26 C
Padang
Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Curah Hujan Tinggi, Warga Nagari Labuh Gotong Royong Benahi Drainase
C

Kategori -
- Advertisement -

Tanah Datar – Ratusan warga Nagari Labuh Kecamatan Lima Kaum, melaksanakan gotong-royong membersihkan drainase jalan yang ada di daerah itu, Sabtu (24/12/2023).

Wali Nagari Labuah Wahyudi Asri menyebutkan, aksi sosial yang dilakukan masyarakat nagari Labuah untuk membersihkan bahu jalan dan drainase yang sudah lama tidak berfungsi dengan maksimal.

“Goro Serentak nagari ini merupakan tanda masih tingginya partisipasi masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, dengan membersihkan drainase maupun parit maka tidak ada genangan air yang diakibatkan hujan sehingga bisa menyebabkan longsor dan air mengalir kebadan jalan.

Ia menjelskan, gotong royong tersebut juga merupakan tindak lanjut dari keluhan masyarakat berkenaan dengan drainase yang sudah lama tidak berfungsi normal, dan keinginan kuat masyarakat untuk kembali bahu membahu melaksanakan gotong royong serentak senagari Labuh yang sudah lama tidak terlaksana.

“Warga membersihkan selokan dan jalan ini agar saat hujan aliran air tak menggenangi jalan serta rumah warga,” sebut dia

Sedangkan untuk konsumsi makanan bagi warga yang ikut bergotong-royong terang dia, berasal dari sumbangan masyarakat.

“Kepada masyarakat yang sudah memberikan sumbangan makanan untuk warga yang ikut gotong royong kmai ucapkan terima kasih,” ucapnya

Ia menambahkan, kegiatan tersebut juga disupport penuh oleh BPRN dan juga Kerapatan Adat Nagari, dibuktikan dengan aktifnya niniak mamak dalam mengarahkan warga dalam kegiatan ini, serta bundo kanduang.

“Kita berharap, semoga tradisi ini tetap bisa dilaksanakan warga karena, saat gotong-royong inilah dapat menjadi ajang silaturahmi antar sesama,” ujarnya. (ben)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img