23 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Bertemu Jokowi, Habibie Minta agar Konsisten Perjuangkan Kualitas Kehidupan Rakyat
B

Kategori -

Jakarta – Presiden Republik Indonesia Ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie berkunjung ke Istana Merdeka Jakarta untuk makan siang bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) Selasa (13/10).

Habibie yang saat ini menginjak usia 79 tahun berpesan kepada Presiden Jokowi agar pemerintahannya yang sudah berusia satu tahun ini tetap konsisten memperjuangkan peningkatan kualitas kehidupan rakyat Indonesia. Habibie juga meminta kepada semua kalangan agar membantu kerja pemerintah.

“Saya pesankan bahwa agar supaya Pemerintah itu tetap konsisten memperjuangkan agar supaya kualitas kehidupan di bumi Indonesia terus meningkat. Kualitas kehidupan itu adalah ya gizinya, lapangan kerja, ada pendidikan, pemberdayaan. Dan saya yakin, beliau dan dibantu oleh anda semua, kita semua membantu supaya gotong royong,” kata BJ Habibie.

Habibie berencana akan melakukan perjalanan ke Eropa pada Rabu (14/10) hingga Desember mendatang untuk memenuhi berbagai undangan pembicara dan pemeriksaan kesehatan. Kepada Presiden Jokowi Habibie berpesan, agar menjaga Indonesia dengan sebaik-baiknya. Dalam kesempatan itu, Habibie menyebut Presiden Jokowi sebagai anak intelektualnya.

“Bahwa saya sebelum meninggalkan tanah air, sampaikan kepada ‘anak intelektual pak Habibie’, Presiden Republik Indonesia, bahwa..saya permisi yaa. Jaga baik-baik..Jaga ‘kandang’ . Dan kalian bantu semua. Karena ini harus baik, kita maju terus. Itu aja,” lanjutnya.

Kepergian Habibie ke Eropa di antaranya ke beberapa kota di Jerman, seperti menghadiri Frankfurt Book Fair. Di Frankfurt, Habibie juga akan menjadi pembicara bedah buku Indonesianis Romo Frans Magnis Suseno berjudul “Indonesia Modern”. Buku setebal lebih kurang 300 halaman berbahasa Jerman itu diantaranya menyinggung soal masyarakat di Timor Leste setelah merdeka dari Indonesia.

Habibie juga akan menjadi pembicara di Berlin mengenai Islam dan dunia modern. Sedangkan di Muenchen Jerman, Presiden RI ketiga itu akan berbicara mengenai integrasi pendatang-pendatang yang berasal dari Timur Tengah di dalam masyarakat Jerman.

Kunjungan Mantan Presiden RI ke-3 BJ Habibie ini bukanlah kali pertama. Sebelumnya pada 29 Januari lalu, Habibie juga mendatangi Jokowi menjelang 100 hari kepemimpinannya.

Peneliti senior Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) Rahadi T. Wiratama kepada VOA mengatakan, pertemuan antara Habibie dengan Jokowi adalah pertemuan 2 tokoh besar yang terlihat mempunyai kesamaan dalam memandang Indonesia kedepan. Baik antara Habibie yang pernah bergelut di dunia pemerintahan hingga menjadi Presiden, dan Jokowi yang saat ini memegang tampuk pemerintahan.

“Pertemuan antara Habibie dengan Presiden Jokowi membuktikan bahwa hubungan keduanya tidak semata-mata kedekatan pribadi. Apalagi pak Habibie menyatakan bahwa Presiden Jokowi adalah anak intelektualnya. Hubungan keduanya ini terlibat sebagai hubungan visioner kedua tokoh besar Indonesia. Karena Habibie hingga kini punya visi tentang Indonesia, demikian pula dengan Jokowi,” kata Rahadi.

Rahadi menambahkan, kedatangan Habibie kali ini hampir mirip situasinya dengan kedatangannya pada Januari lalu, di mana situasi politik dan ekonomi Indonesia selama satu tahun pemerintahan Jokowi hampir selalu penuh dengan dinamika dan pasang surut meski tetap dalam kondisi damai. Rahadi menyebut ada sinyal bentuk dukungan moril yang diperlihatkan Habibie kepada Jokowi sebagai Presiden yang terus dikelilingi dengan dinamika politik berbagai kelompok dengan kepentingannya masing-masing.

“Seorang Habibie punya komitmen yang kuat ya, untuk memastikan bahwa Presiden (Jokowi) bisa melakukan proses-proses kepemimpinan dalam masa tugasnya hingga empat tahun kedepan. Artinya ini menunjukan bahwa seorang Habibie yang mempunyai reputasi yang sangat baik selama ini, telah menunjukan kepada publik secara tidak langsung bahwa beliau mendukung penuh kepemimpinan Presiden Jokowi,” lanjutnya.

“Sekaligus memberikan sinyal bahwa beliau juga mendukung posisi Presiden yang belakangan ini mungkin agak sedikit terganggu dengan kisruh dan dinamika politik yang agak memanas dengan berbagai macam isu yang berkembang,” imbuh Rahadi. (alw/eis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Polsek Lintau Buo Lakukan Pemantaun Sekolah Bersama Forkopimca

Tim Gugus Covid 19 Kecamatan Lintau Buo Di Bawah Pimpinan Bapak Camat Lintau Buo Drs.Agusril, Didampingi Oleh Waka Polsek Lintau Buo Ipda Budi Indra Sani,Danramil 04 Lintau Buo Pelda Endrik Goba Dan Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Dr. Reg Adil. Dalam Kegiatan Tim Gugus Covid 19 Lintau Buo Melakukan Pengecekan Kesiapan SMA Negeri 2 Lintau Buo Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Yang Telah Berjalan Selama 5 Hari .

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.
- Advertisement -

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -