25 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

BPBD Agam, Berikan Pelatihan KSB Tigo Koto Silungkang
B

Kategori -
- Advertisement -

Agam,BeritaSumbar.com,-Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Tigo Koto Silungkang Kecamatan Palembayan, mendapat pembekalan sekaligus sosialisasi teknis tentang tentang penanggulangan bencana dari BPBD Kabupaten Agam, Kamis, (1/11) di Tigo Silungkang, kecamatan Palembayan.
Pendidikan keterampilan tersebut disambut baik oleh relawan penanggulangan bencana di daerah tersebut.
Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi, Jum’at (2/11) di Lubuk Basung, mengatakan, melalui pelatihan keterampilan kesiapsiagaan bencana tersebut dapat meningkatkan bekal pengetahuan para relawan terhadap kebencanaan.
“Kesiapsiagaan diri itu sangat penting, minimal untuk diri sendiri dan keluarga,” ujarnya.
Lebih lanjut ia mengatakan, jika terjadi bencana, kesiapan diri itu lebih besar dari bantuan orang lain yaitu hampir 35 persen merupakan kesiapan diri sendiri. Sedangkan bantuan keluarga 31,9 persen. Bantuan tetangga 28,1 persen. Bantuan dari orang lewat 2,6 persen. Sedangkan dari SAR 1,70 persen dan lain-lain 0,90 persen.
“Karena itu kesiapsiagaan bagi diri sendiri sangat penting dalam penanggulangan bencana,” ujarnya.
Ia menambahkan, pelatihan bagi pengurus dan anggota kelompok siaga bencana itu, juga turut dihadiri linmas nagari, kelompok pemuda dan parik paga nagari.
“Jika terjadi bencana diharapkan parik paga dan anggota linmas serta anggota KSB lebih awal melaksanakan penanganan di lokasi kejadian. Selain itu juga memberikan perlindungan serta penyelamatan saat bencana dan tanggap darurat,” ulasnya.(fadil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img