21 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi
B

Kategori -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya. 

“Tersangka yang tewas adalah DPO kasus narkoba berinsial E. Dia terpaksa kita lakukan upaya tegas dan terukur karena berupaya kabur saat dicegat,” ujar Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Trisno Eko Santoso melalui Waka Polres, Kompol Russirwan, dalam konferensi pers di Mako Polres, kawasan Sarilamak, Rabu (14/4) siang. 

Dijelaskan Kasat Resnarkoba Polres Limapuluh Kota, AKP Hendri Has, identitas E diketahui setelah anggotanya melakukan pengembangan penyelidikan usai menggerebek 4 pelaku narkoba pada hari yang sama pukul 09.00 WIB di Nagari Talang Maua, Kecamatan Mungka.

Dalam aksi penangkapan tersebut, aparat kepolisian berhasil mengamankan 4 tersangka dengan barang bukti narkoba sebanyak 2 paket kecil ganja serta 7 paket sabu-sabu. Dua tersangka pertama, berinisial R dan A, dengan barang bukti 2 paket kecil ganja kering.

Tak lama berselang, polisi terus melakukan penyisiran dan kembali mengamankan dua pelaku lain berinisial J dan L. Dari tangan keduanya, Tim Opsnal Satresnarkoba berhasil mengamankan 7 paket narkoba jenis sabu-sabu.

Berbekal informasi para tersangka, aparat kemudian melakukan pengembangan penyelidikan dari mana asal-muasal barang haram yang diperoleh para tersangka. “Dari keterangan para tersangka, nama bandarnya mengarah kepada E, seorang pria asal Simalanggang,” tambah AKP Hendri Has.

Tanpa membuang waktu, polisi kemudian bergerak ke kediaman E yang terletak di Jorong Koto, Nagari Simalanggang pukul 14.00 WIB. Disana, tim kepolisian melakukan pengepungan. Sebuah rumah bertingkat dua karena ditenggarai dihuni sang bandar.

“Di lokasi kita lakukan pengepungan, tersangka yang kala itu berada di lantai dua rumahnya diduga mengetahui jika dirinya akan ditangkap. Dia awalnya tidak mau turun, kemudian memilih melompat ke bagian belakang rumah,” tambah Kasat Resnarkoba.

Mengetahui target berupaya kabur, polisi pun melakukan pengejaran dan mengeluarkan tembakan peringatan sebanyak tiga kali. Karena tidak diindahkan, aparat kemudian melakukan penembakan sehingga mengenai bagian punggung tersangka.

“Karena tembakan peringatan tidak diindahkan, terpaksa kita lakukan tindakan tegas dan terukur. Tersangka akhirnya dilumpuhkan, karena terus berupaya kabur dari kejaran petugas,” sebut Hendri Has.

Mendapat satu tembakan di bagian punggungnya, tersangka E lansung terkapar. Dia, menurut polisi, sempat diberikan upaya pertolongan medis, tetapi akhirnya menghembuskan napas terakhir di UGD RSUD Adnaan WD Payakumbuh.

Begitu diperiksa di rumah sakit, aparat dibantu tim dokter juga sempat melakukan pemeriksaan. “Petugas butuh indentitas E. Saku celana E diperiksa dan ditemukan 35 paket sabu yang disimpan dalam kotak permen Mentos. Terdiri dari 33 paket kecil dan 2 paket sedang sabu-sabu,” jelas Hendri Has.

Hasil penyelidikan kepolisian, tersangka E merupakan pemain lama dan bandar narkoba yang sudah lama dicari-cari polisi. E juga dikatakan, pernah menjalani kasus hukum dan masuk penjara dengan kasus yang sama.

“Tersangka ini pernah terlibat dan berstatus residivis DPO dalam kasus 135 kilogram ganja di Taeh Bukit juga DPO dari BNN Kota Payakumbuh. Kemarin sore, jasad almarhum pukul 16.00 WIB, sudah kita serahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan,” imbuhnya.

Dari operasi penangkapan kasus narkoba, selain sabu-sabu, aparat menyebut juga menyita uang tunai sekitar Rp650 ribu yang diduga uang hasil transaksi narkoba. Kemudian, petugas juga menyita timbangan, serta ratusan plastik pembungkus narkoba.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Anggota Satgas TMMD Ucapkan Kata Pamit Kepada Masyarakat Nagari Talang Maur

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Rangkaian kegiatan TMMD/N ke 111 telah sampai pada hari akhir penugasan. Anggota Satgas yang bertugas telah banyak melakukan kunjungan perpisahan dengan warga sekitar untuk mengucapkan terima kasih atas solidaritas yang ditunjukkan oleh masyarakat Nagari Talang Maur selama melakukan kegiatan TMMD/N ke 111.

Wali Nagari Talang Maur Beri Jamuan Khusus Pada Anggota Satgas TMMD Pada Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Wali Nagari Talang Maur Bapak Efendi gelar jamuan khusus sebagai tanda terima kasih untuk Anggota Satgas TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Jamuan ini juga sebagai ucapan perpisahan dari Wali Nagari Talang Maur kepada anggota Satgas yang telah melakukan bakti di Nagari Talang Maur.

Sinergi Anggota Satgas TMMD Bersama Mahasiswa KKN Bekerjasama Membangun Nagari

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Program terpadu TMMD/N ke 111 tahun 2021 bertepatan dengan diadakan nya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Maek yang berasal dari kampus yang berbeda. Walaupun kegiatan KKN baru dimulai pada masa akhir TMMD, kerjasama pun tetap dilakukan.

Komsos Terakhir Dengan Pengrajin Makanan Tradisional Lemang di Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Pemberdayaan potensi Nagari dalam rangka menunjang perkembangan Nagari menjadi fokus utama dalam kegiatan TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Mulai dari potensi alam, wisata, ekonomi, dan berbagai peluang lain menjadi perhatian bagi anggota Satgas untuk bisa mengangkat Nagari dengan potensi yang bisa dikembangkan. Selain potensi alam yang menunjang pertanian, masih banyak potensi lainnya yang menunjang perekonomian Nagari Talanag Maur.

Ucapkan Terimakasih Pada TNI, TMMD ke 111 Kodim 0306/50 Kota Resmi Ditutup

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo sangat bersyukur dan tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas terbukanya jalan yang menghubungkan Nagari Talang Maur Kecamatan Mungka dan Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan.

Selama TMMD di Teritorial 0306/50 Kota, Satgas dan Pemkab Tak Henti Cegah Penyebaran Covid-19 dan Ajak Warga Tetap Terapkan Prokes

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Usai sudah pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan oleh Kodim 0306/50 Kota. Berbagai suka duka, dialami tim yang tergabung bersama Satuan Tugas TMMD yang berlangsung dari 15 Juni hingga 14 Juli itu.

Anggota Satgas TMMD Lakukan Kunjungan Terakhir Ke SDN 01 Talang Maur

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com, - Di hari terakhir penugasan, anggota Satgas TMMD menyempatkan diri untuk mengunjungi SDN 01 Talang Maur untuk menjalin tali silaturahmi dengan para guru disana, Rabu (14/7/2021).

Antisipasi Kenaikan Bahan Pokok menjelang Idul Adha, Bupati Lima Puluh Kota Pimpin Rapat TPID

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Menjelang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1442 H, yang tinggal menghitung hari, Pemda Lima Puluh Kota menggelar Rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dimasa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, pada Selasa, (13/7/2021), di ruang Rapat Wakil Bupati secara langsung dan virtual dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19.
- Advertisement -