28 C
Padang
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bukittinggi Dapat Bantuan 70 Tabung Oksigen dari Kemenkes
B

Kategori -
- Advertisement -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Sebanyak 70 tabung oksigen concentrat bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, telah sampai di Kota Bukittinggi, Senin siang.

“Alhamdulillah, 70 tabung oksigen concentrat tersebut disimpan di Dinas Kesehatan Kota (DKK) Bukittinggi,” kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar.

Menurut dia, bantuan oksigen tersebut dibawa dari Jakarta, dan setelah sampai di Kota Bukittinggi langsung di bawa ke DKK.

“Setelah sampai di Bukittinggi, ke-70 oksigen diterima plt Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Erwin Umar,” katanya.

Sebelumnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bukittinggi kehabisan stok oksigen. Kondisi demikian telah membuat Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar sedih dan menangis.

“Subuh saya dikabarkan dan dimintai tolong Dirut RSUD bahwa oksigen kritis. Kemudian sekitar pukul 10:00 WIB saya kembali dapat kabar dari Dirut RSUD oksigen hanya untuk 5 menit lagi,” kata wako.

“Mata saya berlinang mendengar kabar tersebut dan Dirut RSUD pun berbicara seperti menahan tangis. Kami mengharapkan pertolongan,” ucapnya.

Diketahui, stok oksigen sangat dibutuhkan pasien covid19 dan para Pasien dengan penyakit lain.

Setelah mengetahui oksigen kritis, wako Erman Safar berupaya mengatasi dan mendapatkan agar oksigen di RSUD bisa teratasi.

‘Kami bergerak mengatasi kelangkaan oksigen itu. Akhirnya kami mendapatkan pinjaman dari rumah sakit lain sebanyak 5 tabung, 1 tabung dari sebuah klinik dan 20 tabung bantuan dari Kota Padang. Alhamdulillah usaha hari ini bisa untuk operasional RSUD hingga besok,” ucapnya.

Dijelaskan wako, RSUD Bukittinggi sehari membutuhkan 85 tabung oksigen.

“Sementara kabar dari Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK), untuk lusa distributor tidak berani memastikan ketersediaan oksigen,” sebutnya.

Ditambahkan wako, beberapa waktu lalu Pemko Bukittinggi sudah mengajukan surat ke provinsi. Dimana surat itu intinya meminta bantuan 100 tabung oksigen.

“Hanya saja, disayangkan 100 tabung oksigen sebagai tambahan dan cadangan kota belum direalisasikan,” kata wako. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img