25 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bersama PT Semen Padang pemkab Sijunjung Tanami Lahan Kritis Eks Tambang
B

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Akibat penambangan warga, banyak lahan menjadi kritis di kabupaten Sijunjung. Menyikapi hal ini, dinas Perkim LH kabupaten Sijunjung ambil langkah penanaman kembali lahan lahan eks tambang emas warga di ranah lansek manih ini.

Menurut Arif Maigayanto Kadis Perkim LH, lahan kritis tersebut ditanami tanaman Kaliandra. Yang mana tanaman ini memiliki berbagai manfaat serta nilai ekonomis yang tinggi.

Keberadaan tanaman Kaliandra ini mulai dilirik. Tanaman yang mulai dari batang, bunga dan daun tersebut semuanya dapat dimanfaatkan, yakni sebagai pengganti batu bara dan banyak lagi kegunaan lainnya.

Tanaman Kaliandra tumbuh dengan cepat dan dapat mencapai tinggi 2.5 – 3.5 m pada umur 6 bulan, dan tinggi 3-5 m pada tahun pertama pada lahan yang memadai. Dengan kemampuan tersebut, jenis ini banyak ditanam di negara-negara tropis lainnya dan di Asia Tenggara.

Dalam pelaksanaan Penanaman kaliandra dilahan bekas tambang tersebut, Pem­kab Sijunjung menjalin per­janjian kerja sama dengan dengan Semen Padang.

Bersama kelompok tani di Sijunjung, Semen Padang melakukan penanaman pohon kaliandra. langkah ini dalam memanfaatkan potensi serta memberdayakan masyarakat secara detail. Adapun sasaran utama adalah kawasan bekas tambang di Sijunjung akan tanami kaliandra sekitar 2000 Ha.

PT Semen Padang memilih pohon kaliandra untuk memberdayakan ma­syarakat sekitar hutan, karena bernilai ekonomis. Bunga kaliandra bisa konsumsi lebah dan daunnya bisa dijadikan pakan ternak. Menanam kaliandra, juga membuat unsur hara tanah meningkat, sehingga tanah menjadi subur.

“Bahkan, batang kaliandra bisa dijadikan wood pellet atau bahan bakar alternatif,” katanya.

bibit pohon kaliandra diberikan oleh PT Semen Padang secara gratis kepada masyarakat, maupun kepada kelompok tani, begitu dipanen nantinya akan dibeli oleh PT Semen Padang. Untuk itu, jika ada perjanjian kerja sama, tentunya PT Semen Padang sudah sangat siap.

PT Semen Padang berkomitmen dalam memberdayakan masyarakat sekitar hutan. Kami berikan bibit kaliandra gratis untuk ditanam dan kami siap menjadi off taker untuk kaliandra. Bagi PT Semen Padang, ini adalah investasi jangka panjang. Karena, pemanfaatan kaliandra sebagai bahan bakar alternatif itu bisa mensubsitusi bahan bakar fosil,” jelas Arif

Untuk pengembangan kaliandra di Sijunjung akan memanfaatkan dana CSR PT Semen Padang, selain banyak manfaat, masa tunggu panen kaliandra tidak lama. Bahkan, 1 tahun setelah bibit ditanam, batang pohon kaliandra bisa dipanen untuk dijadikan sebagai wood pellet. Setelah dipanen, maka untuk seterusnya kaliandra ini bisa dipanen 4 kali dalam 1 tahun atau per 3 bulan sekali.

“Pohon kaliandra juga bermanfaat untuk dijadikan wood pellet. Tentunya, wood pellet atau bahan bakar alternatif yang terbuat dari serbuk kayu, atau bahan kayu itu, bisa dijual oleh petani ke Semen Pa­dang untuk dijadikan sebagai bahan bakar pengganti fosil.

Sosialisasi telah dilakukan di Nagari Padang Sibusuk kecamatan kupitan dan Nagari Limo Koto Kecamatan Koto Vll, kegiatan serupa akan dilakukan di beberapa nagari lain yang banyak memiliki lahan bekas tambang,sosialisasi ini juga dihadiri Tim Semen Padang dan Tim dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi,tambah Arif

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img