25 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

BI lakukan pendampingan pengembangan usaha sentra tenun Balai Panjang
B

Kategori -

Payakumbuh— Menunjuk surat dari Sentra Tenun Balai Panjang Kota Payakumbuh No.01/STB/VII/2020 perihal permohonan bantuan terkait program pendampingan dan pengembangan usaha tenun Balai Panjang, Maka sebagai bentuk kontribusi kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Barat dalam pengembangan usaha tenun Sumatera Barat melakukan program pendampingan (busines coaching) tahun 2020 kepada Sentra Tenun Balai Panjang yang diadakan di Aula Sentra Randang Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh, Rabu(30/9) kemaren.

Program pendampingan dan pengembangan usaha ini dilakukan secara video confrence selama 2 hari dari tanggal 30 september 2020 sampai tanggal 1 Oktober 2020 dan diikuti oleh 15 orang anggota kelompok yang tergabung di Sentra Tenun Balai Panjang

Turut hadir dalam program pendampingan Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Wal Asri serta Narasumber yang merupakan seorang praktisi bisnis Joko Murdianto.

Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi membuka secara resmi program pendampingan dan pengembangan usaha Tenun Balai Panjang. Dalam sambutannya Henny mengucapkan terima kasih kepada tim dari BI yang sudah berkenan membantu melakukan pendampingan kepada Sentra Tenun balai panjang menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya.
“Terima kasih kepada teman-teman dari BI dan juga tim yang telah berkenan memberikan arahan dan pendampingan kepada SentraTenun Balai panjang untuk menjadi lebih baik lagi terutama dalam hal pemasaran dan kualitas produk,” ujar Henny.

Lebih lanjut Henny mengatakan sangat optimis hasil tenun dari Sentra Tenun Balai Panjang Tembus Pasar Ekspor tentunya dengan standar dan kualitas yang baik
“Untuk mewujudkan itu Dekranasda Kota Payakumbuh bersama para pengrajin terus berupaya memberdayakan agar produk mereka memiliki kualitas dan desain sesuai standar ekspor,” pungkas Henny

Joko murdianto sebagai Narasumber dalam program pendampingan dan pengembangan usaha Sentra Tenun Balai Panjang mengatakan untuk menetapkan program atau pola pembinaan yang tepat agar UMKM bisa naik kelas, menurut Joko hal ini perlu dilakukan secara bertahap. Dimulai dari tahap pembinaan untuk mengembangkan skala usaha bagi UMKM.
“Pembinaan untuk UMKM sukses yang telah siap memperluas pasar secara online dan akses pembiayaan agar skala usahanya terus meningkat, pembinaan untuk UMKM yang sudah memasarkan produknya secara online dan mendapatkan akses pembiayaan, sampai akhirnya pembinaan untuk memperluas akses ke pasar ekspor untuk UMKM potensial ekspor,” pungkas Joko. (humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Mengintip PAUD Negeri Percontohan Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai satu-satunya daerah di Pulau Sumatera yang memiliki sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Negeri Percontohan, Kota Payakumbuh terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia sejak dari usia dini.
- Advertisement -

Musda Golkar Bukittinggi Berlansung Panas

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Musda ke X Partai Golkar Kota Bukittinggi berlansung panas. proses pemilihan ketua DPD Partai Golkar Kota Bukittinggi yang dilansungkan di hotel Dymens Bukittinggi pada Kamis 8/4 berlansung penuh interupsi dan nyaris ricuh.

Optimalkan Pelaksanaan Pembangunan Tahun 2021, Pemko Payakumbuh Lakukan Monev.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bagian Pengadan Barang Jasa Administrasi Pembangunan (PBJ Dalbang) Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh mengadakan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) Triwulan I terhadap pelaksanaan dan pelaporan kegiatan pembangunan tahun 2021 di pemerintahan Kota Payakumbuh, Selasa(6/4).
- Advertisement -

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Pasar Bawah Bukittinggi Bakal Direnovasi

Bukittinggi, BeritaSumbar.com, — Senin 5/4 Menteri Perdagaan RI Kunjungi pasar bawah Bukittinggi. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau harga sembako dan sekaligus pemetaan rencana renovasi pasar tradisional menjadi pasar modern.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).

Kadisnakerin Wal Asri : Generasi Milenial Adalah Potensi Duta Informasi Dan Media Promosi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Beberapa hari ini, banyak aktifitas yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh bersama insan pendidikan, mulai dari kunjungan studi tur, sosialisasi bursa kerja, sampai kepada kegiatan penguatan sumber daya manusia lainnya.

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Santri Ponpes Al Jauhar IKHD Kota Duri Senang Ke Sentra IKM Randang Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Tidak bisa dipungkiri lagi saat ini Kota Payakumbuh dengan brandingnya The City of Randang sudah menjadi bagian dari destinasi wisata bagi semua kalangan, baik berasal dari dalam maupun luar Sumatera Barat.
- Advertisement -