25.5 C
Padang
Sabtu, Mei 15, 2021
Beritasumbar.com

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi
B

Kategori -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya. 

“Tersangka yang tewas adalah DPO kasus narkoba berinsial E. Dia terpaksa kita lakukan upaya tegas dan terukur karena berupaya kabur saat dicegat,” ujar Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Trisno Eko Santoso melalui Waka Polres, Kompol Russirwan, dalam konferensi pers di Mako Polres, kawasan Sarilamak, Rabu (14/4) siang. 

Dijelaskan Kasat Resnarkoba Polres Limapuluh Kota, AKP Hendri Has, identitas E diketahui setelah anggotanya melakukan pengembangan penyelidikan usai menggerebek 4 pelaku narkoba pada hari yang sama pukul 09.00 WIB di Nagari Talang Maua, Kecamatan Mungka.

Dalam aksi penangkapan tersebut, aparat kepolisian berhasil mengamankan 4 tersangka dengan barang bukti narkoba sebanyak 2 paket kecil ganja serta 7 paket sabu-sabu. Dua tersangka pertama, berinisial R dan A, dengan barang bukti 2 paket kecil ganja kering.

Tak lama berselang, polisi terus melakukan penyisiran dan kembali mengamankan dua pelaku lain berinisial J dan L. Dari tangan keduanya, Tim Opsnal Satresnarkoba berhasil mengamankan 7 paket narkoba jenis sabu-sabu.

Berbekal informasi para tersangka, aparat kemudian melakukan pengembangan penyelidikan dari mana asal-muasal barang haram yang diperoleh para tersangka. “Dari keterangan para tersangka, nama bandarnya mengarah kepada E, seorang pria asal Simalanggang,” tambah AKP Hendri Has.

Tanpa membuang waktu, polisi kemudian bergerak ke kediaman E yang terletak di Jorong Koto, Nagari Simalanggang pukul 14.00 WIB. Disana, tim kepolisian melakukan pengepungan. Sebuah rumah bertingkat dua karena ditenggarai dihuni sang bandar.

“Di lokasi kita lakukan pengepungan, tersangka yang kala itu berada di lantai dua rumahnya diduga mengetahui jika dirinya akan ditangkap. Dia awalnya tidak mau turun, kemudian memilih melompat ke bagian belakang rumah,” tambah Kasat Resnarkoba.

Mengetahui target berupaya kabur, polisi pun melakukan pengejaran dan mengeluarkan tembakan peringatan sebanyak tiga kali. Karena tidak diindahkan, aparat kemudian melakukan penembakan sehingga mengenai bagian punggung tersangka.

“Karena tembakan peringatan tidak diindahkan, terpaksa kita lakukan tindakan tegas dan terukur. Tersangka akhirnya dilumpuhkan, karena terus berupaya kabur dari kejaran petugas,” sebut Hendri Has.

Mendapat satu tembakan di bagian punggungnya, tersangka E lansung terkapar. Dia, menurut polisi, sempat diberikan upaya pertolongan medis, tetapi akhirnya menghembuskan napas terakhir di UGD RSUD Adnaan WD Payakumbuh.

Begitu diperiksa di rumah sakit, aparat dibantu tim dokter juga sempat melakukan pemeriksaan. “Petugas butuh indentitas E. Saku celana E diperiksa dan ditemukan 35 paket sabu yang disimpan dalam kotak permen Mentos. Terdiri dari 33 paket kecil dan 2 paket sedang sabu-sabu,” jelas Hendri Has.

Hasil penyelidikan kepolisian, tersangka E merupakan pemain lama dan bandar narkoba yang sudah lama dicari-cari polisi. E juga dikatakan, pernah menjalani kasus hukum dan masuk penjara dengan kasus yang sama.

“Tersangka ini pernah terlibat dan berstatus residivis DPO dalam kasus 135 kilogram ganja di Taeh Bukit juga DPO dari BNN Kota Payakumbuh. Kemarin sore, jasad almarhum pukul 16.00 WIB, sudah kita serahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan,” imbuhnya.

Dari operasi penangkapan kasus narkoba, selain sabu-sabu, aparat menyebut juga menyita uang tunai sekitar Rp650 ribu yang diduga uang hasil transaksi narkoba. Kemudian, petugas juga menyita timbangan, serta ratusan plastik pembungkus narkoba.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

HKP Sedunia, Balai Wartawan – BPJS Kesehatan Payakumbuh Bagikan Ta’jil Gratis

PAYAKUMBUH - Balai Wartawan Luak Limopuluah bersama BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh membagikan sekitar 1.000 ta'jil gratis kepada masyarakat di pusat pasar Kota Payakumbuh. Aksi tersebut dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Pers (HKP) Sedunia setiap tanggal 3 Mei.
- Advertisement -

Azwar Siri Ketum LPPKI Mengecam Tindakan Oknum Debt Colektor yang Melakukan Upaya Paksa

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) melalui Ketua Umumnya Azwar Siri.SH mengecam tindakan oknum puluhan Debt Colektor yang mengepung anggota TNI AD Serda Nurhadi anggota Babinsa Semper Timur Kodim 0502 Jakut yang sedang membantu warga nyetir mobil di Tol Koja Barat Jakut pada hari kamis 6 Mei 2021 sebagaimana video yang viral dan beredar luas dikalangan medsos. Hal tersebut disampaikannya saat berbincang-bincang dengan awak media di Kantor Advokatnya di Padang Sumatera Barat pada Minggu 9/5/2021.

Tim KRYD Polres Dan Tim 7 Pemko Payakumbuh Lebih Intensif Dalam Razia Yustisi Prokes Dan Pelanggaran Perda Lainnya

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pada minggu terakhir bulan ramadhan 1442 H tahun ini, Tim Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) merupakan Tim khusus yang dibentuk polres yang personilnya gabungan dari beberapa satuan kerja di Polres Payakumbuh. Dalam pelaksanaan operasi yustisi penegakan hukum protokol kesehatan, tim ini bekerja sama dengan Satpol PP payakumbuh.
- Advertisement -

DPC Gerindra Padang Pariaman Gelar Sosialisasi Pemakaian Pupuk Organik

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerindra Kecamatan Sintuk Toboh Gadang (Sintoga) didampingi DPC Gerindra Kabupaten Padang Pariaman mengadakan sosialisasi pemakaian pupuk organik bersama Eco Farming dan Kelompok Wanita Tani KWT Jaya Abadi serta seluruh kelompok tani KWT yang ada di Sintoga,tentang penyuluhan tata cara bercocok tanam yang baik serta tata cara penggunaan pupuk organik yang dipimpin langsung oleh Leader Sumbar Romi Yanto dan Irwan. Sabtu 8/5/2021

Gandeng Pokdarkantibmas, Polres Pariaman Berbagi Takjil dan Masker

Pariaman, beritasumbar.com. Polres Pariaman bergandengan dengan Lembaga Pokdarkantibmas melakukan pembagian Takjil & Masker kepada pengendara yang melintasi ruas jalan di Depan Mapolres Pariaman, Sabtu 8/5/21.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DPRD Limapuluh Kota Telah Bentuk Pansus Aset

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra menyampaikan kalau panitia khusus (pansus) aset telah disepakati dalam rapat paripurna DPRD, beberapa waktu lalu.

Wantan Wabup Limapuluh Kota Gelar Silaturahmi Dengan Awak Media

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat Luak Limopuluah dan anggota Balai Wartawan di Sarilamak, Kamis (6/5).

Bupati Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 Di Polres Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2021 pada Rabu 5/4. Apel pasukan ini sekaligus pengecekan akhir kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas, di Mapolres Limapuluh Kota.

Temui Kaban Geologi, Wabup RKN: SK Geopark Harau Insya Allah Akhir Mei

Bandung,BeritaSumbar.com, - Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) berkunjung ke Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM, di Bandung.

Siapkan SPAM Regional Batang Maek Kuniang, pemkab Audiensi Dengan Pemprov dan BWSS V Padang

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,- Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Sistem Penyedia Air Minum (SPAM), Biro Kerja Sama Provinsi Sumatera Barat, Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat lakukan audiensi dengan Bupati Safaruddin DT. Bandaro Rajo. Audiensi itu terkait program SPAM regional Batang Maek Kuniang sebagai peningkatan tata kelola penyedian air minum layak dan aman di daerah.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Sukseskan Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2021, Bupati Limapuluh Kota Himbau Untuk Tingkatkan Koordinasi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com- Dalam rangka persiapan Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2021, Polres Limapuluh Kota gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral, bersama Pemerintah derah Kabupaten Limapuluh Kota dan instansi terkait, yang bertempat di Aula Polres Limapuluh Kota, pada Selasa, (27/4/2021).

Hadir Di Acara PERPEMINDO, Ini Kata Wabup Tentang Peluang Kerja Di Luar Negeri

BALI - Kepedulian pemerintah terhadap pekerja migran Indonesia hal ini didukung oleh Dinas Perindustrian Kabupaten Limapuluh Kota, provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dalam mensosialisasikan peluang kerja di luar negeri. Hal itu dikatakan Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri ketika menghadiri malam penerimaan penghargaan dari Perhimpunan Pengusaha Penempatan Migran Indonesia (PERPEMINDO) dan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Sosialisasi peluang kerja ke luar negeri dan pembinaan kelembambagaan penempatan di Provinsi Bali, Senin (26/4/2021).

Limapuluh Kota Terima Bantuan Alat PCR Senilai 1,7 Miliar Rupiah

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Pemkab Limapuluh Kota terima bantuan alat PCR Senilai 1,7 Miliar rupiah. Bantuan tersebut buah hasil pertemuan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo dengan kepala BNPB Letjend TNI Doni Moenardo beberapa waktu lalu.

Jumlah Warga Positif Covid Sumbar Meningkat, Bupati Minta Aksi Serius Sampai Ke Nagari

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Positif rate Covid-19 terus menjadi perhatian serius pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Langkah dan aksi terus menjadi prioritas pemerintah daerah untuk menekan lonjakan positif Covid-19 yang terjadi.
- Advertisement -