28 C
Padang
Rabu, Juni 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Ciptakan Kota Ranah lansek manih Yang Bersih, Dinas Perkim Sijunjung Maksimalkan Kerja Betor Sampah
C

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Sampah yang di hasilkan rumah penduduk bukanlah hal sepele. Untuk tidak menjadi masalah apalagi sampai menjadi pembawa wabah ditengah pemukiman masyarakat, Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup kabupaten Sijunjung aktifkan tenaga penjemputan sampah ke rumah warga.

7 Unit becak motor di operasikan Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup kabupaten Sijunjung.

Arif Maigayanto mengatakan ada 7 ( tujuh) becak motor (bentor) yang dioperasikan untuk pengumpulan sampah di pemukiman masyarakat mampu mengangkut dua kubik sampah yang berasal dari rumah tangga. Nantinya sampah yang diangkut bentor akan dipindahkan bak-bak sampah terdekat lalu diangkut dengan truk untuk dibuang ke TPA Muaro Batuk.

Warga tinggal menggantungkan sampah di gantungan yang ada di depan rumah. Pasukan kebersihan dengan betor akan menjemput. Dengan ini kita bisa mewujudkan kota Sijunjung yang Bersih, ujar Arif kepada media ini kemaren.

Kedepan peningkatan pelayanan kebersihan akan terus dilakukan dengan berbagai inovasi dan terobosan,imbuh kadis.

Bentor yang tujuh ini kerjanya mobile, dengan jalur jalur tertentu setiap hari, Sehingga tidak ada yang mengganggu pemandangan kota, jadi kota pertemuan ini indah bersih dari sampah, tekad Arif. Bentor itu akan digunakan sebagai pelayanan pengangkutan sampah langsung di lingkungan masyarakat.

Pengoperasian Betor ini oleh Dinas Perkim Sijunjung dalam upaya untuk memaksimalkan program menciptakan Kota Pertemuan Ranah Lansek Manih yang bersih. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menambah jumlah kendaraan operasional berupa becak motor (bentor) guna mengangkut sampah di titik-titik penumpukan.

Kadis juga menghimbau kepada masyarakat untuk mengumpulkan sampah rumah tangganya dalam kantong- kantong yang kuat dan ditempatkan dilokasi yang aman dari jangkauan binatang, sebelum diambil petugas bentor.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img