31 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

"BUSUR PEDULI" Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19
&

Padang Panjang,BeritaSumbar.com, – Banyak masyarakat terdampak Covid-19. Terutama mereka yang tidak punya penghasilan tetap. Untuk itu banyak pula kelompok masyarakat dan warga ingin meringankan beban sesama di musim sulit ini, Kamis (14/05)
Saat seperti ini pulalah gerakan sosial, gotong royong atau kepedulian perlu dibangun menghadapi dampak Covid-19 ini. Seperti yang dilakukan masyarakat di Kelurahan Bukit Surungan, Padang Panjang.
baca juga: Bandara Soekarno Hatta Diserbu Penumpang

Berawal dari kemauan dan inisiatif untuk membantu meringankan beban masyarakat sekitar, yang terkena dampak dari merebaknya pandemi Covid-19, masyarakat di Kelurahan Bukit Surungan, meluncurkan kegiatan yang diberi nama dengan “BUSUR PEDULI”.
Robi, salah seorang anggota yang tergabung ke dalam gerakan Busur Peduli mengatakan, gerakan pertama dari Busur Peduli ini diberi nama Gerakan Nasi Bungkus dengan sasaran mahasiswa yang masih tinggal di Padang Panjang, tukang ojek dan warga kurang mampu yang ada di sekitaran kawasan Bukit Surungan.
“Kegiatan nasi bungkus ini telah berjalan sebanyak 6 kali, selanjutnya yang ke 2 kami lanjut dengan Gerakan Sembako yang lebih kurang 30 paket sembako telah dibagikan dengan sasaran mahasiswa dan masyarakat sekitar,” jelasnya.
Pada PSBB tahap 1 kemarin Busur Peduli juga telah membagikan sebanyak 150 buah masker, yang diberikan kepada pengendara motor yang melintas di sekitaran Kelurahan Busur. Kegiatan tersebut diberi nama dengan Busur Masker.
“Dan yang terbaru kami lanjut dengan gerakan busur bagi-bagi takjil. Selama bulan suci Ramadhan ini kami sudah melaksanakan kegiatan sebanyak 2 kali. Tahap 1 dengan 50 paket dan tahap 2 sebanyak 60 paket,” ujar Robi.
Semua kebutuhan yang diperlukan dalam gerakan Busur Peduli tersebut, berasal dari dana sumbangan dan donasi yang diberikan oleh masyarakat sekitar dan para perantau.
“Untuk sementara hanya ini kegiatan yang bisa kami lakukan dalam membantu meringankan beban dari saudara-saudara kami yang terkena dampak dari pandemi ini. Walau sedikit setidaknya kami masih bisa berbagi,” jelasnya.
Namun demikian, Robi mengatakan selama masih ada para donatur yang memberikan sedikit rezekinya pada gerakan Busur Peduli, mereka akan terus berjalan.
Kegiatan Busur Peduli ini juga didukung oleh Lurah Bukit Surungan dan Karang Taruna.(relis)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Waspadai ! Perbudakan Intelektual dibalik Akreditasi Perguruan Tiggi

Perguruan Tinggi / Kampus adalah salah satu wadah pendidikan yang sangat berperan penting untuk kemajuan peradaban bangsa dengan mencetak para intelektual yang berkualitas. Melalui keilmuan yang dimilikinya mereka akan terjun kemasyarakat untuk menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi.
- Advertisement -

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.
- Advertisement -

Ide Sekolah Tangguh Covid-19, Erwin Yunaz Siapkan Pilot Proyek Di Kecamatan Payakumbuh Barat

Proses belajar mengajar (PBM) tatap muka sudah dimulai di Payakumbuh sejak awal tahun 2021. Namun kondisi pandemi Covid-19 membuat protokol kesehatan ketat harus diterapkan di sekolah. Seluruh warga sekolah seperti siswa, guru, dan tenaga kependidikan wajib memakai masker, mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh untuk bisa masuk ke lingkungan sekolah.

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -