.

“Jika kusuik bulu ayam, paruah manyalasaikan. Jika kusuik rambuik sikek manyalasaikan.  Dan kusuik sarang tampuo sekalipun, masih bisa disalasaikan, bukan harus dibakar. Melainkan, randam dalam aia, tarik satu-satu akar kusutnya,” tegasnya.

17 Suara

Dari lima calon ketua yang diusulkan 10 nagari, ketua terpilih W. Dt. Paduko Bosa Marajo, dari Nagari Payobasuang, Payakumbuh Timur, berhasil merebut 17 dari 44 suara yang diperebutkan.  Pesaingnya, FM. Dt. Bandaro nan Balidah, dari Aia Tabik Payakumbuh Timur, harus puas dengan 10 suara. Kemudian, A. Dt. Parpatiah dari  Sungai Durian, Latina mengantongi 10 suara, A. Dt. Pdk Marajo, meraih 5 suara dan W. Dt.  Ogah nol  suara.

Sementara itu, Hj. Misnah dari Koto nan Ampek, yang terpilih kembali sebagai Ketua Bundo Kanduang, saat pemilihan berhasil merebut 24 suara, disusul Nuraini dari Lampasi meraih 18 suara dan Riwayati juga dari Koto nan Ampek merebut 16 suara.

Duet Ketua OC FM Dt. Bandaro nan Balidah dan Ketua SC, H. Maharnis Zul, mengaku puas telah mengantarkan acara baralek Musda VI LKAAM dan Bundo Kanduang itu. “Kami puas, kegiatan berjalan   tertib aman dan lancar. Meski minim anggaran, tapi dukungan dari pemko dan DPRD  yang memfasilitasi acara, beban berat itu menjadi ringan. Inilah budaya gotong royong yang masih terpelihara dikalangan anak nagari Payakumbuh,” kata Maharnis  didampingi dua penghantar acara Musda Zamnina dan  F. Dt. Sinaro Dirajo.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Amrizal Munaf Pimpin Tim Pemenangan Darma Tani Batipuah

Tanah Datar,- Puluhan orang yang tergabung dalam barisan pemenangan darma tani berkumpul sambil santap siang dirumah makan pak martin kota padang panjang...

HWK Sumbar Bantu Tiga Keluarga Tinggal Satu Atap di Kota Padang

PADANG - Pandemi Covid-19 yang belum kunjung reda semakin berdampak pada perekonomian masyarakat. Seperti yang tengah dialami oleh tiga keluarga yang tinggal satu...

Polres Limapuluh Kota Berhasil Mengamankan Dua Tersangka yang Miliki 135 Paket Besar Ganja

Limapuluh Kota, www.beritasumbar.com - Kepolisian Resor (Polres) Limapuluh Kota berhasil mengamankan dua tersangka penyalahgunaan narkotika berinisial RS dan YFA yang miliki 135...

Bersama Mahasiswa, Dedi Rahmanto Putra, gelar Tanya Jawab dan Diskusi

Pesisir Selatan ,- Tokoh muda Pesisir Selata, Dedi Rahmanto Putra juga calon bupati Pesisir Selatan no urut 3, melakukan silahturahmi dengan Mahasiswa asal...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Tanah Datar Selalu Imbau Pengunjung Pasar Batusangkar Gunakan Masker

Tanah Datar, www.beritasumbar.com- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres tanah Datar selalu mengimbau pengunjung Pasar Batusangkar agar tetap memakai masker, guna mencegah penyebaran...

Polres Limapuluh Kota Berhasil Mengamankan Dua Tersangka yang Miliki 135 Paket Besar Ganja

Limapuluh Kota, www.beritasumbar.com - Kepolisian Resor (Polres) Limapuluh Kota berhasil mengamankan dua tersangka penyalahgunaan narkotika berinisial RS dan YFA yang miliki 135...

Bawaslu Limapuluh Kota Telah Keluarkan Enam Peringatan Selama Masa Kampanye

Limapuluh Kota, BeritaSumbar - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota telah mengeluarkan enam peringatan tertulis kepada calon yang maju dalam Pilkada...

Peringati Sumpah Pemuda, Kodim 0310/SSD Gelar Penegakan Protokol Kesehatan

Sijunjung, www.beritasumbar.com - Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-92 tahun 2020 jajaran Komando Distrik Militer (KODIM) 0310/SSD menggelar penegakan disiplin protokol kesehatan kepada...
- Advertisement -