26 C
Padang
Rabu, Mei 22, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bupati Eka Putra Buka Secara Resmi Festival Pesona Nagari Tuan Kadi
B

Kategori -
- Advertisement -

Padang Ganting, BeritaSumbar.com, – Ditandai dengan makan Lopek Baisi secara serentak, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM secara resmi membuka Progam Unggulan (Progul) Satu Nagari, Satu Event Festival Pesona Nagari Tuan Khadi, dilapangan Guguak Piliang Bukik, Nagari Padang Gatiang, Sabtu (29/7/2023).

Bupati Eka Putra mengatakan Nagari Padang Ganting juga terkenal memiliki beberapa potensi wisata yang bernilai tinggi.Yakni, Makam Tuan Kadhi, Pemandian Air Panas, Batu Jajak Nabi dan Air Terjun Tujuh Tingkat (Aia Tajun Tujuah Tingkek).

“Melalui kegiatan ini, kita berharap potensi wisata di Nagari Padang Ganting dapat dikenal secara luas, sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan ke Luhak Nan Tuo ini,” ujarnya.

Bupati Eka Putra mengatakan tarian kolosal yang disajikan di Festival Pesona Nagari Tuan Khadi Insya Allah akan ditampilkan pada acara tahunan Pemerintah Daerah (Pemda) Tanah Datar yaitu Festival Pesona Minangkabau (FPM) di tahun ini.

“Nagari Padang Ganting adalah penyelenggara ke enam Satu Nagari, Satu Event di tahun 2023 ini. Insya Allah, tarian Kolasal yang telah kita saksikan bersama-sama tadi akan tampil di FPM tahun 2023,” ujar Bupati Eka Putra.

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra juga mengapresiasi para perantau Padang Ganting yang ikut berkontribusi atas terselenggaranya kegiatan itu. “Festival Pesona Tuan Kadhi didukung oleh perantau. Ini menandakan kekompakan masyarakat Nagari Padang Ganting baik di kampung halaman maupun yang ada di perantauan,” ujarnya.

Sebelumnya, salah seorang tokoh masyrakat Nagari Padang Ganting Musliar Kasim mengaku bangga dengan terselenggaranya Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi yang akan memberikan begitu banyak dampak positif ke daerah itu.

“Nagari Padang Ganting adalah daerah kebanggaan kita bersama, disini banyak lahir tokoh-tokoh besar, seperti Tuan Kadhi dan banyak lainnya. Melalui acara ini, kita bisa mengenalkannya kembali ke masyarakat luas, disamping promosi potensi wisatanya,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan Pemda dapat menggelola potensi wisata di Nagari Padang Ganting secara baik, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. “Alhamdulillah, acara ini sebagai langkah besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Kita berhatap potensi yang besar ini, dikelola lebih baik lagi,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Wali Nagari Padang Ganting Marzal Umar mengatakan seluruh stand UMKM yang ada di Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi berasal dari Nagari Padang Ganting.

“Kita membuka pintu selebar-lebarnya untuk masyarakat yang ingin menampilkan produk UMKM nya disini. Dapat kita lihat begitu banyak keberagaman produk UMKM di stand yang telah disediakan panitia,” ujarnya.

Tidak hanya itu, ia pun mengatakan selama tiga hari penyelenggaraan acara tersebut, akan ditampilkan kreasi seni dari anak nagari. “Begitu banyak kegiatan kesenian yang akan disajikan disini. Dengan salah satu tujuannya untuk mendorong kreatifitas anak muda Nagari Padang Ganting. Mudah-mudahan kegiatan ini, berjalan sesuai dengan rencana,” ujarnya.

Turut hadir di kesempatan itu, Ketua DPRD Tanah Datar H. Ronny Mulyadi Dt. Bungsu, Forkopimda Tanah Datar, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Istri Wakil Walikota Sawah Lunto Hj. Neldasuwenti, Ketua IKA DPRD Tanah Datar, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, Ninik Mamak, Bundo Kandung, Tokoh Masyarakat dan Tamu undangan lainnya. (Prokopim/N)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img